3 min read

Cara Menggunakan Android TV Box

Seperti yang kita ketahui bahwa Android adalah operating system yang terdapat pada sebuah perangkat mobile. Kini penggunaan Android merambat ke berbagai perangkat, salah satunya pada TV yang bisa digunakan untuk streaming.

Kini, ada alat canggih yang disebut dengan Android TV box yang akan membantu Anda untuk menonton streaming. Cara menggunakan Android TV box ini juga mudah dan lebih praktis.

Android TV box ini pada dasarnya akan mengubah fungsi sebuah televisi menjadi Smart TV, dengan basis Android itu sendiri.

Cara penggunaannya adalah dengan menghubungkan perangkat media player yang ada pada TV box ke TV dengan menggunakan kabel HDMI. Anda juga bisa menggunakan Android TV box yang berupa remote, sehingga akan lebih mudah dioperasikannya.

Apa yang Dimaksud dengan Android TV Box

Cara Menggunakan Android TV Box

Sebelum membahas cara menggunakan Android TV box dengan lengkap, sebaiknya Anda pahami dulu pengertiannya. Jadi, Android TV box atau yang sering kali disebut dengan Android Streaming box merupakan suatu perangkat yang bentuknya kotak. Kemudian ditenagai oleh sistem operasi Android yang pada umumnya disebut dengan platform streaming di TV.

Sehingga Anda bisa menonton streaming TV di sana misalnya menonton Netflix, Youtube, dan sebagainya. Tak hanya untuk streaming saja, tetapi Android TV box ini juga bisa dipakai untuk home server software yang didukung oleh Plex, bermain game yang ada di Android melalui TV, memakai ROM dengan emulator, dan untuk kebutuhan streaming yang lainnya.

Dengan menggunakan Android TV box tersebut maka TV yang Anda miliki di rumah bisa berfungsi ganda juga sebagai smart TV yang sudah built in Android. Biaya pemakaian Android TV box ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga beli smart TV yang sudah built in Android.

Cara Kerja dan Cara Menggunakan Android TV Box

Cara menghubungkan TV dengan Android TV box kurang lebih sama dengan cara menghubungkan TV dengan DVD. Setelah itu dihubungkan pada internet dengan melalui ethernet yang masih menggunakan kabel, atau bisa juga dengan menggunakan Wifi.

Jika Anda sudah memasang Wifi di rumah maka proses pengaturan dan cara menggunakannya pun akan lebih mudah dan cepat.

Setelah internet terhubung dengan Android TV box tersebut, maka Anda bisa memasang beragam aplikasi yang diinginkan dari Android pada TV Anda. Misalnya aplikasi Youtube yang juga bisa Anda gunakan untuk memutar video secara langsung dari sana. Atau digunakan oleh anak-anak untuk menonton konten kesukaan mereka.

Android adalah OS yang bisa digunakan secara gratis dan open source. Pabrikan yang membuat perangkatnya didukung oleh OS yang dapat membuat harga perangkatnya menjadi lebih murah. Cara menggunakan Android TV box ini ternyata sangat mudah, dan bisa membuat Anda streaming melalui TV di rumah saja.

Pertimbangan dalam Membeli Android TV Box

Ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika akan membeli Android TV box, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bagaimana Kesesuaian Aplikasinya

Kesesuaian aplikasi menjadi hal yang paling utama dalam menggunakan perangkat Android TV tersebut. TV Anda harus bisa menjalankan beragam aplikasi yang dipasang dengan Android TV box dan bisa berjalan dengan lancar. 

Aplikasi streaming biasanya memiliki kompabilitas yang tidak sama, sama halnya dengan game. Maka gunakan perangkat TV box yang mampu menjalankan segala macam aplikasi atau game dengan lancar.

2. Cara Pemasangannya

Jika dilihat dari pemasangannya, Android TV box ini memiliki cara pemasangan serta pengaturan awal yang tingkatannya berbeda-beda. Maka pertimbangkan seberapa besar upaya Anda dalam memasang Android TV box. Sama halnya dengan mengurus pengaturan yang lainnya di sana supaya bisa berjalan dengan baik.

Pengaturan ini meliputi kualitas gambar ketika streaming HD, kecepatan pergerakan frame yang ada di grafisnya, kualitas suara, dan sebagainya yang dapat diatur dengan cara manual. Inilah yang harus menjadi pertimbangan karena setiap merk Android TV box tidak sama.

3. Prosesor

Elemen penting dari sebuah perangkat yang penting disebut dengan prosesor, jenis apapun dan begitupun dengan Android TV box tersebut. Ada jenis prosesor yang kuat tapi energinya cenderung boros, dan ada juga yang energinya lebih hemat tetapi memiliki performa yang lemah atau kurang kuat.

Anda bisa mempelajari jenis prosesor yang ada seperti Tegra X1, ARM big. LITTLE, dan DynamIQ. Ketiga prosesor tersebut memiliki spesifikasi yang tentunya tidak sama.

Secara umum Tegra X1 dipakai oleh Nintendo Switch serta Nvidia Shield TV. Sedangkan DynamIQ akan memungkinkan konfigurasi pada big.LITTLE yang memakai 8 buah core CPU di satu cluster komputasi.

Kelebihan dari Android TV Box

Cara Menggunakan Android TV Box

Ada banyak kemudahan dari perangkat Android TV box dalam menjalankan berbagai fungsi di dalamnya. Berikut ini keunggulan/kelebihan dari Android TV box:

  • Dalam hal pemakaian storage Anda juga bisa menambahkan jumlah HDD external yang tak hanya micro SD-nya saja. Maka kapasitas penyimpanannya bisa lebih besar dari Android.
  • Bisa juga membuat HDD external dan diubah menjadi HDD wireless dengan menambah aplikasi lainnya secara khusus, yang akan mudah diakses dengan perangkat yang lainnya.
  • Anda juga dapat menonton streaming film yang lebih nyaman dan juga lebih lama karena desainnya memang dibuat sama dengan jenis TV digital yang lainnya. Akan lebih seru jika menonton streaming live dengan teman-teman Anda.
  • Bisa mengganti TP link karena terdapat RJ 45 atau port LAN yang terhubung langsung dengan internet. Sehingga bisa diperoleh akses yang terhubung langsung dengan internet dengan lebih leluasa.
  • Dapat menggunakan proyektor yang diinput oleh HDMII supaya tampilan di layarnya pun menjadi jauh lebih besar, tetapi harus ditambah dengan menggunakan speaker supaya bisa memberi pengalaman dan kenyamanan yang optimal ketika Anda bermain game atau menonton film.
  • Tidak memerlukan baterai dalam pemakaiannya karena sudah ada adaptor yang terdapat pada power supply. Untuk itu, ketika main game dan menonton film bisa dilakukan dalam waktu yang lama tanpa harus mengisi baterai seperti pada HP.

Namun dibalik kelebihannya, ada pula kekurangan atau kelemahan dari Android TV box tersebut seperti berikut:

  • Ada banyak merk dari tipe Android TV box yang dapat dipakai tapi belum banyak dikenal orang banyak seperti halnya pada Smartphone. Maka untuk menemukan tipe/merk yang kualitasnya baik Anda harus mencari review dari merk-merk yang ada. Hal ini akan sangat merepotkan karena Anda tentu memerlukan informasi dengan cepat saat akan membeli Android TV box.
  • Dalam proses mengaplikasikannya Anda harus memakai layar TV yang ukurannya lebih besar dan Anda harus membiasakan diri dengan hal itu.

Dengan cara menggunakan Android TV box yang mudah dan praktis tersebut, maka Anda bisa menggunakan Android TV box di rumah supaya bisa menggunakan Smart TV.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − 7 =