√ Apa Itu Root, Kekurangan Serta Kelebihannya Bagi Smartphone Android ?

3 min read

Apa Itu Root, Kekurangan Serta Kelebihannya Bagi Smartphone Android ?

Mungkin Anda sering mendengar istilah apa itu root ?. Misalnya, saat melihat handphone yang ada dijual di berbagai forum namun tidak paham apa artinya?.

Atau, mungkin juga Anda ingin mencoba lakukan root hp sendiri?. Untuk para pengguna handphone Android mungkin sebagian telah mengetahui apa itu istilah root.

Secara singkat, root ini merupakan proses saat Anda punya akses penuh pada sistem operasi yang ada di handphone, yang mana disini adalah sistem operasi Android. Namun, Apakah Anda mengetahui istilah root dengan lebih mendalam lagi?.

Bagi Anda yang tidak tahu atau belum paham apa itu kegunaan root handphone android beserta kelebihan maupun kekurangannya, jangan coba-coba untuk melakukan tindakan rooting ini. Dampaknya, bisa merugikan Anda sendiri bahkan smartphone Anda tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi tentang Apa saja kelebihan maupun kekurangan, serta apa itu root pada handphone android. Berikut ini akan kami sampaikan penjelasannya: 

Penjelasan Mengenai Apa Itu Root ?

Apa Itu Root, Kekurangan Serta Kelebihannya Bagi Smartphone Android ?

Secara sederhana, root mengandung arti akar saat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Artinya, root ini merupakan kondisi saat memakai memperoleh kendali atau akses yang penuh terhadap handphone Android yang dimilikinya.

Jadi, apabila Anda memperoleh akses root ini pada handphone, Anda bisa melakukan tindakan apapun di perangkat tentu dengan melalui rangkaian proses.

Sistem operasi Android ini punya dasar atau basis Linux yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan penggunanya atau open source. Dari pihak Google sendiri yang menjadi pemilik sistem operasi Android, tidak melarang bagi para pemakainya dalam memodifikasi sistem operasi tersebut. 

Akan tetapi memang terdapat sejumlah produsen handphone yang melakukan pengujian terhadap sistem operasi Android yang umumnya disebut Lock Botloader pada perangkatnya. Beberapa merek yang umumnya melakukan hal tersebut misalnya HTC, Sony, Asus serta sejumlah perangkat yang dikeluarkan Google.

Akan tetapi, dari pihak Google memang secara terbuka memberikan kebebasan para penggunanya dalam membuka kunci perangkat tersebut. Bahkan, diberikan kebebasan juga dalam mengganti sistem operasi secara keseluruhan. 

Jadi, saat Anda membeli smartphone Android, tidak semuanya fitur yang ada di dalamnya bisa diakses karena memang dilakukan penguncian dari pihak Google sendiri. Untuk bisa memperoleh akses ini, Anda harus melakukan root pada smartphone Android Anda.

Mengapa Ada Lock Botloader Apabila Bisa Root ?

Segalanya tentu akan mengacu pada sistem keamanan Android si pemakainya. Oleh karena itu dengan membuka akses root, maka pengguna dapat melakukan hal apapun pada perangkatnya tersebut. Para penggunanya juga dapat melakukan perubahan sistem keamanan yang bisa merusak perangkat akan terjangkit virus bisa terjadi.

Disamping itu, para produsen smartphone juga menginginkan aplikasi bawaan yang tersedia di dalam smartphone tidak bisa dihapus. Ini bisa dikarenakan promosi layanan yang ada di dalam smartphone, ikatan kerjasama maupun hal yang lain. 

Keuntungan Root Pada Handphone Android

Apa Itu Root, Kekurangan Serta Kelebihannya Bagi Smartphone Android ?

Anda telah memahami secara singkat apa itu root ? dan Sekarang kita akan mengulas bagaimana kelebihan root ini terutama pada handphone Android. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan root yang dilakukan pada handphone Android: 

  • Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan

Seperti yang telah disampaikan di atas, sejumlah vendor seringkali menyelamatkan aplikasi di smartphone para penggunanya.

Tentunya, aplikasi tersebut juga akan memerlukan memori internal serta RAM di smartphone. Sayangnya, Anda tidak bisa hapus aplikasi tersebut yang merupakan aplikasi bawaan atau bloatware. Jika Anda melakukan root, maka bisa dimungkinkan untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut. 

  • Melakukan Backup Serta Restore Aplikasi

Salah satu langkah yang dilakukan untuk menjaga handphone tetap dalam kondisi terbaiknya yaitu secara teratur melakukan factory reset. Tentunya, Anda akan kerepotan jika melakukan instal ulang berkali-kali pada semua aplikasi.

Salah satu cara yang mudah dan cukup untuk dilakukan yaitu dengan melakukan backup terhadap semua aplikasi melalui titanium backup. Tetapi, titanium backup harus punya akses root supaya bisa melakukan restore dan backup aplikasi yang sebelumnya terinstall pada handphone android Anda. 

  • Mengontrol CPU dan Kernel

Saat Anda mempunyai akses root pada handphone, bisa juga melakukan overclock di CPU smartphone. Overclock Ini mengandung pengertian memaksa processor bisa lakukan pekerjaan hingga sampai batas maksimal. Sudah pasti, dengan dilakukannya overclock di processor ini, performa handphone Anda akan menjadi lebih cepat serta ringan. 

  • Menghindari Terjadi Wakeclock

Selain memahami apa itu root, memang banyak sekali Keuntungan yang diperoleh salah satunya juga menghindari Wakeclock. Pengertiannya sendiri adalah suatu kondisi saat sistem terus terbangun karena aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Kondisi tersebut tentu saja bisa membuat handphone jadi terasa lambat dan cenderung juga memakan lebih banyak baterai.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memakai aplikasi Greenify yang memungkinkan mode hibernasi pada sejumlah aplikasi saat tidak dipakai. Akan tetapi, untuk mengaktifkannya Anda harus root juga pada smartphone.

  • Melalukan edit pada Build.prop

Salah satu langkah yang bisa dilakukan supaya kinerja smartphone Android semakin maksimal yaitu dengan cara lakukan edit file build.prop dan bisa Anda akses pada folder /System/build.prop.

Anda juga dapat melakukan tweak memori, baterai, juga banyak hal lain di file tersebut. Direktori tersebut hanya bisa diakses oleh file manager yang punya kemampuan akses ke direktori root. 

Bahaya Root Untuk Handphone Android

Apa Itu Root, Kekurangan Serta Kelebihannya Bagi Smartphone Android ?

Setelah paham pengertian apa itu root serta Apa saja manfaatnya, selanjutnya Anda juga cukup perlu mengetahui bahaya dan kerugian root untuk handphone android. Berikut ini beberapa bahayanya tersebut:

  • Garansi Hangus

Risiko ini memang sudah tidak asing dan banyak yang menganggap jika rooting tidak akan menghilangkan garansi handphone. Akan tetapi hal tersebut ternyata benar.

Alasannya, para vendor tentunya akan menemui handphone yang telah di root dan sistem yang mengalami perubahan oleh pemakai. Jadi, kalau ingin lakukan root maka sebaiknya setelah masa berlaku garansi habis.

  • Tidak Bisa Update OS Secara OTA

Dengan melakukan root pada handphone android Anda, artinya Anda tidak bisa melakukan update sistem operasi secara over-the-air atau OTA atau langsung dari handphone-nya. Alasannya, sistem bawaan yang ada pada handphone Banyak yang sudah terhapus selama proses rooting ini.

  • Celah Sistem Keamanan Melebar

Alasan dilakukannya root oleh pengguna handphone Android, salah satunya yaitu supaya bisa menyesuaikan sistem modifikasi yang berasal dari luar. Apabila pengguna saja mampu menyisipkan file atau sesuatu dari luar sistem, terlebih lagi para hacker dan juga virus. Karena itu, pikirkan baik-baik sebelum melakukan root di smartphone.

Jadi, pengertian apa itu root mungkin sudah lebih jelas Anda dapatkan wawasannya. Hal yang perlu digaris bawahi jika memperoleh akses root atau tidak ini merupakan keputusan para pemakai yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda sudah punya niat akses root di smartphone, maka juga harus siap menanggung resiko yang sudah kami jelaskan di atas. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 − three =