√ Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis Tanpa Watermark

3 min read

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Videografi kini mulai digemari banyak orang, sehingga aplikasi edit video PC ringan sangat dicari karena dapat membantu para pemula dalam mengedit video. Selain ringan untuk PC, beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan ini juga gratis loh! Pastinya akan membantu Anda dalam belajar editing video.

Aplikasi Editing Ringan untuk Pemula

Kebanyakan aplikasi editing video memiliki bobot yang tidak ringan, hal itu karena fitur yang dimilikinya sangat banyak sehingga dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Selain bobot aplikasinya yang berat, tentunya Anda harus membayar untuk mendapat fitur lengkap tersebut. Biasanya aplikasi yang seperti itu digunakan oleh para editor profesional.

PC untuk editing video pun harus memiliki spesifikasi yang mendukung, jika tidak maka bisa jadi laptop Anda akan sering hang karena tidak sanggup menampung. Apalagi bagi laptop yang masih memiliki RAM 4 GB, tentunya akan sulit mengoperasikan aplikasi editing video dengan fitur canggih.

Namun bagi Anda yang masih pemula atau baru ingin belajar editing video, tidak usah repot membeli aplikasi karena masih ada aplikasi gratis dengan bobot ringan. Anda tetap bisa berkreasi dengan fitur yang disediakan, entah itu membuat animasi, video presentasi, film pendek, dan lain-lain.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Ringan

Meski aplikasi edit video yang akan dibahas kali ini merupakan aplikasi gratis, tapi fitur yang disediakan tidak kalah dengan yang berbayar loh. Anda masih tetap bisa merasakan fitur canggih di aplikasi ini, berikut uraiannya:

Blender

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Aplikasi edit video PC ringan yang pertama yaitu Blender, Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk mengakses software ini.

Memiliki fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan editing video dasar, sudah tersedia juga untuk berbagai OS seperti Linux, Windows, dan Mac. Ukurannya hanya sekitar 128MB – 190MB saja tergantung OS yang Anda gunakan.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi ini seperti audio mixing, trimming, live preview, scrubbing, waveform visualization, dan syncing.

Anda bisa melakukan editing ringan hingga editing yang rumit sekalipun, hanya dengan menggunakan software gratisan ini. tersedia 32 slot untuk menambahkan video, audio, masks, image, dan effect.

Lightworks

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Lightworks juga menjadi aplikasi edit video yang ramah untuk kapasitas RAM di segala PC, sehingga cocok digunakan untuk semua kalangan.

Anda bisa mengedit video untuk konten YouTube, proyek film 4K, atau hanya untuk kebutuhan promosi di sosial media. Aplikasi ini juga tidak berbayar, sehingga Anda bisa dengan leluasa menggunakannya.

Lightworks bisa didownload di PC dengan berbagai OS seperti Windows, Linux, dan Mac. Ukurannya juga sangat ringan yaitu 67MB – 90 MB, bahkan tidak mencapai 100MB.

Karena bobotnya yang kecil, Anda bisa mendownloadnya di PC dengan RAM kecil. Pengoperasian fiturnya juga tidak sulit, karena dibuat untuk semua kalangan sehingga sangat mudah untuk diakses.

Avidemux

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Selanjutnya ada aplikasi Avidemux yang juga dapat diakses secara gratis, Anda tidak perlu repot mengeluarkan budget yang besar.

Aplikasi ini juga sudah support di OS Linux, Mac, dan Windows, sehingga sangat mudah untuk diinstall. Fitur yang ditawarkan juga sudah cukup canggih karena dibekali dengan noising filter, encoding, dan sharpening.

Selain itu, ukuran dari software ini sangat ringan bahkan dibawah 50MB, yaitu hanya sekitar 28MB – 39MB tergantung pada OS yang ada di PC Anda. Tampilan interfacenya cukup simple sehingga mudah dimengerti oleh siapapun. Namun tetap saja aplikasi gratisan ini punya kekurangan, yaitu minimnya efek dan transisi.

Shotcut

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Shotcut bisa dibilang aplikasi editing video yang paling sederhana, karena memiliki interface yang sangat simpel sehingga Anda bisa dengan mudah mengoperasikan dan mencoba fitur-fiturnya. Pada tampilan interface hanya terdiri dari menu timeline, effect, media, dan preview.

Software ini juga cukup ringan yaitu hanya sekitar 70MB – 105 MB saja, Anda bisa melakukan editing tanpa watermark. Cocok bagi Anda yang hanya ingin melakukan editing ringan seperti memotong video, menggabungkan video, menambah transisi dan efek, juga menambahkan berbagai filter menarik yang sudah disediakan.

VSDC Free Video Editor

Aplikasi Edit Video PC Ringan

VSDC Free Video Editor ini berhasil menjadi pemenang award untuk kategori aplikasi edit video gratis. Bobotnya pun sangat ringan, Anda bisa mendownloadnya hanya dengan 76MB saja. Software ini hanya bisa di download di PC dengan OS Windows.

Dilengkapi dengan fitur editing non-linear terbaik, membuat Anda bisa menghasilkan video menarik tanpa watermark. Software ini mendukung pengeditan sederhana hingga yang cukup rumit, cocok juga digunakan untuk Anda yang masih belajar dalam editing video.

Freemake Video Converter

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Posisi keenam ditempati oleh Freemake Video Converter, aplikasi editing video gratis ringan untuk PC ini cocok untuk Anda yang hanya ingin mengedit hal sederhana.

Sesuai dengan nama aplikasinya, software ini lebih menonjolkan fitur converternya. Jadi Anda bisa mengubah format video sesuai dengan kebutuhan seperti mengubah MP4 ke AVI.

Biasanya video di convert agar bobotnya lebih ringan, atau untuk meningkatkan kualitas gambar dan menambah bobotnya juga.

Menariknya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 500 format video dan bisa dibilang semua formatnya sudah lengkap. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan editing video dasar seperti cutting dan trimming.

Machete Lite

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Machete Lite menjadi aplikasi editing video yang paling ringan karena bobotnya hanya sekitar 2.5MB. Dengan bobot yang sangat ringan ini, tentunya Anda sudah bisa menebak bukan bagaimana fitur yang disediakan? Memiliki interface yang sangat simpel, membuat siapa saja pasti bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah.

Aplikasi yang sudah support Windows ini mampu melakukan beberapa editing seperti menyalin, memindahkan, mencampur, dan menyimpan masing-masing bagian. Anda juga bisa menghapus backsound atau trek audio pada video. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengedit video sederhana dengan proses yang cepat.

Openshot

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Aplikasi gratis terakhir yaitu Openshot, memiliki fitur cukup lengkap yang bisa diandalkan oleh para editor video. Anda bisa mendownloadnya hanya dengan 125MB, sudah support Mac, Linux, dan Windows sehingga bisa digunakan di berbagai PC.

Openshot berhasil memenangkan award open source video editing software loh, sehingga Anda tidak usah ragu lagi untuk mendownloadnya.

Memiliki fitur editing yang powerful dan juga mudah untuk digunakan, sehingga Anda bisa mempelajarinya dengan cepat. Anda bisa melakukan editing seperti resizing, snapping, cutting, dan rotation. Berbagai format video, foto, dan audio juga didukung oleh aplikasi ini.

Beberapa aplikasi edit video PC ringan diatas bisa Anda pilih salah satu, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Jika kemampuan Anda sudah cukup tinggi dan ingin aplikasi dengan fitur lengkap, Anda bisa memilih Openshot atau Blender. Namun jika Anda hanya ingin melakukan editing sederhana, cukup download Machete Lite saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × three =