√ Apa itu Tik Tok?

3 min read

Media Sosial Terkini, Apa itu Tik Tok

Untuk masyarakat yang masih belum mengenal apa itu tik tok, artikel ini akan mengulas mengenai tik tok secara lengkap dan sederhana.

Tik Tok merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Aplikasi berbagi video ini memiliki banyak pengguna yang aktif setiap harinya, terbukti dari jumlah download yang meraih lebih dari 100 juta download hingga saat ini.

Cara Membuat Akun Tik Tok

Media Sosial Terkini, Apa itu Tik Tok

Sebelum menelusuri lebih lanjut mengenai tik tok, anda perlu mengerti bagaimana cara membuat akunnya terlebih dahulu. Sama seperti membuat akun lainnya di internet, anda harus memiliki user id dan kata sandi untuk bisa masuk ke akun tik tok anda.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuat akun pribadi anda, bisa menggunakan nomor telepon, akun sosial media atau menggunakan alamat email anda.

Untuk membuat akun tik tok anda menggunakan nomor telepon, anda perlu memastikan kalau nomor yang anda gunakan merupakan nomor anda yang aktif digunakan.

Setelah anda membuka aplikasi tik tok, anda hanya perlu memilih opsi daftar menggunakan nomor telepon. Setelah anda menemukan opsi tersebut anda hanya perlu memasukkan nomor handphone dan verifikasi.

Cara yang kedua yaitu melalui sosial media. Anda bisa mendaftar tik tok menggunakan akun facebook, twitter atau instagram.

Berbeda dengan mendaftar menggunakan nomor handphone, anda hanya perlu klik opsi ikon facebook, twitter atau instagram. Dengan menggunakan cara ini, akun tik tok anda akan langsung berhasil dibuat dan tersambung dengan sosial media.

Jika anda tidak ingin nomor handphone atau sosial media anda tergabung dengan akun tik tok, anda bisa menggunakan opsi ini, yaitu menggunakan email. Pilih daftar menggunakan email, dan masukkan user id serta kata sandi yang anda mau. Akun email harus aktif untuk verifikasi akun tik tok milik anda.

Mengenal Opsi yang Terdapat pada Tik Tok

Setelah akun tik tok anda terbuat, anda bisa lanjut menelusuri opsi yang tersedia di tik tok. Karena pada dasarnya tik tok merupakan aplikasi berbagi video, pastikan internet anda cepat untuk memastikan proses penggunaan lancar.

Anda akan menemukan berbagai video yang telah diunggah oleh pengguna lain. Sama seperti layanan sosial media lainnya, home dari aplikasi tik tok menunjukkan unggahan dari pengguna lain yang sedang populer.

 

Media Sosial Terkini, Apa itu Tik Tok

Anda bisa menyaring unggahan apa yang ingin anda lihat dengan mengikuti akun yang ingin anda ikuti unggahan videonya saja.

Setelah melihat video yang diunggah pengguna lain, anda bisa menyukai, mengomentari atau membagikan video yang telah anda tonton. Anda bisa juga berinteraksi dengan pengguna lain dengan menambahkan user id pengguna lain di komentar anda sebelum menuliskan pesan yang ingin anda sampaikan.

Pastikan untuk mengedit profil akun anda sebelum berbagi video. Lengkapi profil anda dengan mengunggah foto profil, menuliskan bio yang menarik dan menggunakan id yang mudah diingat. Untuk user id akun tik tok, anda bisa mengganti nama user id anda setiap tiga puluh hari sekali.

Anda bisa memulai pencarian video dan hashtag yang sedang ramai digunakan di tik tok. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengerti tren yang sedang ramai di tik tok. Selain itu, anda juga bisa menambah teman setelah melihat profil akun milik orang lain yang berada di home anda.

Cara Upload dan Edit Video di Tik Tok

Setelah akun terbuat dan profil sudah diisi, anda bisa mulai untuk mengunggah video ke tik tok. Anda bisa langsung membuat video dengan memilih opsi ikon plus (+) di bagian bawah layar anda. Sesudah anda klik opsi yang berada di tengah ini, anda bisa langsung memulai untuk merekam video sesuai kemauan anda.

Tentu saja anda bisa menyalurkan ide anda untuk membuat video tik tok, namun anda juga bisa mengikuti tren yang sedang terkenal di tik tok. Pengguna tik tok dikenal senang melakukan challenge yang bisa viral sesuai tren. Dengan mengikuti tren ini, anda bisa berekspresi dengan bebas sesuai tren aplikasi tersebut.

Anda bisa edit video anda sesuai yang anda mau setelah proses merekam selesai. Untuk membuat video anda lebih menarik, anda bisa membuat tambahan efek pada video anda. Opsi pertama yang bisa anda tambahkan yaitu menambah filter pada video anda.

Media Sosial Terkini, Apa itu Tik Tok

Dengan menambah filter, video anda akan terlihat menarik dengan tambahan warna untuk menyesuaikan dengan suasana video.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan teks untuk video anda. Tak jarang pengguna tik tok menggunakan alur cerita di videonya.

Dengan menambahkan teks ke video anda, anda bisa membuat video yang menarik sesuai dengan alur cerita yang anda mau. Anda bisa menambahkan efek untuk teks anda agar semakin sesuai dengan cerita yang ingin anda sampaikan.

Terakhir, anda juga bisa memberikan efek suara untuk video tik tok anda. Anda bisa merekam suara anda sebagai suara latar belakang video tik tok anda. Selain itu, anda juga bisa menambahkan cuplikan lagu untuk menambah efek di video anda.

Anda bisa mengikuti tren di tik tok dengan menambahkan video yang sering diputar agar menambah pengunjung video anda.

Setelah selesai menambah efek untuk video tik tok anda, anda perlu mengunggah video tersebut. Pilih opsi selanjutnya untuk melanjutkan proses mengunggah video anda. Di halaman ini, anda diberi opsi untuk memberikan caption pada video tik tok anda.

Anda bisa memilih untuk memberi caption atau tidak sebelum mengunggah video yang akan tampil di home pengikut akun tik tok anda.

Langkah untuk Menghapus Akun Tik Tok

Setelah menggunakan tik tok untuk sekian lama, mungkin anda akan merasa jenuh dan mulai berpikir untuk menghapus akun tik tok anda. Tidak perlu khawatir karena anda bisa dengan mudah menghapus akun tik tok dan segala video yang ada bila anda sudah bosan dengan aplikasi anda.

Pastikan anda benar-benar ingin menghapus akun anda karena akun yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan. Anda akan kehilangan user id dan juga pengikut akun anda.

Apabila anda sudah yakin untuk menghapus akun tik tok anda, anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Mulai dengan membuka akun tik tok anda. Setelah itu, anda bisa menuju ke opsi menu yang terletak di bagian pojok kanan atas layar handphone anda.

Langkah untuk Menghapus Akun Tik Tok

Sesudah itu, anda bisa memilih opsi setting dan privasi. Selanjutnya, anda bisa memilih opsi privasi dan keamanan. Di opsi ini terdapat opsi hapus akun. Anda bisa langsung pilih opsi ini untuk menghapus akun tik tok anda secara permanen.

Tik tok memberi kesempatan pada penggunanya apabila ingin berubah pikiran dan tidak menghapus akun tik tok anda selama tiga puluh hari.

Untuk Anda pencinata musik, sebaiknya segera mencari tahu apa itu tiktok karena dijamin bakal ketagihan.  Selain memberikan hiburan Anda juga bisa menyalurkan hobi bernyanyi atau menari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 + six =