3 min read

Cara Membuka HP yang Lupa Polanya dengan Mudah

Biasanya pada saat ingin membuka ponsel yang sudah lama pasti orang-orang akan lupa dengan passwordnya ataupun sandi yang telah dipakai, bisa juga tiba-tiba jadi lupa dengan pola ketika hendak membuka ponsel. Seringkali memang lupa tersebut karena berbagai alasan.

Satu diantaranya adalah buru-buru, sehingga membukanya agak sulit karena polanya pun rumit atau menggunakan nomor-nomor yang susah untuk dihafal. Tentunya Anda memerlukan cara membuka HP yang lupa polanya.

Anda juga tidak perlu panik terlebih dahulu apabila memang sudah tidak bisa membuka HP, karena sudah lupa dengan polanya. Apalagi sampai berencana untuk melakukan reset yang tentunya dapat menghapus seluruh bagian dari data yang ada di ponsel.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara mencari sebanyak-banyaknya informasi yang memang tepat digunakan untuk ponsel tersebut. setiap ponsel memiliki fitur yang berbeda. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Cara Membuka HP yang Lupa Polanya

Cara Membuka HP yang Lupa Polanya dengan Mudah

Pola HP yang dibuat begitu rumit dan memerlukan waktu untuk membukanya tentu saja akan membuat suatu ponsel akan susah untuk dibuka. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir ponsel tersebut tidak akan rusak. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan Google Asisten

Fitur seperti Google asisten bisa digunakan untuk membuka satu ponsel yang terkunci Anda cukup mengucapkan kata ‘OK Google’ dan kunci yang ada pada ponsel terbuka dengan sendirinya. Akan tetapi, fitur yang satu ini hanya bisa dipakai apabila Google asisten pada ponsel memang telah diaktifkan dan Anda juga telah menyetujui fitur dari unlock with voice.

2. Memakai Find My Mobile

Bagi pengguna ponsel tertentu membuka HP yang lupa polanya cukup dengan menggunakan situs yang resmi dari find my Samsung contohnya. Kemudian juga Anda dapat masuk pada menu setting serta security sampai menemukan tulisan dari find my mobile pada.

Apabila sudah menemukannya Anda juga harus login memakai email maupun sandi yang telah digunakan di ponsel. Lalu klik tombol yaitu ‘lock my screen’ kemudian masukkan juga pola serta kata sandi yang baru. Setelah itu konfirmasi supaya Anda dapat menggunakan suatu pola baru yang ada di ponsel.

3. Recovery Mode

Langkah selanjutnya bisa dengan memakai recovery mode. Akan tetapi, resiko pada penggunaannya semua data dari ponsel bisa menghilang secara permanan. Langkah pertama yang dilakukan adalah mematikan ponsel terlebih dahulu dengan menekan tombol pada power serta volume down di dalam waktu yang bersamaan.

Setelah selesai masuk recovery mode pilih pada opsi wipe data ataupun factory reset. Lalu pakai juga tombol volume yang di atas, serta di bawah untuk navigasi dan juga tombol power yang nantinya digunakan sebagai tombol ok.

4. Memakai ADB

Untuk membuka HP yang lainnya juga bisa menggunakan ADB. Pertama-tama Anda hanya perlu menyambungkan ponsel dengan menggunakan komputer ataupun laptop.

Setelah itu masukkan instruksi atau perintah dalam memasukkan pada direktori instalasi ADB setelah itu masukkan juga instruksi ADB Shell rm/data/system/gesture.key kemudian tekan enter. Apabila sudah selesai, cabut ponsel dan lakukan reboot. Lalu layar yang terkunci pada ponsel bisa menghilang sejenak.

5. Safe Mode Reboot Android

Apabila HP milikmu terkunci dikarenakan ulah dari orang lain, maka segera tekan tombol power hingga keluar opsi yaitu power off ataupun restart. Ketika  keduanya sudah muncul lalu tekan tombol power sampai muncul juga opsi reboot safe mode. Kemudian tekan ok maupun yes. Ponsel tersebut akan melakukan reset otomatis dan juga akan masuk menu safe mode.

6. Menggunakan Ponsel Milik Orang Lain

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk membuka ponsel yang lupa polanya bisa dengan menggunakan ponsel milik orang lain. Anda dapat meminjamkan HP tersebut dengan orang yang ada disekitar.

Apabila ponsel sudah berdering angkat panggilan itu pada saat proses panggilan sudah hampir selesai. Lalu tekan tombol pada home supaya Anda bisa memasuki menu utama. Kemudian setelah itu ubah pola HP tersebut serta kata sandi dengan yang memang mudah diingat.

7. Android Device Manager

Apabila anda menggunakan ponsel tipe Android make bisa menggunakan Android device manager untuk membuka ponsel yang lupa polanya. Caranya hanya perlu dengan mempersiapkan HP yang telah terkunci dan juga laptop ataupun komputer yang memang telah terkoneksi dengan menggunakan internet.

Lalu masuk pada situs Android device Manager yang ada di komputer. Jangan lupa juga siapkan akun Gmail yang ada di ponsel. Setelah berhasil, tentunya pilih opsi lock supaya bisa mengubah pola maupun sandi yang diinginkan.

8. Memakai Fitur Forgotten Password

Cara untuk membuka pola ponsel yang terkunci yaitu bisa dengan menggunakan fitur forgotten password. Fitur tersebut akan membuat penggunanya bisa mengganti pola menjadi kata kunci yang baru. Biasanya juga fitur tersebut bisa keluar sendiri.

Apabila terlalu banyak untuk masukan sandi maupun pola angka, ini juga cukup mudah hanya perlu memasukkan Email serta kata sandinya. Maka akan muncul jendela yang baru dalam mengatur ulang suatu pola pada ponsel.

Mewaspadai Kekurangan Fitur Pola Pengaman Ponsel

Cara Membuka HP yang Lupa Polanya dengan Mudah

Kelebihan dalam penggunaan pola untuk mengunci layar ponsel ini yaitu bisa mencegah orang lain mengakses smartphone. Semakin rumit suatu pola maka akan susah untuk orang membobolnya. Akan tetapi, pengamanan yang berupa pola ini juga memiliki kekurangan yang harus diwaspadai sebagai berikut:

  • Bagi Anda yang menggunakan smartphone yang mudah dengan menerima sentuhan jari. Maka orang lain juga bisa mudah untuk membuka pola tersebut yaitu dengan mengurutkan dengan mengikuti jejak yang telah ditinggalkan.
  • Jika memang tetap masih ingin menggunakan pola, ada baiknya membuat suatu pola yang memang sangat rumit. Supaya tidak mudah untuk ditebak. Memang pola yang rumit tersebut agak membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membukanya. Oleh sebab itu, Anda juga perlu mengingat pola tersebut supaya jangan sampai bisa terlupa.
  • Pada saat lupa dengan fitur pola di layar ponsel yang sudah dibuat memang akan sangat sulit untuk membukanya kembali. Maka jalan satu-satunya yaitu membuka pola tersebut dengan berusaha mengingatnya. Jika memang sudah tidak bisa lagi untuk mengingatnya. Hal yang bisa dilakukan adalah memformat ataupun format factory yaitu menekan satu tombol kecil yang memang biasanya ada pada bagian belakang smartphone. Kegiatan seperti format factory ini memang sangat beresiko, karena nantinya akan bisa untuk menghilangkan data yang sudah tersimpan.

Cara membuka HP yang lupa polanya bisa dilakukan dengan melihat tipe ataupun jenis ponsel tersebut. Selain itu juga, buatlah pola yang memang diingat itu bisa dilakukan dengan cara membuat pola yang disukai. Akan tetapi, buatlah pola rumit hal itu akan membantu pengamanan pada smartphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × two =