√ Cara Ganti Password Gmail Mudah di PC dan HP

3 min read

Cara Ganti Password Gmail

Hampir semua orang kini sudah punya akun gmail, namun tidak semuanya tahu cara ganti password gmail dengan mudah.

Hal itu mungkin terjadi karena penempatan setting passwordnya cukup tersembunyi, tapi Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya caranya sangat mudah. Hanya memerlukan koneksi internet yang stabil, dalam waktu beberapa menit saja password Anda akan berhasil diganti.

Cara Ganti Password Gmail Melalui PC

Password pada setiap akun memang sesekali perlu diganti untuk keamanan yang lebih terjamin dan terhindar dari hacker, terutama pada akun Gmail yang biasanya terhubung dengan akun-akun lainnya.

Anda harus pintar-pintar membuat password agar tidak mudah diketahui oleh orang lain, berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengganti password Gmail di laptop atau komputer:

1. Buka Pengaturan Gmail

Cara Ganti Password Gmail

Pertama, Anda harus membuka Gmail melalui website atau langsung di aplikasinya. Jika sudah berhasil masuk ke kotak masuknya, cari tombol settings atau pengaturan yang biasanya terletak di sebelah kanan atas.

2. Klik “Account and Import”

Cara Ganti Password Gmail pc 2

Anda akan masuk ke menu Settings, kemudian klik opsi “Account and Import”  di bagian bahwa setting. Setelah di klik, Anda akan melihat berbagai opsi dibawahnya dan langsung klik “Change Password” atau “Ubah Kata Sandi”. 

3. Verifikasi Password Lama

Cara Ganti Password Gmail

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan password lama, sebagai bukti bahwa Anda punya wewenang untuk mengubah password di akun tersebut. Masukan password dengan benar lalu klik Next untuk melanjutkan langkah berikutnya.

4. Masukan Password Baru

Cara Ganti Password Gmail

Anda bisa langsung memasukan password baru di kolom “New Password” dan harus mengetik ulang password baru tersebut di kolom  “Confirm New Password”.

Pastikan Anda membuat password yang kuat agar tidak mudah diretas, sebaiknya jangan buat password dari tanggal lahir Anda. Buatlah gabungan dari huruf kapital, beberapa huruf non kapital, dan angka.

Mengganti Password Gmail Melalui Aplikasi HP

Cara ganti password Gmail melalui aplikasi di hp memang sedikit berbeda dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun tenang saja karena caranya tetap mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, pastikan koneksi internet stabil agar proses ganti password bisa berjalan dengan lancar. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik menu di bagian kiri atas.
  • Lalu pilih “Kelola Akun Google Anda” yang terletak di bagian bawah profil Gmail.

Cara Ganti Password Gmail

 

  • Kemudian Anda akan masuk ke laman yang menginformasikan bahwa Anda bisa mengelola info, aktivitas, dan keamanan. Anda bisa langsung saja klik “Mulai”.
  • Saat masuk ke laman selanjutnya, Anda bisa langsung klik opsi “Menu” yang terletak di bagian pojok kanan bawah.
  • Lalu klik “Keamanan” dan pilih opsi “Sandi” yang disertai keterangan waktu mengenai kapan terakhir akun Anda diubah kata sandinya.

Cara Ganti Password Gmail

  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi akun lama untuk verifikasi, lalu klik “Berikutnya”.
  • Disini Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi baru, dan mengulangnya di kolom bagian bawah.

Cara Ganti Password Gmail

  • Lalu klik “Mulai” sebagai tanda bahwa kata sandi baru berhasil dibuat.
  • Beberapa perangkat hp akan meminta Anda untuk verifikasi kata sandi atau pola hp demi keamanan yang lebih ketat, pastikan Anda memasukan sandi dengan benar.

Mengganti Password Gmail Melalui Website Google

Cara ganti password akun Gmail selanjutnya, yaitu melalui website Google yang bisa Anda akses di beberapa browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan browser lainnya.

Caranya tentu mudah sama seperti cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, asalkan Anda mengetahui password dari perangkat tersebut. Cara ini bisa Anda lakukan di PC maupun hp, berikut langkah-langkahnya:

Cara Ganti Password Gmail

  • Masukan dengan akun Gmail yang akan diubah passwordnya.
  • Pilih “Masuk dan Keamanan” dan klik “Sandi”.

Cara Ganti Password Gmail

  • Masukan password lama pada kolom yang disediakan, lalu klik “Masuk”.
  • Masukan kata sandi baru Anda di kolom atas dan kolom bawah sebagai konfirmasi.

Cara Ganti Password Gmail

  • Klik “ubah sandi” dan Gmail Anda sudah berhasil diubah passwordnya.

Tips Mengamankan Akun Gmail

Akun Gmail memang memiliki pengamanan yang sudah cukup baik, siapapun akan kesulitan untuk mengakses jika tidak mengingat password atau punya akses sinkronisasi ke perangkat lain. Meski begitu, Anda tetap harus melakukan keamanan berlapis seperti melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Sign out akun Gmail dari semua sesi.
  • Pastikan akun Gmail Anda hanya bisa diakses oleh orang-orang terpercaya.
  • Jika sudah aman, selanjutnya aktifkan two-step authentication Anda bisa mendownload aplikasi authenticator melalui App Store atau Google Store, kemudian simpan kode autentikasi dari akun Gmail Anda.

Tips Membuat Password yang Aman untuk Akun Gmail

Membuat password memang gampang-gampang susah, Anda harus membuat kata sandi yang mudah diingat oleh diri sendiri namun jangan sampai orang lain mudah menebaknya.

Tidak jarang orang lupa akan kata sandi yang mereka buat karena terlalu rumit, lalu bagaimana tipsnya agar membuat kata sandi aman dan mudah diingat? Simak caranya di bawah ini:

1. Gunakan Kombinasi Huruf Kecil, Huruf Besar, dan Angka

Mungkin trik ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena setiap akun menyarankan trik ini agar kata sandi Anda semakin kuat keamanannya. Agar lebih aman lagi, sebaiknya Anda menempatkan huruf besar tidak hanya di bagian awal kata saja, tapi juga di bagian tengah atau akhir agar tidak mudah ditebak orang. 

Selain itu penggunaan angka juga akan memperkuat keamanan akun Anda, gunakan angka favorit yang tidak diketahui oleh banyak orang seperti tanggal lahir, tahun lahir, atau tanggal-tanggal penting di hidup Anda. Jangan juga memilih angka 123, karena angka ini paling banyak digunakan orang dan keamanannya tidak terlalu tinggi.

2. Menggunakan 8-10 Karakter

Menggunakan kata dengan 8-10 karakter akan memudahkan Anda untuk mengingat sandi yang pernah dibuat, karena jika terlalu panjang nantinya akan sulit untuk menyusun kata, bisa-bisa Anda memasukan kata yang salah terus menerus hanya karena typo. Jadi, sebaiknya Anda tidak membuat kata sandi yang lebih dari 8-10 kata.

3. Gunakan Kata Sandi yang Mudah Diingat

Jika berbicara kata sandi yang mudah diingat mungkin Anda akan langsung menjawab tanggal lahir, tanggal hari jadi, atau angka yang berurutan seperti 12345. Namun tentunya password tersebut tidak akan cukup aman untuk Anda gunakan.

Anda boleh saja menggunakan kata sandi dari tanggal lahir atau tanggal hari jadi asalkan menggunakan trik di atas, misalnya 12 september 2009 kemudian diubah menjadi SepTember0912, password tersebut akan cukup aman untuk digunakan.

Mengelola akun Gmail memang harus dilakukan secara berkala jika tidak ingin terkena hack, apalagi jika akun Gmail Anda berisi pesan-pesan penting dan terkoneksi ke banyak aplikasi lain.

Maka dari itu, Anda harus menguasai cara ganti password Gmail melalui semua perangkat untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi pada akun Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 12 =