3 min read

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak

Kerusakan pada suatu ponsel pastinya menjadi hal yang sangat wajar. Pastinya permasalahan tersebut dikarenakan oleh tombol power HP tersebut dalam keadaan rusak. Lalu bagaimanakah cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak?

Meskipun biaya servis dalam permasalahan tersebut tidak seberapa, tetapi Anda juga tentunya tidak ingin terlalu boros kalau hal itu seringkali terjadi. Oleh karena itu, perlu adanya tips maupun trik dalam mengatasi tombol power HP yang rusak

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak Dengan Kondisi Aktif

Perlu diketahui kondisi pada saat tombol power ponsel yang rusak. Pasti ada dua kondisi yaitu dalam keadaan yang masih aktif dan juga bisa untuk dioperasikan. Apabila kondisi HP Anda mengalami hal tersebut, simak cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak ini:

1. Menggunakan Sensor Biometrik

Ponsel Android yang merupakan rilisan terbaru baik itu dari segmen entry level maupun flagship pada masa sekarang ini memang umumnya dilengkapi yaitu dengan sensor biometrik ataupun sidik jari. Selain itu juga ada fitur biometric yang lainnya yaitu seperti face unlock maupun iris scanner.

Supaya bisa menghidupkan ponsel tanpa menggunakan tombol power dan semua produk android, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka pada halaman setting yang ada di ponsel Android.
  • Klik opsi lock screen and password.
  • Ketuk pada jenis dari layar kunci yang diinginkan.

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak

  • Lalu atur pin dan juga kunci layar sesuai dengan keinginan kemudian tekan yang ada pada jendela pop-up setelah muncul.
  • Ikuti terus proses dari penambahan sidik jari yaitu sesuai dengan yang telah ditampilkan.
  • Tambahkan juga sidik jari yang lainnya apabila diperlukan lalu tekan tombol pada down bila sudah selesai.

2. Mengaktifkan Fitur Pada Double Tap To Wake

Anda juga bisa menggunakan fitur seperti double tap to wake yang memang biasanya tersedia pada handphone Android. Nantinya pengguna handphone tersebut hanya perlu mengetik pada layar dua kali dengan keadaan HP yang padam.

Guna menyalakan layar pada saat membuka kunci pada smartphone. Akan tetapi, untuk HP Android yang menggunakan seri lama tentunya tidak memiliki fitur tersebut dan hanya bisa diunduh di aplikasi, berikut cara pemasangannya:

  • Download aplikasi double tap screen on and off di play store.
  • Kemudian aktifkan opsi yaitu double tap screen on dan ketuk pada bagian oke apabila memang sudah muncul peringatan.

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak

  • Ketuk juga bagian aplikasi yaitu screen off guna mematikan layar aktifkan juga device administrator tersebut terlebih dahulu.

3. Menggunakan Tombol Lain Guna Menyalakan Layar

Anda juga dapat memakai tombol lainnya yang digunakan untuk tombol power yaitu satu diantaranya yaitu dengan menggunakan tombol volume up dan down sebelumnya. Pastikan terlebih dahulu Anda bisa untuk membuka layar dalam menggunakan metode dan cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak berikut ini:

  • Instal aplikasi yaitu power button to volume button.
  • Ketuk pada opsi enable/disable volume power supaya icon gear dapat berubah warna.
  • Aktifkan juga opsi boot serta screen off dengan sepenuhnya yaitu menggunakan tombol volume sebagai alternatif tombol power.

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak

  • Start ponsel guna memulai untuk memakainya.
  • Memakai tombol volume atau dan sebagai alternatif dari tombol power lalu tekan turn off screen jika mematikan layar.

4. Menyambungkan dengan Menggunakan Charger Atau Powerbank

Apabila anda tidak ingin ribet, bisa dengan mengisi daya ponsel terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan adaptor charger ataupun power bank. Apabila HP Android masih dalam kondisi aktif, maka layar sentuhnya otomatis akan hidup apabila dihubungkan pada charger.

Lalu Anda tinggal membuka kunci layar yaitu bisa dengan swipe ataupun memasukkan PIN dengan pola maupun geng.

5. Telepon HP Menggunakan Ponsel Lainnya

Perlu diketahui bahwa beberapa kasus tombol power tersebut rusak dan tidak berfungsi penyebabnya adalah bagian luar dari cover tersebut hilang dan hanya menyisakan bagian karetnya saja yang berada di dalam. Apabila Anda menemukan sebuah kondisi tersebut maka gunakan benda seperti sim card ejector ataupun tusuk gigi ataupun alat sejenisnya.

Supaya dapat menekan yaitu pada bagian benjolan tersebut. Pastikan juga bahwa gunakan benda tajam dalam mencolok tombol tersebut. Akan tetapi harus diperhatikan juga bahwa ujung dari persegi tersebut harus tumpul. Jika memang tombol bagian tersebut berfungsi maka seharusnya HP Android dapat hidup kembali.

Tips Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power dalam Kondisi Mati

Apabila kondisi ponsel tersebut dalam keadaan padam atau non aktif apakah masih bisa diperbaiki. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan  cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak yaitu memakai PCi ataupun laptop yang memang sudah terpasang software seperti ADB and fastboot langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Unduh terlebih dahulu software animal ADB and fastboot.
  • Klik lalu tahan tombol pada volume down pada saat HP dalam keadaan padam.
  • Sambungkan ponsel Android tersebut menggunakan komputer yaitu dengan memakai kabel USB.
  • Masukkan instruksi seperti ADB device lalu tekan enter untuk memeriksa perangkat yang memang sudah terhubung.

Cara Menghidupkan HP Yang Tombol Powernya Rusak

  • Masukkan lagi perintah fastboot reboot lalu enter.
  • Apabila melakukan langkah-langkah dengan benar, maka secara otomatis ponsel Android akan bisa restart dengan sendirinya dan akan masuk pada tampilan awal.

Merawat Tombol Power Ponsel Agar Tidak Rusak

Ponsel pada zaman saat ini Tentunya menggunakan fasilitas-fasilitas seperti sidik jari. Oleh karena itu, manfaatkan fitur dari sidik jari supaya bisa menghidupkan layar ponsel. Anda juga  tidak akan perlu khawatir apabila tombol dari HP akan cepat rusak. 

Hal yang bisa dilakukan yaitu apabila tidak ingin tombol power ponsel rusak yaitu gunakan sensor gerak. Apabila saat menggerakkan ponsel yang secara tegak lurus, maka pada layar ponsel tersebut tentunya akan menyala sendirinya.

Fitur lainnya yang bisa digunakan yaitu tekan dua kali pada ada layar yang memang sudah aktif. Caranya yaitu denganmu enable yaitu pada pengaturan apabila tidak bisa digunakan maka gunakanlah aplikasi dari pihak ketiga dan bisa didownload di play store.

Tombol power pada ponsel yang tidak berfungsi dengan baik, biasanya memiliki penyebab. Hal itu bisa terjadi karena massa dari penggunaan ponsel tersebut umumnya memang sudah terlalu lama. Itu yang membuat penggunaannya dan juga fitur-fiturnya melambat sehingga membuatnya mudah untuk rusak.

Selain itu  juga bisa jadi ponsel terkena air ataupun terjatuh sehingga membuat fungsi dari tombol power tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu hindari penyebabnya supaya ponsel bisa awet.

Cara menghidupkan HP yang tombol powernya rusak tanpa biaya bisa saja dilakukan dengan mengikuti tahap demi tahap. Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan sebelum ponsel bisa rusak adalah merawatnya dengan sebaik mungkin.

Anda juga harus memperhatikan penggunaannya, jangan sering menggunakan tombol tersebut, supaya tidak cepat rusak. Selain itu, hindari dari percikkan air ataupun terhempas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine + fifteen =