Cara Mengganti Tema Windows 10

Cara Mengganti Tema Windows 10

Cara mengganti tema Windows 10 sebenarnya cukup mudah. Bisa dilakukan lewat Desktop lalu klik kanan, pilih Personalisasi. Selesai!

Namun, masalahnya tidak berhenti sampai di situ. Terkadang kita bingung mau pakai tema yang mana. Sudah coba cari-cari namun tidak ada yang cocok.

Memang sih, kalau soal selera, itu ranahnya sudah berbeda. Tidak ada yang bisa memaksakan.

Namun, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantumu untuk mencari tema mana yang cocok dan bagaimana langkah praktis untuk menerapkannya di Windows 10 milikmu.

Mari kita mulai.

Cara Mengganti Tema Windows 10 Supaya Lebih Sesuai dengan Gayamu

Kami membaginya ke dalam dua metode, yakni menggunakan theme pack bawaan (bisa download di Microsoft Store juga) dan theme custom dari pihak ketiga (di luar Microsoft).

Kedua cara ini tentu punya keunggulannya masing-masing. Silakan kamu pilih mana yang kira-kira cocok dan nyaman. Berikut caranya.

1. Menggunakan Theme Pack Bawaan

Mudahnya, cara ini mengandalkan theme yang sudah disediakan oleh Microsoft. Gratis tanpa dipungut biaya. Meski pada awalnya hanya ada beberapa tema, namun kamu bsia download tambahan temanya melalui Microsoft Store.

Cara mengganti tema Windows 10 menggunakan personalisasi bawaan adalah sebagai berikut.

Langkah 1 – Buka desktop di laptop kamu. Klik kanan di area kosong, lalu pilih Personalise atau Personalisasi.

Langkah 2 – Ada beberapa menu, silakan pilih Themes atau Tema. Di situ akan muncul beberapa tema yang tersedia. Kalau kamu suka, pilih saja. Tapi kalau belum ada yang cocok, silakan lanjut.

Langkah 3 – Cari tulisan Get more themes in Microsoft Store atau Cari tema lainnya di Microsoft Store. Kamu akan di bawa ke halaman baru yang berisi beragam pilihan tema Windows 10.

Langkah 4 – Di halaman Microsoft Store ini, silakan pilih tema yang sesuai dengan gaya kamu dan kamu nyaman dengan itu. Caranya tinggal pilih temanya, lalu klik Get atau Dapatkan.

Langkah 5 – Tunggu beberapa saat untuk mengunduh tema yang kamu pilih. Setelah selesai, silakan kembali ke menu Themes atau Tema. Aktifkan tema yang kamu unduh tadi.

Selesai.

Kini tampilan Windows 10 di laptop kamu sudah berbeda dan punya warna yang sesuai dengan gaya dan pilihanmu.

Kalau ingin melihat-lihat terlebih dulu seperti apa tema Windows 10 yang ada di Microsoft Store, kamu bisa pergi ke di bawah:

Download Tema Windows 10 di Microsoft Store

Di situ sudah tersedia sekitar 290 tema yang telah dikurasi oleh Microsoft Store. Kamu bisa pilih tema mana pun tanpa membayar sepeserpun alias gratis.

Oiya, perlu diingat bahwa memang ada keterbatasan di beberapa pilihan tema. Mungkin saja dari ratusan tema itu, masih belum ada yang cocok denganmu. Wajar saja, karena selera tiap orang berbeda-beda.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa lanjut mengikuti cara mengganti tema Windows 10 versi kedua berikut ini.

2. Menggunakan Theme Custom

Yaps. Opsi yang kedua seringkali menjadi pilihan karena ingin lebih mengubah tampilan Windows 10 secara personal. Sesuai dengan gaya masing-masing, atau bahkan mengubahnya mirip tampilan OS lain? Bisa juga.

Cara kedua ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu bisa pilih tema mana saja yang sesuai. Namun, adakalanya kamu jeli dalam memilihnya. Karena dari segi keamanan, kami belum bisa menjamin 100% aman ya.

Lalu gimana cara mengganti tema Windows 10 menggunakan themes custom? Ikuti langkah-langkahnya di bawah.

Langkah 1 – Laptop kamu harus punya aplikasi UxStyle terlebih dahulu. Ini syarat pertama agar bisa custom tampilan Windows 10. Kamu bisa mendapatkannya di sini:

Download UxStyle untuk Windows 10

Setelah berhasil download, silakan kamu install mengikuti petunjuk yang ada. Lalu, restart laptop kamu.

Langkah 2 – Setelah berhasil di-restart, saatnya mencari tema yang kamu inginkan. Lalu di mana mencarinya? Ada di situs DeviantArt.com.

Di sana ada banyak sekali developer yang sukarela membagikan themes Windows 10 secara gratis. Tampilannya pun keren dan modis.

Kamu bisa mendapatkannya di sini:

Download Tema Windows 10 di DevianArt

Langkah 3 – Silakan ekstrak file tema yang sudah kamu download. Kemudian, copy hasil ekstrak ke direktori tema Windows 10. Letaknya ada di sini:

C:\Windows\Resouces\Themes

Langkah 4 – Silakan install tema lewat Personalisasi. Caranya sama seperti cara satu (menggunakan theme bawaan Microsoft). Yakni, klik kanan pada Desktop > Personalise > Themes > Install.

Selesai.

Kini tampilan di Windows 10 kamu sudah sesuai dengan apa yang kamu suka. Kalau kamu masih bingung mau cari theme yang mana, silakan simak rekomendasinya di bawah.

Bonus: Rekomendasi Tema Windows 10 Terbaik

Ada beberapa pilihan tema yang telah dibagikan di DevianArt / SkinPack / situs sejenis secara gratis. Dan mungkin, tema ini sesuai dengan keinginanmu. Sudah banyak juga yang menggunakan secara global. Cekidot!

1. Ubuntu SkinPack

Tema Linux

Theme ini ada buatmu yang ingin mengubah tampilan Windows 10 mirip dengan Linux. Kamu bisa pakai theme ini. Tampilannya benar-benar persis saat menggunakan OS Linux.

Download Ubuntu SkinPack untuk Windows 10

2. macDock

Tema MacOS

Nah, kalau ini lebih menyerupai tampilan Mac OS. Buatmu yang lebih nyaman menggunakan tampilan clean dari Mac OS, bisa pakai theme macDock ini. Fiturnya juga mirip. Menyediakan ikon app di bawah-tengah tampilan untuk beberapa app yang sering kamu gunakan.

Download macDock untuk Windows 10

3. XP Themes

Tema Windows XP

Siapa yang di sini rindu dengan tampilan Windows jaman dulu? Hehehe. Yaps, Windows XP. Kalau kamu sering main ke warnet, pasti familiar dengan tampilan jadul yang satu ini. Nah, kamu bisa aplikasikan tampilan jadul ini ke Windows 10 kamu menggunakan XP Themes.

Download XP Themes untuk Windows 10

4. Simplify 10

Tema Simplify 10

Giliran buatmu yang suka dengan tampilan simpel, clean, dan tidak ada menu yang neko-neko. Cocok sekali yang sedang gencar menerapkan pola hidup minimalis, bisa dimulai dari tampilan Windows. Nama theme-nya adalah Simplify 10.

Download Simplify 10 untuk Windows 10

5. GreyEve Theme

Tema GreyEve

Terakhir namun bukan yang paling akhir. Tampilan dark yang sedang trendi, namun juga tetap minimalis. Terlihat sangat cool dan baik untuk kesehatan mata. Jadi tak terlalu sering menatap yang terang-terang. Namanya adalah GreyEve Theme. Kamu bisa unduh di Devianart.

Download GreyEve Theme untuk Windows 10

Penutup

Yaps. Cara mengganti tema Windows 10 cukup mudah, bukan? Hal teknis di sini tidak terlalu rumit. Justru, yang rumit adalah memilih tema mana yang cocok. Biasanya makan waktu paling lama. Hehehe

Kami juga tak bisa memberikan banyak rekomendasi. Karena tiap orang punya seleranya masing-masing. Rekomendasi di atas juga kami rangkum dari theme-theme yang memang banyak digunakan.

Baca Juga: Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10

Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantumu meng-kustom tampilan Windows 10 secara lebih personal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.