Cara Masuk Safe Mode Di Windows 10

cara masuk safe mode di windows 10 terbaru

Cara Masuk Safe Mode Di Windows 10 – Ketika laptop atau komputer kamu mengalami kendala terutama jika kamu menggunakan windows 10, Safe Mode ini sangat diperlukan untuk melakukan troubleshooting. Untuk masuk ke Safe Mode di windows 10 ini masih banyak sekali yang belum mengetahuinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke safe mode di windows 10.

Baca Juga : Cara Download Windows 10

Cara yang akan saya berikan kepada kalian ini, bisa digunakan pada jenis laptop seperti Lenovo, asus, Hp, Dell, dan masih banyak yang lainnya. Untuk kalian yang masih bingung apa fungsi menggunakan Safe Mode, kamu bisa baca terlebih dahulu di bawah ini tentang Fungsi utama menggunakan safe mode pada windows.

Fungsi Safe Mode

Safe Mode adalah mode atau cara aman yang biasa digunakan oleh para pengguna windows untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem komputer. Mode ini bertujuan untuk menangani masalah yang terjadi dengan mode yang aman.

Baca Juga : Cara Merubah File PDF ke Word

Ada beberapa fungsi safe mode yang perlu kalian semua ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mendeteksi Kerusakan
    Fungsi pertama dari Safe Mode ini adalah mendeteksi kerusakan yang ada pada komputer atau Laptop. Karena tidak jarang kesalahan yang ada pada sistem tidak bisa ditemukan oleh pengguna. Hal ini tentu membuat penggunanya merasa bingung untuk bisa memperbaikinya. Kerusakan itu sendiri biasanya berasal dari sistem, aplikasi yang terinstall, atau sumber yang lainnya.
  2. Menghapus Virus Atau Malware
    Tidak hanya bisa mendeteksi kerusakan pada komputer saja, namun menggunakan safe mode ini juga bisa menghapus sebuah virus atau malware yang ada di windows ini. Biasanya virus ini tidak bisa berjalan dalam mode aman atau safe mode ini, walaupun sudah dilengkapi dengan anti virus, tetap saja tidak menutup kemungkinan komputer yang kamu gunakan dapat terserang.
  3. Melakukan Sistem Restore
    Ada fungsi lain yang bisa kamu lakukan menggunakan safe mode pada windows ini, salah satunya adalah menggunakan sistem restore. Walaupun sistem restore ini bisa berjalan di mode biasa, namun cara tersebut tidak cukup aman untuk melakukan sistem restore. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan safe mode pada windows jika ingin melakukan safe mode.

Itulah beberapa fungsi yang perlu kalian ketahui jika kamu menggunakan safe mode pada windows. Untuk masuk ke safe mode itu sendiri, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Masuk Safe Mode

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk ke safe mode pada windows 10, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan Tombol F8

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk ke safe mode pada windows 10 adalah menggunakan F8. Kamu bisa tekan tombol F8 pada keyboard di saat windows kamu melakukan Booting.

Jika sudah, kamu akan mendapatkan beberapa opsi atau pilihan. Kemudian, kamu bisa pilih Windows Advanced Option dan disana akan mendapatkan 3 menu safe mode seperti Safe Mode, Safe Mode With Networking, Dan juga Safe Mode with Command Prompt. Pengguna bisa memilih salah satu mode yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Menggunakan MsConfig

Langkah kedua yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan MsConfig, cara kedua ini berbeda dengan cara yang sebelumnya. Kamu bisa melakukan cara yang kedua ini ketika komputer atau laptopmu dengan keadaan yang normal. Kamu bisa pilih safe mode pada bagian Boot, dan cara kedua ini tidak safe mode secara otomatis. Melainkan kamu harus merestart terlebih dahulu agar bisa masuk ke safe mode di windows 10.

Menggunakan Tombol F4

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan juga pada komputer atau laptop yang normal. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada windows 10 saja. Pengguna bisa masuk safe mode melalui advance startup untuk memilih Startup Setting dan juga masuk ke safe mode. Kemudian jika sudah, kamu bisa restart terlebih dahulu laptop kamu dan bisa tekan tombol f4 ketika booting untuk bisa masuk ke Safe Mode.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa masuk ke safe mode pada windows 10. Ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan safe mode ini, salah satunya yaitu bisa membersihkan virus atau malwaer yang ada di laptop kalian.

Jadi, jika hanya mengandalkan anti virus saja tidak menutup kemungkinan laptop kamu bisa terinfeksi dengan virus yang membuat lambat kinerja laptopmu.

Demikianlah artikel yang saya sampaikan tentang cara masuk safe mode pada windows 10, semoga artikel yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.