√ Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula 

1 min read

Ternyata Begini Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula 

Bila Anda awam mengoperasikan perangkat-perangkat yang ada di laptop, terutama excel, Anda tidak perlu takut. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan hingga mahir mengoperasikan program excel. Untuk menjawab kekhawatiran Anda, berikut ini akan dijelaskan cara membuat tabel di excel yang bisa digunakan oleh para pemula untuk belajar. 

Coba Trik Belajar Cara Membuat Tabel di Excel Ini. Dijamin Langsung Bisa!

Ternyata Begini Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula 

Siapa bilang menggunakan program excel itu sulit? Tak ada hal yang sulit jika Anda belum pernah mencobanya. Maka, sebelum Anda mengeluh lebih banyak, coba terapkan cara membuat tabel di excel yang dijamin bikin Anda mahir secara cepat berikut ini!

Memilih Banyak Kolom Data dengan Satu Kali Klik

Memilih banyak kolom data membutuhkan waktu cukup lama. Coba pakai trik ini agar tugas memilih data Anda lebih mudah. Triknya adalah gunakan tombol CTRL + A secara bersamaan, maka data yang Anda maksud akan terpilih secara otomatis. 

Membuka Banyak File Excel dengan Satu Seretan dan Klik

Trik ini bisa digunakan ketika Anda ingin membuka banyak file excel sekaligus. Pilihlah berkas-berkas excel yang Anda inginkan dengan cara menyeret dan meng-klik berkas Anda ke area file yang kosong, lalu tekan ENTER. 

Memindahkan Data dengan Pointer

Lain halnya jika Anda ingin memindahkan data. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pointer. Blok data yang ingin dipindah, lalu arahkan pointer ke tepi tabel. Seret di area yang Anda mau, lalu klik. 

Menghapus Tabel Kosong Secara Instan

Untuk menghapus tabel kosong Anda perlu menggunakan trik yang berbeda, yaitu pilih tabel yang ingin Anda kosongkan. Klik menu DATA, lalu pilih FILTER. Setelah itu, centang menu BLANK dan klik OK. Gampang ‘kan?

Langkah Mudah Cara Membuat Tabel di Excel Buat Pemula

Setelah Anda belajar trik-trik khusus yang ada di program excel, selanjutnya adalah belajar membuat tabel. Rasanya belum lengkap jika Anda belajar excel tapi tidak mencoba cara membuat tabelnya. Jadi, mari belajar cara membuat tabel bersama-sama!

Buka Menu Excel, Lalu Klik Bagian Insert

Ternyata Begini Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula 

Pertama-tama, bukalah menu excel dengan cara meng-klik hingga dua kali. Kemudian, cari menu INSERT dan pilih TABLE untuk membuat tabel baru. 

Masukkan Data-data Anda di Kolom Excel

Setelah tabel terbuka, akan muncul jendela baru. Jika jendela ini muncul, klik OK saja. Kemudian beri tanda centang pada tulisan “My table has headers” yang muncul di jendela baru, lalu klik OK. 

Pilihlah Desain Tabel yang Sesuai dengan Selera Anda

Ternyata Begini Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula 

Jika ingin tabel Anda terlihat lebih menarik, Anda bisa menggonta-ganti desain tabelnya. Silakan klik tab DESAIN di bagian jendela excel, lalu pilih desain tabel yang Anda sukai di bagian TABLE STYLES. 

Gunakan Rumus untuk Menghitung di Excel

Untuk pengoperasian yang lebih sulit seperti untuk menghitung keuangan, membuat pembukuan laporan laba dan rugi, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus Excel. Misalnya, rumus =SUM(D27:E27) untuk menjumlahkan data dari kolom dan baris tersebut.

Selain rumus SUM, ada juga rumus AVERAGE untuk mencari rata-rata, rumus AND untuk mencari nilai benar atau salah, dan sebagainya. 

Itulah beberapa cara membuat tabel di excel, sangat gampang dan mudah bukan? segala sesuatu itu tidak ada yang susah jika kita mau belajar dan berani mencoba.

2 Cara Download Film di Iflix

Cara download film di Iflix ternyata tidak sulit dilakukan. Dengan men-download film dari sana, maka Anda bisa meonton film kesayangan tanpa harus melakukan streaming....
bedul kocie
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − 13 =