√ Mengenal Apa Itu Google Form

3 min read

Mengenal Apa Itu Google Form

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survei atau tanya jawab dengan menggunakan fitur formulir yang tersedia secara online dan bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Google Form memungkinkan Anda sebagai pemberi survei atau pertanyaan untuk mendapatkan jawaban langsung dari audiens. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu Google Form, Anda bisa mengikuti ulasan berikut ini.

Apa Itu Google Form?

Google Forms memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survei atau kuis yang sudah dipersonalisasi. Informasi yang sudah dikumpulkan secara otomatis akan terhubung dengan spreadsheet. Spreadsheet diisi dengan kuis atau respons dari survei yang diberikan. 

Google terus memberikan pembaruan pada layanan Google Form dari waktu ke waktu. Google Docs dalam salah satu fiturnya juga sudah menyediakan layanan Google Form yang biasanya digunakan untuk membuat kuesioner penelitian, quick count pendapat mengenai suatu hal, form pendaftaran secara online, serta masih banyak fungsi lainnya.

Apa Guna Google Form

Setelah sedikit banyak mengetahui apa itu Google Form, Anda juga bisa mengetahui lebih banyak mengenai kegunaan layanan Google Form. Ternyata ada banyak kegunaan Google Form yang akan memudahkan Anda untuk mengoleksi atau mengumpulkan banyak data dengan baik dan juga real time.

Anda tidak perlu repot-repot memberikan pertanyaan satu per satu kepada masing-masing orang yang Anda ingin survei. Anda juga tidak perlu membuang-buang kertas untuk mencetak kuesioner, karena kuesioner dibuat dalam bentuk formulir online.

Lebih hemat biaya dan juga ramah lingkungan karena kehadiran teknologi, Anda hanya perlu membagikan link dari Google Form yang sudah dibuat dan biarkan orang-orang mengisinya.

Selain tak perlu membuang tenaga dan biaya, Google Form juga membuat data yang Anda koleksi atau kumpulkan lebih terjamin keamanannya. Bagaimana bisa data Anda lebih aman? Google Form tidak akan hilang apalagi mengalami kerusakan karena secara otomatis bakal tersimpan di Google Drive milik Anda.

Cara Membuat Google Form

Layanan Google Form yang disediakan Google memang sangat membantu orang-orang yang perlu melakukan survei atau pendataan.

Bagi yang masih awak tahu apa itu Google Form, ternyata membuat Google Form bisa dilakukan dengan mudah dan tidak merepotkan. Anda hanya membutuhkan akun Gmail untuk membuat Google Form Anda sendiri.

Cara membuat Google Form pertama-tama jika Anda belum memiliki Gmail maka buatlah terlebih dahulu, namun jika sudah memiliki alamat Gmail maka bisa langsung mengikuti langkah-langkah dalam tutorial berikut ini.

1. Cara Bikin Google Form Tipe Kuesioner

  • Pertama-tama yang harus Anda lakukan ialah membuka Google Docs dan pilih ‘form’ dan akan ada banyak template yang tersedia sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih template sesuai keinginan, namun jika dari beberapa template tersebut tidak ada yang sreg, Anda bisa mengklik tanda + pada bagian template blank yang berlatar warna putih.

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Jika hal di atas sudah dilakukan selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan mengisi kuesioner sesuai dengan keinginan Anda. Setelahnya Anda akan melihat kotak dialog ‘Untitled Form’ yang memiliki ukuran huruf yang cukup besar, Anda hanya perlu mengetikkan judul untuk kuesioner Anda.
  • Setelah judul kuesioner diisi, akan ada deskripsi di bagian kolom ‘form description’ dan Anda harus mengisinya dengan paparan deskriptif dari kuesioner yang Anda buat. Buat deskripsi dengan padat, singkat, dan mudah dimengerti sehingga orang-orang yang mengisinya akan sepaham dengan Anda.

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Jika judul dan deskripsi sudah diisi, maka selanjutnya Anda akan harus memasukkan daftar pertanyaan di tahap selanjutnya. Letaknya ada di bawah kolom ‘form description’ akan ada kolom lain bernama ‘question’ dan Anda tinggal menuliskan pertanyaan di sana.
  • Anda akan memiliki kebebasan untuk memilih jenis pertanyaan yakni multiple choice atau jawaban singkat. Anda bisa memilih jenis pertanyaan multiple choice jika menginginkan respons atau jawaban singkat seperti ‘iya’, ‘tidak’, atau ‘mungkin’. 

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Sementara itu short answer bisa Anda gunakan jika menginginkan jawaban singkat dari orang-orang yang Anda akan survei. Namun, jika Anda memberikan kebebasan kepada orang-orang yang Anda survei untuk menuliskan jawaban yang panjang maka Anda bisa memilih jenis pertanyaan ‘paragraph’.
  • Jika sudah mengisi pertanyaan yang Anda ingin ajukan, maka Anda hanya perlu melakukan step terakhir yakni mengirimkannya kepada orang-orang yang diinginkan, bisa melalui email atau menyalin link dari Google Form tersebut untuk dibagikan.

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Caranya mudah karena Anda hanya perlu mengklik ‘send’ yang terletak di kanan atas kemudian akan muncul opsi mengirim form ke email. Lalu Anda hanya perlu menulis alamat email yang ingin dituju dan pilih include file in email dan terakhir klik send yang terletak di pojok kanan bawah. 

2. Google Form Bertipe Formulir Pendaftaran

Cara membuat Google Form tipe formulir pendaftaran sebenarnya hampir sama dengan cara membuat Google Form tipe kuesioner. 

  • Pilih template yang Anda inginkan untuk formulir pendaftaran. Namun syarat utamanya tetap, yakni Anda harus memiliki Gmail untuk masuk ke layanan Google Docs.
  • Seperti membuat Google Docs Kuesioner, Anda juga harus mengisi judul dan deskripsi untuk formulir pendaftaran yang Anda ingin buat. 

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Selanjutnya Anda bisa mulai membuat pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan untuk formulir pendaftaran biasanya bukan jenis multiple choice atau pilihan ganda, tapi short answer atau paragraph. Untuk formulir pendaftaran, pertanyaan yang umum ditanya ialah nama, umur, tanggal lahir, dll.
  • Untuk mempermudah membuatnya. Anda bisa memilih multiple choice grid untuk membuat tabel di Google Form. Tabel tersebut bisa diisi dengan informasi apa-apa saja yang Anda butuhkan dari pengguna.

Mengenal Apa Itu Google Form

  • Selanjutnya jika sudah, Anda bisa mengirim atau membagikan link dari Google Form yang sudah Anda buat. Anda bisa mengirimnya dengan cara klik send yang terletak di pojok kanan atas. 
  • Bagikan lewat email lalu klik send yang ada di bagian pojok kanan bawah dan setelahnya copy dan bagikan link Google Form di sosial media atau sesuai keinginan Anda.

Kekurangan Google Form

Beberapa keuntungan menggunakan Google Form sudah disinggung di atas, namun Google Form ternyata juga tak luput dari beberapa kekurangan yang kerap kali dikeluhkan oleh penggunanya. Beberapa kekurangan tersebut di antaranya:

Desain Terbatas

Walau tersedia sistem kustomisasi, namun harus diakui Google Form tak memiliki banyak pilihan dan terbatas. Salah satunya yakni jenis font yang tersedia yang dapat dikatakan sedikit. Setidaknya hanya ada empat pilihan font pada Google Form yakni Basic, Decorative, Formal, dan Playful.

Pilihan Ekspor Terbatas

Google Form menyediakan pilihan ekspor file yang terbatas yakni ke dalam format Google Sheets dan pdf. Belum ada pilihan untuk mengekspor file ke format Microsoft Word.

Tidak Ada Notifikasi Email

Secara default, tidak akan ada notifikasi email dari responden yang sudah mengisi survei yang Anda buat. Namun Anda bisa mengaktifkannya secara manual melalui tab Response.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 1 =