√ 3 Cara Membuat Font

3 min read

Cara Membuat Font

Cara membuat font pada perangkat ponsel ternyata begitu mudah dilakukan. Terlebih bagi jika Anda merasa bosan dengan font HP yang itu-itu saja. Untuk itu, lakukanlah pembaharuan font agar tampilan ponsel semakin menarik.

Anda bisa membuat font dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi tambahan. Tentunya tidak akan membuat Anda repot. 

Cara Membuat Font via Fonty

Membuat font yang cantik ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Fonty. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Google Playstore. Dengan mengusung rating tinggi, pastinya aplikasi ini mampu memberikan hasil akhir terbaik. 

Instal Fonty 

Cara Membuat Font

Untuk membuat font menggunakan aplikasi Fonty, maka Anda perlu melakukan instalan terlebih dahulu terhadap aplikasi ini di HP Anda. Gunakan smartphone Anda untuk mengunduh aplikasi font melalui Google Playstore. 

Buka Aplikasi

 

Jika Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Fonty, berikutnya langsung saja buka aplikasi tersebut. Apabila saat membukanya Anda menemukan pop up, maka langsung saja tap ‘Allow’ untuk memberikan izin akses menuju file manager. 

Ciptakan Font Baru

 

Cara Membuat Font

Pada bagian menu awal, nantinya Anda akan menemukan dua buah tombol. Ketuk tombol ‘New’ guna mulai menciptakan font baru. Tentunya dengan menggunakan tulisan yang akan Anda buat sendiri. pasti akan sangat menyenangkan, bukan? 

Isi Detail Font 

Jika sudah siap, berikutnya Anda bisa mengisi detail font. Caranya adalah dengan menekan pilihan ‘new’ dan nantinya langsung isikan nama font, pembuat, kontak hingga bahasa yang diinginkan. Usahakan untuk bagian kolom bahasa lebih baik memilih Inggris. 

Tulis Font 

Tuliskan font Anda dengan menggunakan template tersedia. Tulislah huruf mulai dari A sampai Z. Jangan lupa usahakan agar tidak melebihi batasan yang telah ditentukan. Ini penting agar menjadikan hasil akhir maksimal. 

Atur Ketebalan Font

Selanjutnya lakukanlah pengaturan terhadap ketebalan font. Tentukan sendiri seberapa tebal maupun tipisnya font yang Anda buat. Sesuaikan saja menurut selera Anda. Barangkali Anda juga mau menemukan referensi via laman internet. 

Lakukan Preview Font

Cara Membuat Font

Setelah mengatur tingkat ketebalan maupun ketipisan font, maka berikutnya Anda dapat melakukan preview font terlebih dahulu. Cobalah untuk mengetikan sesuatu dan lihatlah bagaimana hasil font yang telah Anda buat.  

Selesai 

Setelah melakukan review, maka berarti seluruh proses membuat font selesai dilakukan. Nantinya font Anda akan tersimpan secara otomatis pada memori internal. Menariknya, font tersebut nantinya juga bisa diinstal pada PC maupun laptop. 

Cara Membuat Font via Web My Scriptfont dan Aplikasi Font Fix

Bukan hanya sekedar menggunakan aplikasi Fonty saja, membuat font juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan web My Scriptfont. Cara ini juga terbilang begitu mudah dan tidak akan menyusahkan Anda. Secara praktis, nantinya akan langsung menikmati hasil font buatan Anda. 

Root Android 

Sebelum membuat font dengan cara ini, sebaiknya Anda melakukan root terlebih dahulu pada perangkat android. Anda bisa melakukan root dengan memanfaatkan PC maupun tanpa PC. Pilih cara mana yang menurut Anda paling mudah dilakukan. 

Kunjungi Web

Cara Membuat Font

Setelah Anda memastikan benar-benar bahwa android sudah diroot, maka tinggal kunjungi saja web resmi My Scriptfont yakni http://myscriptfont.com/. Pastikan koneksi internet Anda bagus sehingga akses bisa berjalan dengan lancar.  

Download Template

Cara Membuat Font

Setelah Anda mengunjungi halaman resmi My Scriptfont, berikutnya langsung saja lakukan download terhadap template yang ada. Template yang ada pada web resmi ini biasanya tersedia dalam bentuk PNG dan PDF.  

Cetak Font

Setelah mengunduh template font yang diinginkan, berikutnya Anda bisa langsung mencetaknya menggunakan kertas dan lakukan pengeditan. Anda juga diperkenankan untuk melakukan edit gambar dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi editor lainnya.  

Upload Gambar 

Cara Membuat Font

Apabila Anda sudah selesai mengedit font sesuai yang diinginkan, berikutnya lakukan unggahan gambar. Upload kembali font yang Anda tulis pada halaman resmi My Scriptfont. Unggahlah font tersebut ke dalam bentuk TTF dan jangan lupa berikan nama yang sesuai keinginan Anda. 

Preview

Apabila Anda sudah selesai mengunggah, maka lakukan preview terlebih dahulu terhadap font tersebut. Perhatikan dengan seksama apakah font tersebut sudah sesuai keinginan atau belum. Jika sudah, Anda hanya perlu langsung melakukan unduhan saja.  

Download Aplikasi FontFix

Jika Anda sudah melakukan preview, berikutnya unduhlah aplikasi FontFix. Anda bisa mengunduhnya via Google Play Store. Lalu, Anda hanya perlu membuka font yang sudah diunduh. Anda bisa langsung mengetuk file font dan biarkan aplikasi tersebut bekerja. 

Instal Font

Jika sudah terbuka, maka Anda dapat langsung menginstal font Anda. Nantinya apabila terdapat tampilan ‘Super User’ saat membuka font, maka pilih saja ‘Grant’. Tunggu sampai proses instalan selesai dilakukan dengan sempurna.  

Selesai 

Apabila font sudah terinstal dengan sempurna, maka secara otomatis tampilan font Anda akan berubah. Font yang ada pada smartphone akan diubah secara otomatis menggunakan tampilan font yang sudah Anda buat. 

Cara Membuat Font dengan Inkscape dan FontForge

Cara terakhir untuk membuat font yang bisa Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan Inkscape dan FontForge. Guna membuat font dengan Inkscape dan FontForge, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu pada halaman resminya. 

Buka Inkscape

Cara Membuat Font

Buka aplikasi Inkscape yang sudah Anda instal sebelumnya terlebih dahulu. Nantinya setelah Anda membuka aplikasi ini, maka akan muncul tampilan blank layaknya pada halaman baru di aplikasi ‘Paint’ pada laptop Anda.  

Buat Halaman

Jika Anda sudah membuka Inkscape, berikutnya buatlah halaman untuk mendesain font. Caranya sangat mudah yakni buka ‘Extensions’ dan pilih opsi ‘Typography’. Lalu, pilihlah opsi ‘Setup Typography Canvas’ hingga muncul tampilan pop up. Lanjutkan dengan mengetuk opsi ‘Apply’.  

Mulai Mendesain

Cara Membuat Font

Setelah membuat halaman untuk desain font, berikutnya Anda bisa mulai mendesain. Desainlah font sesuka Anda dari abjad A sampai Z. Jangan lupa setelah selesai mendesain, klik pilihan ‘Save’. Jika tidak mengetuk opsi ‘Save’ maka perubahan sebelumnya tentu tak bisa disimpan.  

Buka FontForge

Cara Membuat Font

Berikutnya Anda bisa membuka FontForge. Pilihlah opsi ‘Text’ dan lanjutkan dengan mengetuk pilihan ‘SVG Font Editor’. Tunggulah beberapa saat hingga muncul sejumlah tools pada bagian kanan tampilan layar. 

Buat Font 

Cara Membuat Font

Jika sudah, Anda bisa membuat font yang diinginkan secara satu per satu. Buatlah perlahan dan jangan lupa cermati hingga akhirnya menjadi sinkron. Anda bisa mulai mengetuk opsi ‘New’ kemudian lanjut ke pilihan ‘Font 1’. Klik pilihan ‘Glyphs’ dan ‘Add Glyph’. 

Selesai 

Apabila sudah selesai, maka Anda tinggal menyinkronnya satu per satu. Manfaatkan fitur ‘Get Curve from Selection’. Jangan lupa untuk melakukan preview font terlebih dahulu sebelum menyelesaikan seluruh proses Anda. 

Cara membuat font ternyata sangat mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan bantuan dari beberapa aplikasi dan situs web resmi pembuat font. Jadikan tampilan smartphone Anda menjadi kian menawan dengan membuat font sesuai keinginan sendiri. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 1 =