Cara Membuat Bootable Windows

cara membuat vootable windows 10

Cara membuat Bootable Windows – Apa yang kamu lakukan jika berada di depan PC atau Laptop ? Menyelesaikan pekerjaan, mengetik, bermain game atau hal hal yang lainnya ? Apapaun yang kamu lakukan didepan laptop atau pc sekarang semuanya tetap saja. Semua komputer atau laptop bisa digunakan secara benar jika sudah terpasang sistem operasi.

Baca Juga : Cara Download Windows 10

Ada berbagai macam sistem operasi yang bisa kamu gunakan di laptop atau pc kamu, seperti windows, linux, MacOs dan masih banyak yang lainnya. Namun yang sangat familiar dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang adalah Windows.

Kenapa kok menggunakan windows ? Karena selain mudah digunakan, banyak aplikasi aplikasi yang bisa kamu install di windows ini. Namun untuk memasang sistem operasi di Pc atau Laptop, kamu membutuhkan sebuah installer.

Dulu, jika kita ingin menginstal sebuah laptop atau pc. Kita membutuhkan CD/DVD untuk membuat file installernya. Namun, karena keterbatasan size yang ada pada di CD dan DVD ini, seringkali kita membutuhkan lebih dari satu keping CD/DVD.

Baca Juga : Cara Mempercepat Download IDM

Seiring perkembangan teknologi saat ini, untuk membuat file installer sudah tidak memerlukan CD/DVD lagi. Kamu bisa menggunakan Flashdsik untuk membuat file installer atau yang biasa kita sebut dengan Bootable. Untuk membuat bootable windows ini, kita memerlukan aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca beberapa ulasan berikut ini :

2 Cara Membuat Bootable Windows

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat bootable windows, diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Bootbale Windows Dengan Rufus

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat bootable adalah Rufus. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di situs resmi rufus. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah, untuk kamu yang penasaran kamu bisa baca tutorialnya di bawah ini :

  1. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki ISO Windows dan Flashdisk dengan minimal penyimpanan 4GB
  2. Jika sudah disiapkan, kamu bisa download aplikasi pembuatan bootable windows yang bernama Rufus. Kamu bisa download rufus di sini : https://rufus.ie/
  3. Jika sudah selesai di download, kamu bisa buka aplikasi tersebut. Maka secara otomatis flashdisk kamu akan terdeteksi pada aplikasi rufus tersebut.
  4. Kemudian, kamu bisa pilih Icon CD/DVD pada bagian yang saya tunjuk di bawah ini.
  5. Kemudian kamu bisa pilih ISO Windows yang sudah disiapkan.
  6. Jika sudah semua, kamu bisa pilih Start untuk memulai membuat Bootable Windows.

Cara yang satu ini sangat mudah untuk digunakan dan juga ukuran aplikasi yang sangat kecil yakni kurang dari 2Mb saja.

Jika tadi ada aplikasi Rufus, maka ada juga yang namanya WinToUSBFormSetup. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membuat multibootable, maksudnya adalah dalam 1 flashdisk, kamu bisa mengisinya dengan 2 sampai 3 installer windows bahkan linux.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti langkah langkahnya berikut ini :

Cara Membuat Bootable Windows Dengan WinToUSBFormSetup

Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudah dengan aplikasi yang pertama. Aplikasi berikut ini sudah banyak sekali yang menggunakannya termasuk saya sendiri untuk membuat flashdisk khusus bootable.

  1. Pertama, kamu bisa download aplikasinya tersebut di : https://www.easyuefi.com/wintousb/
  2. Jika kamu sudah berhasil mendownloadnya, kamu bisa langsung buka aplikasi tersebut.
  3. Jika aplikasi sudah terbuka, kamu bisa pilih jenis windows yang akan kamu jadikan Bootable. Dalam aplikasi tersebut, kamu bisa memilih mulai dari Windows XP sampai Windows 10.
  4. Jika kamu sudah memilih salah satu jenis windows yang akan kamu buat bootable, lalu kamu bisa pilih ISO Windows yang sudah disiapkan.
  5. Kemudian, jika semua sudah siap kamu bisa klik GO untuk melanjutkan proses pembuatan bootable windows.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Bootable windows dengan mudah. Aplikasi diatas merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi yang digunakan untuk membuat bootable.

Demikianlah artikel yang saya berikan kepada kalian tentang cara membuat bootable windows, semoga artikel yang saya sampaikan kepada kalian bisa bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.