√ Cara Instal Windows 7

3 min read

Cara Instal Windows 7

Sudahkan Anda menguasai cara instal Windows 7? Hampir semua orang menggunakan sistem operasi Windows untuk PC, hanya saja tidak semua dapat mengoperasikan penginstalan sistem operasi ini.

Sebenarnya sangat mudah untuk menginstal Windows di PC, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Biasanya instal ulang Windows diperlukan jika beberapa software kinerjanya sudah lamban.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Instal Windows 7

Meskipun Windows sudah mengeluarkan versi terbarunya, namun tetap saja masih banyak yang memilih untuk menggunakan sistem operasi ini. Mungkin alasannya karena tampilan sederhana dan ringan, sehingga selalu mudah untuk dioperasikan. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum Anda menginstal Windows 7:

Siapkan DVD Windows 7

Sebelum melakukan instal Windows 7 di PC, Anda harus memiliki DVD ROM asli dari Windows 7. Namun jika belum memilikinya, Anda juga bisa menggunakan flashdisk yang sudah terisi dengan software Windows 7.

Ruang kosong yang diperlukan di flashdisk yaitu sekitar 4GB, penginstalan melalui flashdisk biasanya dapat dilakukan di netbook yang tidak memiliki DVD drive. 

Setting BIOS

Komputer atau laptop biasanya melakukan booting melalui HDD, maka dari itu Anda harus melakukan setting agar booting pertama kali bisa langsung dilakukan melalui CD/DVD.  Berikut ini cara-caranya:

  • Hidupkan PC lalu tekan tombol DEL (delete), biasanya cara yang paling umum adalah dengan menekan DEL, F1, F2, atau Fn+F2 tergantung pada manufacturer/motherboard yang PC Anda gunakan.
  • Setelah itu akan muncul tampilan BIOS, Anda harus masuk ke tab Boot dengan menggunakan tombol .

Cara Instal Windows 7

  • Kemudian Anda akan melihat tulisan HDD (Hard Driver) di urutan pertama pada device, sehingga PC akan
  • melakukan booting pada HDD tersebut.
  • Anda harus menggantinya agar CD/DVD berada pada urutan pertama, caranya klik CD-ROM Drive dan geser menggunakan tombol +/- hingga berada di urutan pertama.
  • Jangan lupa masukan DVD Windows 7 pada DVD ROM, lalu tekan F10 agar hasil setting tersimpan sekaligus keluar dari menu BIOS tadi.

Backup Data

Anda tentu tidak ingin data-data di PC hilang setelah install berhasil dilakukan bukan? Maka dari itu jangan lupa untuk melakukan backup data yang ada di local disk C seperti dokumen, musik, foto, video, dan lain-lain. Pastikan tidak ada data yang tertinggal agar tidak hilang saat penginstalan dilakukan.

Pastikan Baterai Laptop Full

Jika Anda melakukan instal Windows 7 di Laptop, sebaiknya pastikan chargernya selalu terpasang agar tidak ada kendala lowbat saat proses instalasi dilakukan. Namun jika melakukannya di komputer, Anda tidak perlu terlalu khawatir hanya saja pastikan koneksi listrik terus stabil agar komputer tidak mati di tengah proses instal.

Cara Instal Windows 7 dengan CD/DVD

Jika Anda sudah melakukan setting BIOS dengan lancar, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan instal pada PC. Cara instal Windows 7 sebenarnya tidak sulit, Anda tinggal mengikuti beberapa langkah mudah di bawah ini:

  • Pertama, Anda bisa menekan tombol mana saja sebagai tanda bahwa PC siap untuk di instal.
  • Anda bisa memilih Indonesian (Indonesia) untuk mengisi Time and currency format. Sedangkan pada

Cara Instal Windows 7

  • Language to install dan Keyboard or input method Anda bisa membiarkannya sesuai default. Kemudian klik Next.
  • Kemudian klik install now untuk memulai instalasi Windows 7 di PC Anda.

Cara Instal Windows 7

  • Centang I accepted the license terms agar proses instalasi bisa berlanjut.
  • Anda bisa memilih Custom (advanced) pada opsi selanjutnya.

Cara Instal Windows 7

  • Jika Anda tidak ingin ada dat-data yang hilang saat proses penginstalan berlangsung, cukup klik delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved. Otomatis dua partisi yang di klik tadi akan masuk ke unallocated system.

Cara Instal Windows 7

  • Partisi baru akan otomatis dibuat, dan jadikan Disk 0 Partition 2 tadi sebagai tempat instalasi windows 7, kemudian klik Next.
  • Selanjutnya Anda harus mempartisi ruang Harddisk dengan menekan Drive options (advanced) > New, lalu sesuaikan ukurannya berapa MB dan tekan Apply jika sudah selesai.

Cara Instal Windows 7

  • Kemudian tekan OK sebagai tanda selesainya pembuatan sistem file windows.
  • Silahkan membuat 2 partisi atau lebih, seperti cara di nomor 7 tadi dengan menekan opsi New yang ada di bagian bawah.
  • Kemudian pilih Disk 0 Partition 2 sebagai tempat untuk install windows 7. Sebenarnya Anda bisa memilih file mana saja, tapi kali ini kita pilih partisi tersebut sebagai contoh.

Cara Instal Windows 7

  • Instalasi Windows 7 dimulai, setidaknya perlu waktu 20 menit dan selama proses berlangsung PC akan melakukan restart/reboot beberapa kali dengan sendirinya.
  • Ingat! Jangan tekan tombol apapun selama proses berlangsung, karena hal ini akan membuat Anda harus mengulangi semua proses dari awal.

Lakukan Setting pada Komputer

Jika Anda sudah mengerti cara instal windows 7 dan proses instalasi sudah berhasil dilakukan, selanjutnya Anda harus memberi nama pada komputer sesuai dengan apa yang diinginkan, juga melakukan setting lainnya agar sesuai. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada menu Set Up Windows, Anda diharuskan untuk memasukan nama komputer sesuai dengan yang diinginkan, lalu tekan next.

Cara Instal Windows 7

  • Selanjutnya Anda harus membuat password untuk akun Windows, buatlah password dengan gabungan huruf dan angka agar semakin kuat. 

Cara Instal Windows 7

  • Lalu Anda akan diarahkan untuk memasukan product key Windows 7, Anda bisa skip jika tidak memilikinya. Namun jika di skip, Anda hanya bisa menggunakan Windows 7 resmi selama 30 hari saja.
  • Kemudian di bagian Windows Update Anda bisa memilih ask me later, namun jika Windows yang Anda gunakan original sebaiknya pilih Recommended Setting.

Cara Instal Windows 7

 

  • Untuk setting zona waktu otomatis, Anda bisa memilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

Cara Instal Windows 7

  • Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan lokasi jaringan, Anda bisa memilih Public Network.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan password yang sudah dibuat tadi untuk bisa masuk ke layar dekstop.
  • Proses instalasi dan setting selesai, Anda bisa langsung menggunakan PC untuk kegiatan apapun.

Melakukan instal Windows 7 melalui CD/DVD dan flashdisk sebenarnya sama, hanya saja beberapa orang menganggap bahwa instalasi melalui flashdisk lebih cepat dan terjangkau harganya dibanding menggunakan CD/DVD.

Proses cepat atau lambatnya instalasi sebenarnya tergantung pada kemampuan PC masing-masing. Windows 7 tidak akan terlalu banyak memakan ruang di memori, juga kini harganya sudah cukup terjangkau oleh semua kalangan.

Langkah dan cara instal Windows 7 yang sudah dijelaskan diatas, bisa Anda terapkan untuk penginstalan melalui CD/DVD juga flashdisk karena proses keduanya tidak terlalu berbeda. P

roses instal Windows masih termasuk mudah dan sederhana karena bobotnya ringan, sehingga diinstal di PC manapun prosesnya tidak akan memakan waktu terlalu lama. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Windows 7 masih banyak digemari meskipun sudah termasuk OS jadul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 10 =