√ Apa Itu PayPal

3 min read

Apa Itu PayPal

Kini Anda bisa menemukan banyak jenis metode pembayaran yang dilakukan secara online. PayPal merupakan salah satu alternatif pembayaran yang dilakukan untuk transaksi online. Untuk mengetahui lebih mengenai apa itu PayPal maka Anda bisa menyimak ringkasan berikut ini.

Mengenal Apa Itu PayPal

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan PayPal karena kemudahannya saat digunakan ketika bertransaksi secara online. Kelebihan yang dimiliki PayPal yakni Anda bisa menggunakannya untuk transaksi online bahkan hingga di luar negeri sekalipun. Lantas apa itu PayPal?

Dilansir dari Pocket Lint, PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan akun. Akun PayPal nantinya akan dilengkapi dengan rekening bank, kartu debit maupun kredit yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran dengan PayPal kapan pun. 

Apa Itu PayPal

Tak cuma untuk pembayaran, PayPal juga bisa digunakan untuk menerima uang secara online. Misalnya Anda memiliki teman yang juga memiliki akun PayPal maka Anda bisa menerima uang dari teman kamu baik dengan menggunakan PayPal maupun kartu kredit. PayPal juga bisa menjangkau pasar hingga luar negeri.

Misalnya Anda ingin membeli barang yang produknya ada di luar negeri, maka Anda bisa membayar dengan menggunakan PayPal. PayPal sudah digunakan oleh 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan pasar dan 100 jenis mata uang dunia. 

Hingga saat ini PayPal menjadi alat pembayaran virtual yang banyak digunakan oleh para marketer online karena memiliki tingkat keamanan yang baik dan terjamin jika dibandingkan dengan alat pembayaran virtual lainnya. 

PayPal menjadi pilihan untuk para pelaku bisnis online karena sangat memudahkan pengiriman uang dan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pebisnis online di manapun mereka berada. 

Manfaat Pakai PayPal

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu PayPal, PayPal menjadi cara transaksi online paling mudah yang digunakan untuk membeli barang secara online. 

Jika Anda ingin berbelanja di situs belanja seperti Amazon, eBay dan lainnya maka bisa dipastikan Anda akan sangat menyukai PayPal untuk digunakan sebagai cara pembayaran barang-barang yang sudah dibeli.

Beberapa manfaat dari menggunakan PayPal:

1. Fleksibilitas bagi Penjual

PayPal sangat bermanfaat bagi penjual yang menjajakan produk lewat situs belanja online. Penjual bisa menerima uang hasil penjualan secara online dari pembeli dengan cara praktis dan mudah. Pembeli hanya perlu menggunakan kartu debit atau kredit mereka dan uang akan mudah masuk ke akun penjual.

2. Cepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan PayPal maka transaksi yang dilakukan antara pembeli dan penjual menjadi lebih cepat dan tak perlu menunggu waktu lama. Proses transfer dari satu akun PayPal ke akun lainnya atau dari akun PayPal ke rekening bank hanya membutuhkan waktu selama 24 jam.

3. Harga Terjangkau 

Meskipun transaksi pembayaran dengan PayPal dikenakan administrasi, namun biaya tersebut terhitung masih cukup terjangkau dan murah. Biaya administrasi saat menggunakan PayPal yakni sebesar USD30 sen dan ditambah tiga persen dari total jumlah transaksi.

4. Membeli dengan Aman

Saat Anda melakukan pembelian dengan menggunakan PayPal maka Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. PayPal akan memberikan jaminan untuk penjual dan pembelinya. Pembeli dapat menghubungi PayPal jika ada masalah dengan pesanannya seperti barang yang dibeli tidak sesuai atau terlambat sampai.

Tak cuma pembeli, penjual juga merasa aman karena pembeli tidak akan menipu mereka karena PayPal sangat menghindari hal tersebut. 

5. Privasi Akun Sangat Aman 

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan akun PayPal karena PayPal sangat menjaga kerahasiaan dan privasi penggunanya. PayPal sangat merahasiakan data pribadi Anda untuk menghindari penyalahgunaan akun yang mungkin dilakukan.

6. Gampang Lihat Riwayat Transaksi

Anda bisa melihat history atau riwayat dari transaksi-transaksi yang sudah dilakukan selama seminggu atau sebulan terakhir. 

7. Global

PayPal bersifat global karena bisa digunakan dan mudah diterima oleh banyak situs belanja luar negeri di seluruh dunia. PayPal bersifat global karena bisa digunakan untuk transaksi jual-beli antar negara di dunia.

PayPal dan Kartu Kredit

PayPal sebelumnya susah digunakan di Indonesia karena salah satu syarat untuk memiliki akun PayPal yakni harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Hal tersebut karena PayPal harus diverifikasi dengan menggunakan akun kartu kredit, namun di Indonesia kepemilikan kartu kredit terhitung masih cukup sulit.

Hal tersebut dikarenakan bank menerapkan sejumlah kebijakan atau kriteria untuk para pemegang kartu kredit. Itulah yang menjadi salah satu kendala orang yang ingin membuka akun PayPal di Indonesia. 

Mengapa kartu kredit dibutuhkan untuk membuka akun PayPal? Penggunaan kartu kredit dibutuhkan karena bank lokal di Indonesia tidak ada yang memberikan pelayanan penyetoran atau penambahan dana kepada akun PayPal sehingga dana tersebut dapat diambil dari kartu kredit yang sudah didaftarkan saat pertama kali membuat PayPal.

Jadi jika Anda sewaktu-waktu membutuhkan dana di akun PayPal maka secara otomatis dana tersebut akan diambil dari kartu kredit sehingga itulah mengapa kartu kredit diperlukan dalam proses verifikasi PayPal. Namun saat ini, PayPal juga sudah bisa diakses tanpa kartu kredit dan hanya dihubungkan ke rekening bank atau kartu debit saja.

Cara Buat Akun PayPal

Membuat akun PayPal tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama. Pastikan Anda sudah memiliki kartu kredit sebelumnya dan sudah berusia di atas 18 tahun. Jika persyaratan tersebut telah dikantongi dan sudah memenuhi syarat umur, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka website resmi PayPal di www.paypal.com.
  • Perhatikan bagian atas dari website PayPal dan tentukan apakah Anda ingin membuat akun pribadi atau bisnis. Setelah memilih, klik tombol ‘Daftar’ yang ada di bagian atas kanan halaman website.

Apa Itu PayPal

  • Selanjutnya Anda bakal diarahkan ke halaman baru dan pilih jenis akun yang diinginkan. Misal Anda memilih akun ‘Primer’ yang bisa digunakan untuk transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang yang dilakukan secara online.
  • Isilah data pribadi pada kolom-kolom yang sudah disediakan. Pastikan lengkapi data kemudian pilih ‘Setuju dan Buat Rekening Saya’ yang terdapat di bagian bawah.

Apa Itu PayPal

  • Setelahnya akan muncul halaman verifikasi yang meminta Anda untuk memasukkan kode dalam kolom-kolom. Klik tombol ‘Lanjutkan’ yang ada di sana lalu klik tombol ‘Masuk ke Rekening Saya’.
  • Setelah melakukan langkah di atas, Anda akan menemukan akun PayPal milik Anda dan jangan lupa untuk konfirmasi melalui email Anda. 

Apa Itu PayPal

  • Buka email yang berisi link yang dikirimkan pihak PayPal sehingga Anda bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara langsung. 
  • Di website PayPal Anda akan diminta untuk log in dengan cara memasukkan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Apa Itu PayPal

  • Setelah log in Anda akan diarahkan ke halaman pertanyaan keamanan lalu isi dan klik ‘Kirimkan’ yang terdapat di bagian bawah.
  • Akun PayPal sudah selesai dibuat. Akun bisa digunakan untuk transaksi online setelah verifikasi kartu kredit terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five − 1 =