√ 7 Cara Cek Kuota Indosat

3 min read

7 Cara Cek Kuota Indosat

Sebagian orang mungkin sering merasa bingung mengenai berapa jumlah sisa kuota yang mereka miliki. Pasalnya, jika penggunaan kuota atau pemakaian data menjadi tidak terkontrol tentu akan merugikan diri sendiri. Alhasil kuota data pun menjadi lebih cepat habis dalam waktu singkat. Lantas, bagaimana cara cek kuota Indosat?

Cara Cek Kuota Indosat

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek kuota tersebut. Anda bisa memilih salah satu cara diantaranya yang mudah untuk dilakukan. Seperti apa saja cara cek kuota Indosat? Di bawah ini beberapa cara cek kuota internet Indosat yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Cek kuota Indosat lewat SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk cek kuota adalah dengan mengeceknya lewat SMS. Cara ini bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah yang cukup mudah. Anda bahkan bisa mengeceknya tanpa biaya pulsa sekalipun alias gratis.

7 Cara Cek Kuota Indosat

Caranya yakni dengan mengetik USAGE lalu kirim ke 363. Jika sudah, maka tunggu sampai Anda bisa mendapatkan balasan dari provider mengenai sisa kuota yang ada. Dari situ Anda bisa mengetahui berapa banyak sisa kuota yang ada sehingga bisa menyimpulkan apakah sudah waktunya pengisian ulang kuota atau tidak.

Cek kuota lewat panggilan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan panggilan menggunakan kode dial. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah, cepat, dan juga tanpa memerlukan biaya sekalipun. Yakni dengan beberapa langkah berikut:

  • Lakukan panggilan ke *363# pada menu panggilan telepon

7 Cara Cek Kuota Indosat

  • Kemudian tunggu saja sampai muncul beberapa opsi
  • Anda bisa memasukkan angka sesuai dengan keterangan yang tertera
  • Setelah itu, pilih opsi yang sudah keluar dengan keterangan Status & Info

7 Cara Cek Kuota Indosat

  • Selanjutnya pilih Cek Kuota, pilih Paket Internet, kemudian pilih Ok.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan SMS dari 363 yang menginformasikan sisa kuota
  • Anda sudah berhasil melakukan pengecekan kuota dan mengetahui berapakah jumlah kuota yang masih bisa digunakan.

Cek kuota lewat aplikasi Android

Cara lainnya adalah dengan mengecek kuota lewat aplikasi Android. Yang perlu Anda lakukan yakni hanya dengan menginstall aplikasi MyIM3. Aplikasi ini bisa Anda gunakan khusus bagi Anda pengguna provider Indosat.

Pertama download terlebih dahulu aplikasi MyIM3 pada Play Store kemudian ikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan di bawah ini:

  • Buka aplikasi MyIM3 yang sudah didownload

7 Cara Cek Kuota Indosat

  • Selanjutnya, Anda perlu membuat akun menggunakan nomor telepon yang digunakan terlebih dahulu
  • Kemudian tunggu kode verifikasi yang dikirim lewat SMS

7 Cara Cek Kuota Indosat

  • Jika sudah, maka Anda bisa melengkapi profil
  • Akses akun Anda yang sudah terdaftar

7 Cara Cek Kuota Indosat

  • Pilih menu Home kemudian dapatkan informasi lengkap mengenai jumlah sisa kuota termasuk kuota pagi, malam, hingga 24 jam

Cek lewat aplikasi iOS

Selanjutnya, Anda juga bisa mengecek kuota lewat aplikasi iOS. Tentu saja aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda para pengguna setia provider Indosat yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Ios.

7 Cara Cek Kuota Indosat

Untuk melakukan pengecekan sisa kuota maka terlebih dahulu Anda perlu mendownload aplikasi MyIM3 melalui AppStore.

Selanjutnya Anda bisa mendaftar dan masukkan kode verifikasi kemudian isi data diri. Pilih menu Home, kemudian temukan informasi sisa kuota dan sisa pulsa beserta jumlah pemakaian dan berbagai informasi lainnya.

Cek kuota menggunakan modem

Cara ini bisa Anda lakukan bagi Anda yang menggunakan modem dengan provider Indosat. Untuk melihatnya sendiri, Anda tak perlu repot untuk melepaskan kartu kemudian menaruhnya di handphone.

7 Cara Cek Kuota Indosat

Anda masih bisa mengeceknya langsung lewat aplikasi bawaan modem. Yakni dengan cara yang sama saat Anda melakukan cek kuota lewat SMS ataupun panggilan.

Anda bisa mengirim SMS dengan menggunakan modem secara manual. Pilih ikon SMS lalu ketik “USAGE” dan kirim ke 363. Hanya saja terkadang terdapat beberapa modem yang memang diharuskan untuk mendownload aplikasi Mini Mobile Data lebih dahulu.

Beberapa cara di atas bisa Anda pilih salah satu untuk mengecek kuota pada provider Indosat. Anda bisa memilih salah satu cara yang paling mudah dan simple untuk dilakukan. Lantas, bagaimana cara aktivasi kuota saat kuota yang sudah dicek ternyata habis? Jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

Cara Aktivasi Kuota Indosat

Setelah Anda berhasil melakukan salah satu cara cek kuota Indosat di atas, kemudian kuota Anda sudah habis dan masih membutuhkan penggunaannya maka Anda bisa segera melakukan aktivasi kuota Indosat.

Indosat Oredoo sendiri merupakan salah satu provider yang menyediakan banyak opsi untuk kuota internet. Anda bisa memilih aktivasi kuota yang sudah disediakan tersebut.

Anda juga bisa melakukan aktivasi kuota kembali dengan menyesuaikan kebutuhan sendiri. Baik itu kuota bulanan, mingguan, hingga harian. Anda bahkan bisa langsung melakukan pembelian kuota sampai beberapa GB sesuai keinginan.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan kuota untuk keperluan khusus maka Anda bisa memilih aktivasi kuota sesuai keperluan.

Misalnya saja ingin aktivasi kuota dengan menggunakan video, maka Anda bisa memilih aktivasi kota khusus video. Jika ingin mengaktivasi kuota untuk internet dan browser maka pilih aktivasi khusus internet dan browser. Begitu juga dengan aktivasi kuota khusus yang digunakan untuk sosial media.

Nah, di bawah ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk aktivasi kuota tersebut:

Aktivasi kuota menggunakan panggilan

Ada Anda bisa melakukan aktivasi kuota Indosat dengan cara melakukan panggilan ke *123# lalu pilih langkah-langkah sesuai dengan instruksi yang ada.

Aktivasi kuota lewat e-commerce

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pembelian lewat e-commerce. Yakni dengan langsung melakukan pembelian melalui aplikasi e-commerce.

Cara tersebut bisa Anda lakukan untuk menambah kuota. Dengan begitu, kuota Anda yang sudah habis bisa kembali terisi dan kembali digunakan sesuai dengan keperluan. Agar Anda bisa menggunakan kuota dengan lebih hemat, maka jangan lupa untuk menghemat kuota dengan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi MyIM3.

Aplikasi MyIM3 ini bisa Anda download terlebih dahulu di Play Store. Kemudian, langsung saja gunakan fitur yang dapat berfungsi untuk menghemat pemakaian data sehari-harinya. Nama fitur tersebut adalah Data Saving Mode.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan saat Anda menggunakan mode data.

Bagaimana cara menghemat data dengan aplikasi MyIM3 menggunakan fitur Data Saving Mode? Langkah pertama, Anda bisa masuk terlebih dahulu menuju laman profil. Di laman tersebut Anda bisa memilih Data Saving Mode kemudian mengaktifkannya. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk menghemat kuota saat digunakan.

Pada dasarnya, cara untuk mengecek kuota data tidaklah sulit. Anda hanya belum mengetahui saja bagaimana langkah-langkahnya untuk mengecek kuota tersebut.

Pasalnya, setiap provider sendiri memang sudah memiliki cara cek kuota yang berbeda-beda satu sama lain. Kali ini Anda bisa menerapkan beberapa cara cek kuota Indosat yang sudah dijelaskan di atas dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × three =