3 min read

Cara Mengatasi HP Bootlop Dengan Cepat dan Ampuh

Hp bootlop merupakan kondisi di mana Sistem Operasi Android tidak berjalan dengan semestinya. Sistem OS tidak dapat masuk pada sistem perangkat dan membuatnya hanya berada pada layar pertama yang menampilkan logo smartphone.

Jika sudah smartphone sudah di muat ulang tapi tetap sama saja berarti smartphone sudah benar-benar mengalami bootlop. Berikut cara mengatasi HP bootlop dengan mudah. 

Cara Mengatasi HP Bootlop

Jika Anda mengalami bootlop jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda terapkan. Caranya sangat mudah dan bisa langsung di praktikkan. Kejadian bootlop memang bisa menimpa siapa saja dan tentunya didasari oleh berbagai hal yang mungkin Anda tidak menyadarinya. Jangan panik ketika smartphone terkena bootlop karena ada banyak cara untuk mengatasinya. 

Mengatasi smartphone yang terkena bootlop sendiri dibedakkan menjadi dua tergantung dari jenis bootlopnya. Jenis bootlop ada dua yaitu Light Bootlop dan Hard Bootlop. Keduanya punya penyebab dan cara penanganan yang beda. Langsung saja simak cara mengatasi smartphone yang bootlop di bawah ini. 

1. Light Bootlop

Light Bootlop sendiri merupakan kejadian bootlop yang belum terlalu parah. Maksudnya kejadian ini masih bisa diatasi dengan cara yang lebih sederhana dibandingkan Hard Bootlop. Penyebab terjadinya Light Bootlop sendiri juga biasanya sederhana. Jadi sebelum Anda melalukan cara mengatasi bootlop kenali jenisnya terlebih dahulu. 

  • Cara pertama untuk mengatasi bootlop yang satu ini adalah dengan melakukan restart smartphone.  Anda bisa coba restart smartphone Anda kemudian lihat hasilnya apakah masih bootlop atau tidak. Jika masih bootlop bisa Anda matikan smartphone untuk beberapa saat. Kemudian coba nyalakan lagi biasanya jika bootlop masih ringan cara ini bisa berhasil. 

Cara Mengatasi HP Bootlop Dengan Cepat dan Ampuh

  • Cara kedua jika mengalami Light Bootlop adalah dengan mematikkan smartphone,  mencopot baterai, serta mencopot seluruh atribut seperti SIM card dan SD card. Lalu diamkan smartphone dalam keadaan mati selama mungkin minimal adalah 24 jam. Jika dirasa sudah cukup coba pasang kembali semua atribut dan nyalakan. Khusus untuk cara ini hanya untuk smartphone yang masih menerapkan baterai copot bukan tanam. 

Begitulah cara mengatasi bootlop yang masih ringan. Sangat mudah dan bisa langsung dicoba. Biasanya jika memang smartphone Anda masih bootlop ringan cara di atas bisa langsung berhasil. Namun jika cara di atas belum berhasil dan smartphone masih bootlop maka Anda harus menggunakan cara lain yaitu cara mengatasi Hard Bootlop. 

2. Hard Bootlop

Jika Light Bootlop merupakan bootlop yang masih ringan maka Hard Bootlop adalah kebalikannya. Bootlop tipe ini merupakan yang paling berat dan harus menggunakan cara yang berbeda dengan mengatasi Light Bootlop.

Ada berbagai macam penyebab mengapa smartphone bisa mengalami Hard Bootlop. Jika Anda tidak berhati-hati maka kejadian ini bisa menimpa smartphone Anda. 

  • Cara pertama adalah menggunakan opsi Recovery Mode. Untuk mengakses mode ini Anda harus mematikan smartphone terlebih dahulu. Lalu tekan tombol power + volume down. Cara ini tergantung tipe smartphone karena tiap smartphone memiliki cara tersendiri untuk masuk ke Recovery Mode. Jika sudah masuk pada Recovery Mode pilih opsi Wipe Cache. Maka otomatis smartphone akan restart dan kembali normal.

Cara Mengatasi HP Bootlop Dengan Cepat dan Ampuh

  • Cara kedua adalah adalah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Cara ini akan menghapus semua file dan smartphone kembali ke setelan awal. Caranya adalah masuk ke Recovery Mode lalu pilih opsi Factory Reset dan terakhir pilih Delete All Data. Proses ini memakan waktu yang agak lama jadi tunggu hingga proses selesai. Jika proses sudah selesai maka smartphone akan memuat ulang. 

Cara Mengatasi HP Bootlop Dengan Cepat dan Ampuh

  • Cara ketiga merupakan cara terakhir dan solusi terakhir jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil.  Cara ketiga adalah dengan melakukan Flash ulang. Cara ini membutuhkan banyak perangkat atau tool jadi tidak terlalu di rekomendasikan untuk Anda karena biasanya dengan dua cara sebelumnya bootlop sudah bisa teratasi. 

Penyebab HP Bootlop

Jika Anda sudah tahu cara mengatasi HP bootlop maka Anda juga harus tahu penyebab bootlop itu sendiri.  Jika Anda tahu penyebabnya maka bisa mengantisipasi dan menghindari smartphone mengalami bootlop. Penyebabnya beragam dari mulai penyebab yang ringan dan jarang di perhatikan hingga penyebab yang berat sehingga smartphone mengalami Hard Bootlop. 

1. Menginstal Aplikasi Modifikasi

Penyebab pertama terjadinya bootlop adalah aplikasi modifikasi atau sering juga di sebut Mod. Aplikasi Mod merupakan aplikasi yang sudah dirancang sedemikian rupa dan menjadi aplikasi pihak ketiga. Sistem smartphone kebanyakan tidak akan mengenali aplikasi ini karena terdaftar sebagai aplikasi yang tidak bersumber.

Penting untuk Anda mengatur perizinan aplikasi pada smartphone Anda. Jangan mengizinkan penginstalan aplikasi yang sekiranya sumber tidak jelas. Rawan untuk dapat merusak sistem operasi di smartphone. 

Aplikasi Mod merupakan aplikasi yang berbeda dari aplikasi aslinya.  Jadinya perizinannya juga akan berbeda jika aplikasi itu resmi tapi untuk aplikasi Mod itu ilegal. 

Jadi jika memasang aplikasi itu sangat harus diperhatikan. Untuk amannya download aplikasi melalui Playstore saja yang sudah terbukti aman. Jika Anda mendownload aplikasi dari browser belum tentu aplikasi tersebut aman. Apalagi aplikasi yang Anda download merupakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi Mod. 

2. Custom ROM

Penyebab bootlop lainnya adalah custom ROM. Custom ROM bisa diartikan juga dengan melakukan proses Root. Tidak setiap orang berhasil melakukan proses ini dan berujung pada masalah bootlop bahkan Hard Bootlop. Tidak semua device juga mendukung proses custom

Ini. Banyak yang tidak support sistem custom makanya sistem operasi pada smartphone akan gagal berfungsi dengan baik. 

Jika sistem operasi pada smartphone sudah berhenti berfungsi maka Anda sudah tidak akan mengakses smartphone Anda lagi. Seluruh fitur di smartphone tidak bisa digunakan dan itulah definisi bootlop.

Custom ROM sangat beresiko jika mengalami kegagalan karena mampu merusak sistem di smartphone. Apabila Anda ingin menghindari Hard Bootlop maka disarankan untuk mengotak atik sistem yang ada di smartphone Anda. 

3. RAM Penuh

Ini adalah penyebab yang paling umum terjadi. Jika RAM pada smartphone sudah terlalu penuh maka bootlop bisa terjadi. Jika RAM sudah penuh maka ada beberapa fungsi smartphone yang akan berjalan dengan baik bahkan smartphone bisa menjadi sangat lemot. Jadi jika RAM sudah terlalu penuh lebih baik untuk menghapus beberapa aplikasi. 

Jangan sampai memasang aplikasi terlalu banyak tanpa memikirkan kapasitas RAM dan penyimpanan pada smartphone.  Usahakan penyimpanan dan RAM di smartphone sesuai dengan kapasitasnya jangan dipaksakan terlalu jauh jika tidak ingin mengalami bootlop. 

Bootlop memang sangat menjengkelkan karena smartphone Anda tiba-tiba tidak bisa digunakan. Memang ada cara mengatasi HP bootlop tapi alangkah baiknya untuk menghindari bootlop. Caranya dengan mengantisipasi kemungkinan terjadi bootlop dengan melihat ulasan di atas.

Jangan sampai smartphone Anda mengalami Hard Bootlop karena resikonya benar-benar besar dan bisa merugikan Anda sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 5 =