√ 10 Aplikasi Perekam Layar PC

3 min read

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar PC menjadi salah satu software yang cukup penting di era ini. Biasanya aplikasi ini sangat diperlukan dalam membuat video tutorial, presentasi, merekam permainan game online dan sebagainya. 

Dengan adanya video rekaman semacam ini, maka akan menjadikan segalanya semakin mudah untuk dipahami. Seperti halnya ketika membuat video tutorial. Penyampaian kepada penonton pun akan semakin mudah dan santai. 

Manfaat Aplikasi Perekam Layar PC

Software perekam layar yang ditujukan bagi PC maupun laptop tentu mempunyai sejumlah manfaat. Pastinya sangat berguna bagi kegiatan harian Anda termasuk dalam urusan pekerjaan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari aplikasi perekam khusus PC dan laptop.

  • Aplikasi perekam layar dapat memudahkan Anda dalam menciptakan berbagai macam video. Mulai dari tutorial memasak, membuat prakarya, presentasi, merekam permainan game dan sebagainya. 
  • Dengan adanya aplikasi ini di PC, maka Anda bisa merekam video musik maupun film yang hanya bisa ditonton secara streaming. Nantinya Anda bisa kembali menonton video tersebut di lain waktu. 
  • Aplikasi perekam layar khusus PC dan laptop ini juga bisa digunakan untuk merekam jejak digital yang sewaktu-waktu bisa dihapus oleh pemiliknya. Hanya saja hal ini terdengar sedikit ilegal untuk dilakukan. 
  • Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk urusan pekerjaan khususnya dalam merekam bukti pekerjaan yang dilakukan melalui perangkat komputer maupun laptop tersebut. Khususnya pada masa WFH seperti sekarang ini, tidak jarang perusahaan yang meminta hal ini sebagai laporan. 

Daftar 10 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

TinyTake 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi ini bisa menjadi pilihan Anda untuk merekam aktivitas pada layar PC maupun laptop secara gratis. walaupun gratis, Anda tetap bisa menikmati banyak pilihan fitur menarik yang tentunya sangat bermanfaat. 

Tampilan aplikasi ini begitu sederhana sehingga membuatnya mudah digunakan. Selain itu, pengaturan perekaman software TinyTake juga sangat ramah terhadap pengguna pemula. Bagusnya lagi, kapasitas RAM yang dipakai oleh aplikasi ini relatif kecil yakni hanya 4 GB saja. 

WM Capture 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Jika Anda ingin melakukan perekaman layar di area tertentu saja, maka aplikasi WM Capture bisa menjadi alternatif terbaik. Selain menawarkan fitur mutakhir tersebut, Anda juga dapat menikmati fitur schedule recording. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjadwalkan kapan layar laptop maupun PC Anda bisa mulai melakukan perekaman. Hasil rekaman layar WM Capture juga bisa disimpan dalam berbagai format seperti WMV, MPEG, DVD-ISO dan AVI. 

DXTory 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Bagi yang menginginkan aplikasi perekaman layar PC berukuran ringan, maka cobalah untuk mengunduh DXTory. Selain ukurannya yang relatif ringan, Anda juga bisa dengan mudahnya memahami tampilan aplikasi. 

Fitur perekaman video aplikasi ini mempunyai kualitas yang tinggi. Akan tetapi, juga perlu mendapatkan dukungan penuh dari spek perangkat yang digunakan. Di samping itu, DXTory mampu merekam dua buah suara terpisah yang masing-masing dapat diedit yaitu suara mic serta game. 

Bandicam Screen Recorder 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi mutakhir Bandicam Screen Recorder menjadi software perekam layar PC dan laptop yang begitu populer, terutama guna merekam bitrate serta frame rate tinggi. Menariknya lagi, perekaman video yang diambil oleh aplikasi ini mempunyai kualitas baik mencapai 4K UltraHD. 

Aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 8 dan 10 ini juga menawarkan fitur compression. Fitur ini nantinya mampu membuat hasil rekaman video memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. 

Debut Video Capture 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Ini merupakan aplikasi perekam layar khusus PC maupun laptop terbaru. Aplikasi hasil pengembangan NCH yang dinamai Debut Video Capture ini menawarkan fitur begitu melimpah. Tentunya mampu mencukupi seluruh kebutuhan perekaman layar Anda. 

Anda dapat menyimpan hasil rekaman layar dalam berbagai macam format termasuk MP4. Selain itu, Debut Video Capture juga bisa melakukan pengaturan resolusi video hingga tingkatan frame rate. Aplikasi ini juga kompatibel dengan beragam sistem operasi mulai dari Windows XP, Vista, 7, 8 dan 10. 

Nvidia GeForce Experience 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Apabila Anda ingin memiliki aplikasi rekaman layar PC maupun laptop  dengan kualitas yang bisa disesuaikan dengan pengaturan layar, maka Nvidia GeForce Experience bisa menjadi pilihan paling baik. Aplikasi ini juga tidak memakai GPU sehingga nantinya tidak akan membebani kinerja sistem CPU.

Software yang kompatibel untuk sistem operasi Windows 7,8 dan 10 ini tidak akan memakan banyak RAM di PC Anda. Nvidia GeForce Experience hanya memakan RAM sebesar 2 GB saja. Hanya saja aplikasi mutakhir ini bisa digunakan oleh pengguna dari kartu grafis Nvidia saja. 

ShareX 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Tertarik dengan aplikasi perekam layar khusus PC dan laptop tanpa watermark? Maka ShareX dapat menjadi opsi terbaik. Aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur yang penting dalam mendukung kinerjanya. 

Salah satu yang paling menyenangkan adalah mampu digunakan untuk melakukan perekaman layar tanpa menggunakan batasan waktu. Bahkan Anda juga dapat melakukan penyimpanan di dalam format GIF. ShareX bisa Anda gunakan dengan gratis. 

XSplit Gamecaster 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Sesuai dengan nama yang disandangnya, aplikasi ini memang ditujukan guna merekam layar PC atau laptop khusus game. Bagi para gamer tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, bukan? Aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan gratis ini juga menawarkan fitur streaming ketika bermain game.

Hanya dengan satu tombol saja, Anda sudah bisa merekam seluruh aktivitas yang ada pada layar PC atau laptop. Sisi menarik lainnya dari XSplit Gamecaster ialah memiliki fitur editing video yang dapat dengan mudah digunakan usai melakukan perekaman layar. 

Action!

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Banyak pengguna yang menyebut Action! sebagai software perekam layar laptop dan PC terbaik. Hal ini mengingat bahwa aplikasi Action! mampu melakukan aktivitas streaming secara real time. Bahkan hasil video yang diberikan memiliki resolusi cukup tinggi yakni HD. 

Aplikasi mutakhir ini kompatibel untuk sistem operasi Windows Vista, 7, 8 hingga 10. Kapasitas RAM yang dibutuhkan juga cukup minim yaitu hanya 1 GB saja. Anda bisa segera mengunduh aplikasi terbaik ini untuk menikmati banyak fitur unggulan lainnya. 

Open Broadcaster Software 

10 Aplikasi Perekam Layar PC

Melakukan perekaman layar dengan watermark ternyata cukup mengganggu. Jika Anda ingin melakukan perekaman layar PC atau laptop tanpa watermark, maka cobalah mengunduh dan menginstal aplikasi Open Broadcaster. 

Selain bisa merekam layar tanpa ada watermark, Anda juga dapat memiliki hasil rekaman video dengan kualitas HD dalam bentuk FLV maupun MP4. Menariknya lagi, Anda juga dapat melakukan streaming dengan aplikasi ini pada sejumlah platform seperti Twitch serta Youtube. 

Daftar 10 aplikasi perekam layar PC tersebut kiranya bisa menjadi pilihan bagi Anda, khususnya yang masih bingung menentukan pilihan. Pilih yang menurut Anda praktis dan mudah digunakan. Tentunya yang sesuai dengan spesifikasi perangkat Anda. Segera unduh dan langsung jalankan aplikasi tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 6 =