Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah

';

Informasi tentang bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus mungkin dibutuhkan oleh anda yang sekarang ini ingin melakukannya. Di Android sendiri aplikasi dibagi berdasarkan penginstalannya. Ada aplikasi bawaan pabrik dan juga aplikasi yang diunduh.

Baik aplikasi bawaan maupun bukan, kerap kali menghadapi salah satu masalahnya yaitu tidak bisa di uninstall. Cara menghapus aplikasi tersebut pada handphone dan komputer tentu saja berbeda. Terutama di handphone Android, kerap kali kesulitan menghapusnya. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di handphone Android. Alasannya, jenis sistem operasi ini adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Jika anda ingin lebih lanjut mengetahuinya, bisa terus membaca artikel ini. 

Kegunaan Hapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Ada beberapa manfaat saat Anda menghapus sejumlah aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut, antara lain berikut:

  • Membuat kapasitas memori lebih lega. Saat menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan, maka kapasitas memori internal anda akan lebih leluasa. Dampaknya, kinerja handphone akan lebih cepat.
  • Bisa menginstal lebih banyak aplikasi. Saat memori internal handphone lebih lagi, Anda dapat lebih leluasa juga untuk menginstal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jadi, akan lebih produktif untuk memastikan aplikasi yang dipasang memang benar-benar digunakan.
  • Handphone tidak cepat panas. Karena kinerja yang lebih stabil, handphone anda tidak cepat panas. Selanjutnya, penggunaan baterai akan lebih hemat.
  • Bisa menyimpan lebih banyak file. Selain dapat menginstal lebih banyak aplikasi, dengan memori yang lebih leluasa tentu berbagai file akan bisa disimpan. Mulai dari file gambar, video, atau musik bisa dimasukkan ke memori handphone dan memaksimalkan kapasitasnya. 
  • Terhindar dari hang atau lag. Saat Anda bermain game di handphone yang memorinya lega, maka akan lebih lancar dan terhindar dari patah-patah atau lag yang bisa mengganggu permainan. 

Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Dapat Dihapus

Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Langkah berikut ini dapat anda terapkan dan coba di handphone masing-masing, berikut ulasannya ;

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone

Saat anda mencari bagaimana cara menghapus aplikasi Android yang tidak dapat dihapus, pada prinsipnya adalah mencoba menghapus aplikasi bawaan. Memang, banyak sekali orang yang menghadapi kendala ini. Lalu, mengapa aplikasi bawaan Android perlu dihapus?

Alasan pertama adalah aplikasi ini cukup memenuhi ruang internal serta kinerja RAM. Sehingga, Anda bisa kekurangan tempat untuk menginstal lebih banyak aplikasi. Jadi, untuk membuat anda lebih bisa menikmati banyak layanan aplikasi, maka ruang perlu lebih lega lagi. 

Untuk melakukan hal ini, anda memerlukan aplikasi penghapus bawaan tanpa root. Panduan langkah-langkahnya akan kami jelaskan sebagai berikut:

  • Mematikan Administrator Perangkat

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara ini dilakukan ketika ingin menghapus aplikasi tambahan dari Playstore, namun tidak bisa dihapus. Cara kerjanya adalah masuk ke menu pengaturan dan selanjutnya pilih keamanan dan privasi. Selanjutnya, pilih administrator perangkat dan masuk ke pengaturan. Pilih aplikasi manakah yang akan dihapus.

  • Menggunakan Aplikasi Bantuan Tambahan

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan menggunakan aplikasi tambahan, menjadi salah satu cara yang cukup direkomendasikan ketika ingin menghapusnya.

Contohnya, dengan memakai aplikasi easy uninstaller app uninstall. Caranya dengan masuk ke aplikasi tambahan, selanjutnya pilih beberapa yang ingin dihapus.

  • Melakukan Factory Reset

Untuk menghapus aplikasi yang sulit di uninstall, Salah satu cara terbaik adalah dengan factory reset. Berbagai masalah terutama yang menyangkut software pada handphone karena bisa dikembalikan dengan factory reset ini.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Akan tetapi memang, resikonya handphone anda akan kembali seperti bawaan pabrik dan harus di-backup terlebih dahulu untuk data-data yang penting. 

  • Menonaktifkan Aplikasinya

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Menonaktifkan aplikasi dilakukan supaya tidak muncul di latar belakang atau masuk ke ruang penyimpanan. Selanjutnya, aplikasi juga tidak akan muncul pada tampilan beranda. Untuk melakukannya, masuk ke menu pengaturan, pilih kelola aplikasi, dan cari beberapa aplikasi yang akan dinonaktifkan. 

  • Masuk ke Play store

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus
cara atasi google play tidak bisa mengunduh

Cara terakhir untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, adalah dengan masuk ke Play store selanjutnya klik tautan my Android supaya dapat melihat apa saja aplikasi yang diinstal ke handphone. Berikutnya, Klik tombol tempat sampah kecil di sebelah app, berikutnya bisa konfirmasi dengan cara klik hapus pada pop up.

Menghapus Aplikasi Lewat Factory Reset

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus yabg paling efektif yaitu dengan factory reset. Metode ini adalah mengembalikan handphone anda ke pengaturan semula seperti pertama kali membeli. Langkah ini cukup efektif sekaligus yang paling beresiko, karena semua data Anda di handphone akan terhapus.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk backup data-data penting mulai dari foto, catatan, atau dokumen lainnya. Untuk melakukan factory reset melalui menu pengaturan, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Buka menu pengaturan atau setting di Android kemudian pilih umum.
  • Selanjutnya, pilih reset dan pilih factory data reset.
  • Klik reset device.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus 8

  • Tunggulah layar Android menampilkan icon Android recovery.
  • Tekan tombol daya dan kemudian tekan volume turun.
  • Tunggu sampai ada opsi yes dan Klik tombol daya.
  • Tunggu muncul di layar pilihan reboot.
  • Selanjutnya, pilih reboot system now.
  • Tekan tombol daya untuk melakukan reboot system.
  • Maka, handphone anda akan melakukan factory reset dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Menghapus Aplikasi Android Lewat Root

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus salah satunya juga dapat dilakukan lewat root. Ini merupakan cara uninstall aplikasi supaya memperoleh akses penuh tanpa dibatasi oleh ketentuan di sistem Android. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Download system apps remover. Aplikasi ini dapat anda download di Google Play store untuk semua jenis HP. Baik itu pada kondisi root ataupun tidak. Untuk bisa mengakses semua fiturnya, smartphone Anda harus di root dahulu.
  • Klik izinkan atau grant. Setelah berhasil mendownload, buka aplikasinya dan akan muncul notifikasi SuperSU yang akan meminta akses root. Anda dapat klik izinkan atau grant.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus 8

  • Pilih aplikasi yang dihapus. Langkah berikutnya yaitu pilih aplikasi apa saja yang ingin anda hapus. Anda dapat melakukan penghapusan beberapa aplikasi secara sekaligus.
  • Klik uninstall kemudian yes. Kalau anda sudah yakin akan menghapus beberapa aplikasi, berikutnya dapat klik uninstall dan selanjutnya klik yes.
  • Tunggu hingga proses selesai. Saat proses uninstall berlangsung, tunggulah sampai selesai seluruhnya. Maka, pada beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di uninstall, sekarang sudah terhapus. 

Informasi cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus yang sudah dijelaskan, harapannya akan membantu Anda yang mengalami kendala ini.

Dengan kinerja handphone yang lebih baik anda tentu semakin nyaman menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat! 

 

 

';

Leave a Comment