3 min read

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Apakah Anda punya Hp Xiaomi yang layarnya tidak bisa disentuh? Jika Anda pernah atau baru saja mengalami hal seperti itu jangan panik dan buru-buru ganti LCD Hp Xiaomi Anda. Ada beberapa cara mengatasi Hp Xiaomi tidak bisa disentuh yang bisa Anda gunakan.

Jangan panik karena kerusakan pada layar Anda masih bisa di atasi dengan cara yang sederhana dan mudah untuk diterapkan. 

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Sebelum Anda ganti LCD jika Hp Xiaomi Anda tidak bisa digerakkan, perlu Anda ketahui bahwa ada cara yang bisa dicoba terlebih dahulu. Bisa jadi Anda tidak jadi mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki layar yang tidak bisa disentuh. 

Untuk penyebabnya ada berbagai macam dan jika Anda rasa penyebabnya tidak terlalu parah Anda bisa menggunakan cara di bawah ini yang sangat mudah dan sederhana. 

1. Membersihkan Layar

Apa layar Hp Xiaomi Anda yang semula bisa disentuh tiba-tiba tidak bisa lagi disentuh? Itu besar kemungkinan ada beberapa kotoran atau layar terkena air. Jika Anda mengalami hal ini maka Anda hanya cukup membersihkan layar dari luar dengan menggunakan kain bersih.

Cukup sederhana memang namun bisa berhasil mengembalikan layar. Tidak perlu membongkar layar kemudian membersihkan dalam layar. 

  • Pertama siapkan dulu kain bersih, minyak kayu putih, dan tisu atau kain lain. 
  • Setelah semua bahan siap, Anda bisa matikan smartphone atau kunci layarnya saja. Kemudian mulai tuangkan sedikit minyak kayu putih pada layar dan usap secara menyeluruh ke semua layar.
  • Jika sudah maka bersihkan minyak kayu putih tersebut dengan tisu atau lap kering lainnya. Tunggu hingga benar-benar kering dan coba nyalakan lagi Hp Xiaomi Anda. 
  • Coba tekan pada layar yang sebelumnya tidak berfungsi.  Jika bisa kembali digerakkan maka cara ini berhasil.  

Kemungkinan sebagian layar atau seluruh layar tidak bisa disentuh adalah karena layar kotor. Jadi cara di atas bisa Anda coba jika Hp Xiaomi tidak bisa digerakkan. 

2. Mendinginkan Hp

Biasanya layar tiba-tiba berhenti berfungsi adalah Hp Xiaomi terlalu panas. Maka dari itu Anda harus mendinginkan Hp terlebih dahulu. Biasanya kejadian ini banyak menimpa smartphone yang terlalu lama di pakai untuk game dan berbagai aktivitas yang berat. Menjadikan sistem di Hp Xiaomi bekerja terlalu berlebih dan Hp akan menjadi panas. 

Anda hanya perlu mematikan Hp Xiaomi jika kejadian ini terjadi. Pastikan Anda menunggu hingga Hp Xiaomi benar-benar dingin. Jika masih terasa panas maka jangan hidupkan terlebih dahulu.  Lebih baik lagi jika mematikan Hp untuk waktu yang sedikit lama.

Dengan begitu Hp Xiaomi akan dingin dan dapat bekerja lagi dengan maksimal dan layar yang sebelumnya tidak bisa disentuh menjadi kembali bisa digerakkan.  

3. Gunakan Opsi Recovery Mode 

Cara mengatasi layar Hp Xiaomi yang tidak dapat digerakkan selanjutnya adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Jika layar tiba-tiba berhenti berfungsi saat Anda sedang menggunakan sebuah aplikasi atau mengakses sesuatu yang berat maka itu tandanya RAM Hp Xiaomi Anda penuh. Cara terbaik untuk mengembalikan layar ke fungsi semulanya lagi adalah dengan mengakses Recovery Mode. 

Jika aplikasi terlalu banyak dan penyimpanan sudah sesak maka Anda harus melakukan Reset Factory atau kembali ke setelan pabrik. Ini adalah cara mengembalikan layar Xiaomi yang tidak bisa disentuh. Caranya Anda matikan Hp Xiaomi terlebih dahulu. Jika sudah mati maka Anda tekan power + volume down secara bersamaan. 

Dengan begini Anda akan masuk pada menu Recovery Mode. Setelah masuk pilih saja opsi Reset Factory Mode. Lalu pilih Clear All Data dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika Hp Xiaomi sudah memuat ulang dan masuk lagi ke tampilan awal itu artinya proses berhasil.

Sekarang coba gerakkan layar apakah sudah berfungsi kembali seperti semula. Jika masalahnya adalah data yang menumpuk maka cara ini dijamin berhasil. 

4. Rendam Dalam Beras

Cara mengatasi Hp Xiaomi tidak bisa disentuh  kali ini bisa Anda terapkan jika layar Anda terkena air. Jika layar terkena air maka tidak berfungsi semestinya dan yang paling parah adalah layar tidak bisa disentuh. Jika Anda mengalami maka caranya adalah dengan menggunakan metode memasukkan atau merendam Hp Xiaomi dalam beras. 

Mengapa harus beras? Kadang pertanyaan itu muncul dari banyak orang. Jawabannya sederhana yaitu karena beras adalah media yang mudah menyerap air. Jadi jika Hp Xiaomi terkena air atau kemasukkan air media beras adalah salah satu yang terbaik untuk menghilangkan air yang masuk dalam Hp. Cara yang sederhana dan banyak digunakan oleh banyak orang. 

Caranya adalah dengan mengelap bagian layar dan keseluruhan Hp yang terkena air. Jika dirasa bagian luarnya sudah kering masukkan Hp dalam beras. Pastikan Hp terendam secara keseluruhan.  Nantinya beras akan menyerap sisa air yang masih tersisa di dalam rangka Hp.

Diamkan Hp terendam dalam beras selama seharian. Hal ini untuk memastikan air yang ada dalam Hp sudah benar-benar hilang. 

Jika sudah Anda rendam seharian ambil Hp dan coba nyalakan. Jika berhasil menyala maka tidak ada masalah dengan perangkat dalam Hp. Setelah itu coba gerakkan layar dan coba tekan keseluruhan layar apakah berfungsi secara baik atau tidak. 

Penyebab Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab layar Hp Xiaomi tidak bisa digerakkan. Berikut beberapa penyebab yang bisa Anda antisipasi. 

1. Layar Hp Kotor

Penyebab ini sering terjadi apalagi jika Anda tidak pernah membersihkan layar Hp Xiaomi Anda. Kotoran dan debu yang menumpuk dapat mengganggu fungsi layar sentuh. Dengan begini Anda harus rajin membersihkan layar Hp Xiaomi Anda. Lebih baik mencegah layar tidak berfungsi daripada mengembalikan layar yang tidak bergungsi. 

2. RAM dan Penyimpanan Penuh

Selain mempengaruhi peforma Hp Xiaomi, RAM dan penyimpanan yang penuh dapat membuat layar menjadi tidak berfungsi. Jika ini terjadi biasanya akan terjadi freeze pada layar dan layar menjadi tidak bisa digerakkan. Jika Hp Xiaomi Anda sudah sesak maka hapus beberapa aplikasi dan file yang tidak penting untuk mengurangi beban dari Hp Xiaomi sendiri. 

3. Kemasukkan Air

Penyebab yang satu ini bisa berakibat sangat fatal jika air yang masuk sudah mempengaruhi perangkat yang ada dalam Hp Xiaomi. Selain bisa membuat layar Hp tidak bisa bergerak, air juga bisa membuat Hp mati atau rusak. Jadi hati-hati jangan sampai Hp Xiaomi Anda terkena air dalam jumlah besar. 

Cara mengatasi Hp Xiaomi tidak bisa disentuh memang beragam tergantung dari penyebabnya. Jadi Anda jangan panik jika layar tidak bisa disentuh karena bisa menerapkan cara di atas terlebih dahulu.  Jangan langsung memutuskan untuk mengganti LCD karena tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + eight =