Ifan Prasya Terampil dalam menyajikan konten unggulan yang renyah & gurih untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman pertama Google.

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Di luar sana, banyak rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea untuk pemula. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Masalahnya, kita jadi bingung untuk mulai dari mana.

Kebanyakan opsi justru membuat kepala jadi hilang fokus ke sana dan ke mari. Tenang, kami ada solusinya.

Selain mengulas aplikasi dari segi fitur, kemudahan, keunggulan, dan fokus pembelajaran; kita kasih cara memulai belajar bahasa Korea dari nol.

Mari kita mulai.

Tips Otodidak Supaya Lancar Berbahasa Korea untuk Pemula

1. Mulai dari Percakapan Santai dan Sehari-hari

Sebelum serius menghabiskan materi belajar yang berat dan formal, mending mulai dari yang paling dekat. Yakni percakapan santai yang biasa digunakan sehari-hari.

Bisa dimulai ucapan salam dalam bahasa Korea, seperti Annyeonghaseyo. Kemudian belajar kata imbuhan seperti –seyo, -imnida. Belajar yang ringan-ringan dulu.

2. Kenali Hangul, dari Vokal sampai Konsonan

Kalau sudah familiar dengan obrolan sehari-hari, kamu boleh lanjut dengan mempelajari Hangul. Yakni aksara dalam bahasa Korea. Mirip-mirip seperti aksara Jepang atau Mandarin, namun tak sama.

Paling mudah, pelajari huruf vokalnya terlebih dulu. Karena jumlahnya lebih sedikit, yakni 11 huruf; sehingga lebih mudah untuk dimengerti.

Kemudian, baru coba untuk mengenali huruf konsonannya. Biasakan dulu sampai kita mengerti ciri khasnya. Biasanya Hangul terkesan lebih rapi dibanding aksara Jepang atau Mandarin.

3. Latihan Baca & Tulis Hangul

Kalau sudah familiar dengan huruf vokal dan konsonan aksara Hangul, kini giliran kamu coba membacanya, mengejanya, lalu menuliskannya.

Memang sih, awalnya akan terasa sangat berat, sulit, dan kebingungan. Tapi tidak masalah, teruskan saja. Sampai kamu menemukan kesenangannya.

Siapkan jurnal khusus untuk menulis, dan koleksi bacaan huruf Hangul yang kredibel. Kamu juga bisa dapatkan dari aplikasi belajar bahasa Korea. Di bawah nanti.

4. Pelajari Grammar Bahasa Korea

Nah, ini memang agak menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Bisa dibilang cukup kompleks dan butuh waktu yang lama untuk menguasainya.

Tapi dengan mengerti grammar, kamu akan jauh lebih mudah memahami bahasa Korea secara lebih komprehensif.

Ada aturan-aturan yang harus diikuti untuk menyusun kalimat utuh yang sesuai. Kamu juga bisa dapatkan materi grammar lewat aplikasi.

5. Nonton Drama Korea (+ Latihan Bicara)

Wah, siapa yang tidak tertarik? Ya, walau menguras emosi, kadang bikin kesel, sedih, nangis, sampai marah mau hujat pemerannya.

Di sini, kamu bisa belajar bahasa Korea dengan cara nonton serial drama. Kamu bisa langsung tau bagaimana pengucapan yang benar sesuai konteks di kehidupan sehari-hari.

Kosakata, intonasi, dan cara pengucapan bisa kamu perhatikan. Kamu bisa langsung praktek dengan teman nontonmu. Dicoba aja, pasti nagih dan seru!

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Gratis, Ada Mode Offline Juga)

1. Simply Learn Korean: Belajar Bahasa Korea Jadi Seru

Aplikasi Simply Korean Learn

Satu aplikasi untuk semua kebutuhan. Disajikan dengan tampilan yang sederhana, tapi punya fitur yang kaya. Sangat kami rekomendasikan.

Aplikasi ini bisa jadi buku saku mini untukmu yang bersiap traveling ke Korea. Isinya ada frasa dan kosakata yang lengkap dibuat secara orisinil.

Fitur flashcard membantumu untuk mengingat-ingat arti frasa dan kosakata. Seperti gamifikasi di aplikasi belajar online. Ada fitur quiz dan review ujianmu saat itu juga.

Fitur aplikasi Simply Learn Korean antara lain:

  • Terintegrasi dengan bahasa Indonesia
  • Frasa & kosakata bahasa Korea sejumlah 300+
  • Kualitas audio mumpuni dan diisi oleh perempuan asli Korea
  • Ada kuis dan review pemahaman
  • Track progress belajarmu sampai di tahap mana
  • Menyimpan frasa & kosakata favorit
  • Kategori frasa meliputi: angka, waktu & tanggal, percakapan sehari-hari, ucapan salam, topik belanja, kuliner, hingga akomodasi

Download Simply Learn Korean

2. Learn Korean Offline: Frasa Bahasa Korea

Aplikasi Learn Korean Offline

Dibanding aplikasi Simply Learn Korean, Learn Korean Offline punya kelebihan lain: fitur frasa dan kosakata jauh lebih banyak dan variatif.

Aplikasi yang memang ditujukan kepada turis dan pebisnis yang berkunjung ke Korea, juga bagi mereka yang ingin memulai belajar bahasa Korea.

Dibuat dengan native speaker sehingga pengucapan jauh lebih autentik dan natural. Sehingga, bisa lebih mudah dipahami.

Aplikasi ini bisa diakses tanpa jaringan internet, alias offline. Dan, juga gratis. Tidak perlu bayar lagi.

Fitur frasa dalam aplikasi Learn Korean Offline meliputi 18 topik dengan total 1000 frasa yang sering diucapkan. Kategori selengkapnya di bawah ini.

  • Ucapan salam
  • Percakapan umum sehari-hari
  • Angka
  • Tanggal dan waktu
  • Arah dan tempat
  • Transportasi
  • Akomodasi
  • Kuliner
  • Belanja
  • Warna
  • Kota
  • Negara
  • Turis
  • Keluarga
  • Kencan
  • Darurat
  • Sakit
  • (+ latihan tongue twisters)

Download Learn Korean Offline

3. Korean Memorizer: Belajar Membaca & Menulis Aksara Hangul

Aplikasi Korean Memorizer

Sebagaimana tips yang telah disampaikan di awal, penting untuk belajar membaca dan menulis aksara Hangul.

Nah, aplikasi Koreran Memorizer bisa kamu pakai untuk kebutuhan tersebut. Aplikasi ini gratis tanpa dipungut biaya. Tersedia lengkap aksara Hangul yang dibuat dengan animasi estetik.

Artinya, kamu bisa melihat animasi penulisan aksara Hangul yang benar. Setelahnya, kamu akan ditantang untuk mencoba menuliskan. Baru, nanti akan muncul suara bagaimana pengucapannya.

Lengkap, ya? Mulai dari membaca, menulis, hingga melafalkan. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan punya banyak fitur lainnya. Selengkapnya di bawah ini.

  • Flash cards untuk mengingat aksara
  • Bisa diakses offline (tanpa jaringan internet)
  • Cukup membukanya 5 menit sehari
  • Membantu meningkatkan memori aksara Korea

Download Korean Memorizer

4. Learn Korean: Belajar Grammar Bahasa Korea

Aplikasi Learn Korean Grammar

Sehabis frasa dan aksara, kini giliran tata kalimatnya. Yaps, belajar grammar untuk bahasa Korea memang susah-susah gampang.

Butuh ketelatenan dan disiplin yang konsisten. Cara paling praktis ya lewat aplikasi Learn Korean – Grammer ini.

Aplikasi yang punya 5000+ frasa dengan 60 topik. Meliputi ucapan salam, tanya kabar, adakan pertemuan, bilang kasih sayang, bilang terima kasih, akomodasi hotel (+ frasa hotel di Korea), cuaca, kesehatan, restoran, dan banyak lagi.

Semua sudah ditata sedemikian rupa, dan kamu tinggal mempelajarinya sesuai kategori yang ingin kamu dalami.

Total ada pola materi 200 grammar di aplikasi ini. Terlebih juga ada fitur quiz untuk melatih pemahaman kamu sudah sampai mana.

Oiya, penting nih. Aplikasi ini gratis dan bisa diakses tanpa kuota internet.

Download Learn Korean – Grammar

5. Learn Korean: Berbicara Pakai Bahasa Korea dalam 30 Hari

Aplikasi Learn Korean in 30 Days

Belajar percakapan kasual sudah, frasa sudah, aksara sudah, grammar juga sudah. Kini, giliran praktek dengan mengucapkannya. Tidak apa-apa, tidak perlu malu atau takut keliru.

Aplikasi Learn Korean – speak korean in 30 days ini didesain sedemikian fun dan menarik, seolah sedang bermain game. Pun, juga mudah menggunakannya.

Apa saja yang dipelajari? Vocabulary, frasa, dan kata kerja. Ketiga aspek yang sudah dikemas ke dalam 1400+ ekspresi pengucapan dan 21 topik harian.

Aplikasi ini bisa diakses secara offline dengan kualitas audio yang sangat bagus. Cukup dengarkan, praktekkan, lalu revisi pengucapan. Sampai kamu benar-benar lancar!

Download Learn Korean – Speak Korean in 30 Days

Bonus: Rekomendasi Aplikasi untuk Menambah Pemahaman Bahasa Korea

6. KORLINK. Belajar percakapan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari anak muda di sana. Dengan level dari yang paling mudah, normal, sampai yang paling susah. Ada level yang membuatmu terus tertantang menyelesaikan misi.

Download KORLINK

7. Hangul Punch. Belajar aksara Hangul sembari bermain game pukul-pukulan. Kamu bisa memukul lawanmu menggunakan kepalan tangan berisi huruf aksara. Kalau benar, lawanmu akan K.O.

Download Hangul Punch

8. Hangul (Korean Alphabet). Hampir sama dengan aplikasi yang kita ulas tadi. Ini versi sederhananya. Meski begitu, fiturnya tetap kaya. Ada quiz & flashcards yang terintegrasi. Ada animasi aksara, audio berkualitas, serta sejarah & struktur aksara Hangul.

Download Hangul (Korean Alphabet)

9. NAVER Korean Dictionary. Kamus bahasa Korea lengkap dengan terjemahan lebih dari 40 bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia. Tersedia 6,57 juta kata dengan 2,84 contoh kalimatnya. Ada pengucapan, info fun, sampai fitur Today’s Korean (belajar percakapan yang sehari-hari).

Download HAVER Korean Dictionary

10. Learn Korean with Kpop. Belajar bahasa Korea sambil mendengar lagu Kpop, lirik demi lirik. Mempelajari detil lirik dan pengucapannya. Ditambah juga ada fitur cuplikan film yang membuat betah belajar.

Download Korean with Kpop

Kesimpulan

Belajar bahasa Korea lewat aplikasi memang seru dan mengasyikkan. Selain itu, juga praktis dan mudah digunakan. Bahkan juga, gratis tanpa biaya, bisa diakses secara offline.

Segudang kelebihannya membuatmu makin terbuka untuk belajar dari nol. Terpenting ialah, memanfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin. Disiplin sampai benar-benar bisa.

Kelemahan aplikasi, ialah kita kesulitan untuk mengevaluasi sampai mana tingkat pemahaman. Karena itu, sangat disarankan untuk mencari mentor atau bahkan ikutan les bahasa Korea.

Semua itu investasi yang menguntungkan, jika ditekuni dengan serius. Sekian, selamat belajar ya! Annyeonghaseyo!

Ifan Prasya Terampil dalam menyajikan konten unggulan yang renyah & gurih untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman pertama Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.