√ Cara Membuat Power Point

1 min read

Cara Membuat Power Point

Dalam dunia ketenagakerjaan maupun pendidikan, salah satu ide atau konsep gagasan umumnya dituangkan melalui Power Point. Bagi beberapa orang mungkin membuat Power Point terbilang cukup mudah dan ringkas.

Namun apabila Anda belum memiliki kemampuan dasar, berikut akan dibahas cara membuat Power Point secara mudah.

Membuat Berkas Power Point

Yang pertama adalah Anda perlu membuat berkas Power Point. Berkas Power Point sendiri akan menghadirkan beberapa template pilihan. Klik template sesuai dengan konsep yang akan Anda susun. Jika memungkinkan, Anda dapat pula melakukan penyuntingan tema sesuai kebutuhan Anda.

Cara Membuat Power Point

Jika sudah selesai pada langkah awal cara membuat Power Point, Anda akan dibawa pada halaman utama layar Power Point. Layar utama tersebut Anda sesuaikan dengan materi yang ada. Jika berkenan, Anda sesuaikan konten Power Point dengan berkas yang telah ada. Misal mulai dari tulisan, gambar, video, dokumen, dan lain sebagainya.

Membuat Halaman Judul

Selanjutnya yakni membuat halaman judul. Pada halaman judul ini, Anda akan dihadapkan dengan cara mengisi tulisan yang perlu untuk dicantumkan. Umumnya pada langkah kedua ini, Anda hanya perlu mengisi tanpa harus mengedit kembali. Jika Anda menginginkan pengeditan, dapat dilakukan terlebih dahulu.

Semisal Anda ingin mengedit di bagian huruf. Sesuaikan konsep font yang cocok dengan Power Point Anda. Terdapat juga pilihan pengeditan warna, jenis tulisan, dan sebagainya. Ada pula penawaran template huruf sebagai salah satu saran bagi Anda jika ingin memaksimalkan tampilan Power Point.

Menambahkan Halaman

Selanjutnya untuk cara membuat Power Point  terdapat bagian menambah halaman. Umumnya penambahan halaman digunakan bagi Anda yang diharuskan membuat banyak proyek dalam satu waktu. Power Point disusun berdasarkan beberapa halaman dan tidak hanya satu. Maka perlu adanya untuk memaksimalkan halaman ini.

Menambah halaman dapat dilakukan dengan cara membuka bagian Insert. Lalu klik bagian new slides. Di bagian new slides akan menampilkan daftar halaman baru yang siap untuk digunakan. Atau untuk cara lebih singkatnya. Anda dapat menyalin dan menempelkan bagian slides Power Point.

Menambahkan Konten

Yang keempat terdapat cara penting berupa penambahan konten. Penambahan konten sendiri terkait dengan file seperti media foto, video, grafik, dan lain-lain. Dari penambahan konten sendiri, Power Point akan terlihat lebih berkelas serta jelas. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan konsep power point yang tersedia.

Cara Membuat Power Point

Semisal jika Power Point Anda tentang pendidikan. Anda tidak perlu terlalu banyak melampirkan tulisan. Cukup tulisan disampaikan dalam presentasi terbuka dan pelafalan pribadi. Perbanyak data pendukung mulai dari survey gambar maupun grafik total, yang akan mengangkat kelas Power Point Anda.

Menambahkan Transisi

Langkah kelima dan cukup unik untuk cara membuat Power Point yakni pada bagian menambahkan transisi. Anda dapat menambah transisi yang telah disediakan oleh Microsoft Power Point agar tidak terlihat monoton. Transisi dapat juga ditentukan melalui per slide ataupun per tulisan yang akan digunakan.

Menguji dan Menyimpan Presentasi

Langkah terakhir yang ada pada cara membuat Power Point yakni menguji serta menyimpan presentasi. Sebelum disimpan, pastikan terlebih dahulu bahwa proyek Anda telah berjalan secara sempurna.

Anda dapat menguji nya di bagian layar presentasi pojok kanan bawah. Setelah dirasa selesai, silahkan simpan proyek tersebut ke dalam perangkat komputer dengan mengklik CTRL + S (Save).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − two =