√ Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

1 min read

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

Perkembangan teknologi digital dari tahun ke tahun terus saja meningkat dan hampir mempengaruhi berbagai segi kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Kini, dunia pendidikan dikejutkan dengan kehadiran suatu aplikasi yang canggih, yaitu Aplikasi Raport Digital (ARD).

Lantas, apa sih aplikasi ARD itu? Siswa kelas mana saja yang bisa menggunakan aplikasi ARD ini? Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi pintar ini, maka ada baiknya Anda menyimak ulasannya seperti berikut.

Pengertian Aplikasi Raport Digital

Aplikasi raport digital (ARD) adalah semacam raport online yang berisi data hasil belajar siswa dan hanya diperuntukkan bagi siswa sekolah madrasah di Indonesia. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI dan hanya bisa diakses melalui situs Sirkuma.

Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah supaya para orang tua siswa bisa memantau perkembangan pembelajaran para siswa mereka secara online.

Hal ini karena terkadang orang tua memiliki kesibukan di luar rumah sehingga terkadang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memantau perkembangan kecerdasan kognitif anak mereka.

Di samping itu, guru juga bisa memberikan penilaian terhadap mereka secara online sehingga ia bisa memberikan penilaian kepada mereka dari mana saja, apalagi saat liburan sekolah.

Kategori Aplikasi Raport Digital di Sekolah Madrasah

Kewenangan sekolah madrasah di Indonesia memang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Hal ini dimaksudkan supaya para siswa mendapatkan ilmu agama yang lebih bila dibandingkan dengan sekolah umum lainnya.

Tujuannya tidak lain adalah agar mereka menjadi anak yang berilmu dan memiliki akhlak baik sesuai dengan ajaran agama Islam. 

Aplikasi rapor MI dibedakan menjadi beberapa kategori, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi ARD untuk Siswa Raudhatul Athfal (RA), yaitu aplikasi ini disebut juga dengan aplikasi ARDIRA yang khusus digunakan untuk siswa setingkat PAUD. Aplikasi ini mudah untuk digunakan karena dapat diakses secara online maupun offline.

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

2. Aplikasi ARD untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), yaitu aplikasi khusus bagi siswa setingkat dengan Sekolah Dasar (SD).

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

3. Aplikasi ARD untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah (MT), yaitu jenis aplikasi yang diperuntukkan bagi siswa setara dengan jenjang SMP.

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

4. Aplikasi ARD untuk Siswa Madrasah Aliyah (MA), yaitu jenis aplikasi yang bisa digunakan oleh siswa setara dengan jenjang SMA.

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

 

5. Aplikasi ARD untuk Diakses Guru, yaitu  aplikasi khusus untuk guru sehingga guru bisa memberikan penilaian kepada siswa kapan saja dan di mana saja secara online.

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

6. Aplikasi ARD untuk Operator, yaitu pihak yang berwenang untuk memperbaiki kesalahan sistem pada aplikasi ini.

Aplikasi Raport Digital dan Cara Downloadnya yang Mudah

Bagaimanakah cara download aplikasi ini?

Untuk download Aplikasi Raport Digital Madrasah sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah, seperti berikut:

1. Silahkan unduh Google Drive terlebih dahulu menggunakan perangkat tablet, handphone, komputer, atau laptop Anda.

2. Silahkan Anda ketikkan nama aplikasi sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing, di antaranya:

a. Aplikasi ARD Madrasahku versi Offline Jenjang MI

b. Aplikasi ARD Madrasahku versi Offline Jenjang MTs

c. Aplikasi ARD Madrasahku versi Offline Jenjang MA

3. Instal jenis aplikasi yang Anda inginkan, kemudian klik ARD.v1.0-SetUp.

4. Isilah Username, Organization, serta Serial Number pada perangkat Anda.

5. Apabila data Anda benar, maka akan muncul tombol Next. Silahkan Anda klik tombol Next tersebut.

6. Perangkat Anda akan melakukan proses Extracting File.

7. Bila sudah selesai, maka akan tampak jendela Completing the ARD Setup Wizard.

8. Terakhir, silahkan klik Finish.

Menarik bukan pembahasan tentang Aplikasi Raport Digital ini? Sekarang, silahkan Anda coba akses aplikasi ini melalui perangkat gadget Anda, seperti tablet ataupun handphone. Pantaulah perkembangan kecerdasan anak Anda sesering mungkin.

Apabila ada kekurangan, Anda bisa membantu anak Anda dalam belajar dan memberikan ia dukungan untuk lebih giat lagi dalam belajar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 11 =