2 min read

Cara Buat Kartu Pra Kerja beserta Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Selama beberapa tahun belakangan ini, informasi seputar persyaratan dan cara buat kartu pra kerja memang menjadi salah satu jenis informasi yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Pasalnya, tidak sedikit dari mereka yang berlomba-lomba untuk memiliki kartu ini, karena kartu pra kerja memiliki keuntungan tersendiri, yang akan memberi efek positif terhadap para pemiliknya.

Sebelum pembahasan seputar persyaratan dan cara buat kartu pra kerja dimulai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kartu pra kerja ini.

Yang dimaksud dengan kartu pra kerja adalah program peningkatan kompetensi kerja, yang diciptakan khusus bagi masyarakat Indonesia, dan diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan, serta insentif pasca pelatihan.

Hanya dengan memahami dari artinya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana keuntungan dari kartu pra kerja ini. Dengan banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki kartu jenis ini, tak mengherankan jika semakin banyak masyarakat Indonesia yang berlomba untuk memilikinya.

Cara buat kartu pra kerja beserta ketentuannya

Sampai saat ini, pendaftaran untuk pembuatan kartu pra kerja dibuka dalam waktu yang bertahap. Bahkan, sudah ada belasan gelombang yang dibuka oleh pemerintah, untuk membantu para warga yang memang ingin membuat dan memiliki kartu pra kerja.

Untuk bisa memiliki kartu pra kerja seperti ini, Anda wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Berstatus sebagai pencari kerja atau pengangguran (lulusan baru dan program PHK)
  • Seorang pekerja baik buruh maupun karyawan
  • Seorang wirausaha
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  • Tidak tergolong penerima bansos dari Kemensos, seperti DTKS, BSU, dan juga BPUM
  • Bukan anggota TNI maupun Polri, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, dan lain sebagainya
  • Dalam 1 Kartu Keluarga (KK), maksimal 2 anggota keluarga yang dapat menerima bantuan

Jika Anda telah memenuhi persyaratan di atas, maka Anda bisa langsung mendaftar untuk menjadi pemilik kartu pra kerja ini. Pemerintah Indonesia dengan sengaja memberikan cara yang sangat mudah, supaya tidak ada yang merasa kesulitan ketika harus melakukan aktivitas ini.

Berikut adalah cara untuk mendaftar akun pra kerja melalui situs resminya, yaitu:

  • Langkah pertama adalah mengakses situs resmi www.prakerja.go.id dan mengklik opsi “Buat Akun”.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman tersebut, Anda bisa langsung memasukkan data diri Anda seperti nama lengkap, alamat email yang masih aktif, serta kata sandi baru yang sulit ditebak dan mudah diingat oleh Anda sendiri.

Cara Buat Kartu Pra Kerja beserta Persyaratan yang Harus Dipenuhi

  • Sebelum masuk ke halaman selanjutnya, pastikan Anda telah memberikan simbol centang ke bagian pernyataan yang ada di sisi bagian bawah.
  • Klik tombol “Buat Akun”, dan cek email yang telah Anda daftarkan tadi, untuk mengikuti instruksi selanjutnya dalam mengkonfirmasi akun email Anda.

Cara Buat Kartu Pra Kerja beserta Persyaratan yang Harus Dipenuhi

  • Setelah Anda berhasil melakukan tahapan tersebut, Anda bisa kembali ke situs pra kerja tadi, dan mengklik tombol “Login” untuk masuk ke halaman utama akun Anda.
  • Selesai.

Tahapan selanjutnya setelah mendaftar akun pra kerja

Setelah Anda berhasil mendaftarkan akun Anda, Anda masih harus masuk ke tahapan selanjutnya, untuk bisa membuat kartu pra kerja milik Anda sendiri. Tahapan ini juga tidak kalah mudah dari cara mendaftar akun pra kerja di atas. Jadi, semua orang dapat melakukan langkah-langkah ini dengan mudah, selagi mereka memiliki jaringan internet yang stabil.

Sekarang, simak dengan baik beberapa tahapan untuk membuat kartu pra kerja berikut ini:

1. Melengkapi data diri

Setelah Anda memiliki akun pra kerja, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melengkapi data diri Anda dengan benar. Caranya adalah:

  • Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang telah Anda daftarkan.
  • Setelah itu masukkan nomor KTP dan tanggal lahir Anda dengan tepat, lalu klik tombol “Berikutnya”.

Cara Buat Kartu Pra Kerja beserta Persyaratan yang Harus Dipenuhi

  • Isi data diri seperti nama lengkap, alamat email, alamat domisili, alamat tempat tinggal, pendidikan, status kebekerjaan, dan yang terakhir foto KTP yang diambil secara jelas.
  • Klik kembali tombol “Berikutnya”, dan masukkan nomor telepon dan kode OTP yang telah dikirim ke nomor telepon tersebut melalui SMS.

2. Mengikuti tes

Jika Anda telah melengkapi data diri Anda dengan lengkap dan tepat, maka Anda perlu mengikuti tes awal yang berupa tes motivasi dan kemampuan dasar. Nanti Anda akan diberi petunjuk yang jelas, dan Anda hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut.

3. Unggah foto KTP

Anda juga perlu mengunggah foto KTP Anda dengan jelas. Ketika Anda melakukan tahapan ini, nanti Anda akan diberi petunjuk untuk mengunggah foto KTP dengan mudah dan jelas. Jika Anda bisa mengikuti petunjuk tersebut dengan baik, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika melakukan tahapan ini.

Sampai disini kita bisa menyimpulkan bahwa cara buat kartu pra kerja sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang, selagi mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki kartu ini juga, segera daftarkan diri Anda ketika pendaftarannya sedang dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × four =