3 min read

Cara Menyambungkan Speaker Bluetooth di Laptop

Dalam sistem operasi di Windows cara menyambungkan Speaker bluetooth di laptop bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tak hanya sistem operasi Windows saja, tapi bisa juga pada macOS atau Linux. Dalam hal ini prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan ketika Anda menghubungkan perangkat bluetooth yang lainnya.

Caranya yaitu dengan membuat speaker pada bluetooth menjadi discoverable, kemudian scan melalui perangkat yang ada di laptop, dan hubungkan. cara menyambungkan Speaker bluetooth di laptop pada Windows juga bisa dilakukan dengan hanya beberapa klik saja.

Cara Menyambungkan Speaker bluetooth ke laptop

Mari kita bahas lebih lengkap lagi mengenai cara-cara menyambungkan speaker pada bluetooth di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows:

Menghidupkan Speaker di Bluetooth > dengan Masuk ke Pairing Mode

Pertama-tama Anda harus menghidupkan speaker bluetoothnya terlebih dahulu. Biasanya ketika baru pertama kali speaker bluetoothnya dihidupkan maka hal itu dengan cara otomatis, hal itu akan masuk pada mode pairing. Namun untuk setiap produk yang berbeda cara kerjanya juga bisa berbeda.

Misalnya yang ada di speaker bluetooth JBL yang dimana ketika dihidupkan maka akan ada di mode pairing secara otomatis. Indikator LED biasanya sudah terdapat pada speaker bluetooth itu sendiri. Ketika berada di mode pairing maka akan muncul kedap kedip pada indikator LEDnya.

Menghidupkan Bluetooth pada Laptop

Pastikan bahwa bluetooth yang terdapat pada Windows sudah dihidupkan. Apabila belum maka harus dihidupkan dahulu.

Scan Speaker pada Bluetooth

Untuk pengaturan yang bisa Anda lakukan di Windows 10 caranya yaitu bisa dengan masuk ke Setting terlebih dulu, lalu beralih ke Device, masuk ke Bluetooth & other devices, dan klik Add Bluetooth or other devices, tahap akhir masuk ke Bluetooth.

Sedangkan pengaturan pada Windows 8 caranya yaitu Settings > Change PC Settings > Devices > Add a Device. Hampir sama dengan pengaturan di Windows 7 bisa dilakukan dengan cara Start > Devices and Printers > Add a device > Next.

Menghubungkan Speaker Bluetooth pada Laptop

Tunggu sampai Windows sudah selesai melakukan proses scanning dan menemukan speaker pada bluetooth. Kemudian klik satu kali saja yang terdapat nama speaker bluetoothnya untuk melakukan penyambungan.

Speaker Bluetooth Berhasil Disambungkan

Apabila speaker dari bluetooth tersebut sudah disambungkan pada laptop, maka nantinya akan ada notifikasi. Cobalah untuk memutar musik untuk melihat bagaimana hasilnya.

Cara Menyambung Speaker Bluetooth Pada MacOS

Cara menyambungkan Speaker bluetooth di laptop tepatnya pada MacOS ini tidak terlalu sulit dan kurang lebih sama. Anda hanya harus menghidupkan speaker bluetoothnya terlebih dulu, dan pastikan Anda sudah berada di mode pairing atau discoverable kemudian scan pada Mac dan terhubung atau connect.

Untuk lebih detailnya simak beberapa langkah berikut ini:

  • Hidupkan speaker bluetoothnya terlebih dulu, kemudian masuk pada mode pairing.
  • Setelah itu masuk pada System Preferences dan bisa melalui icon yang ada pada cock atau melewati menu di Apple.
  • Lalu pilih Bluetooth.
  • Apabila belum hidup maka hidupkan bluetoothnya dahulu dengan cara menekan tombol Turn Bluetooth On.
  • Tunggu sebentar sampai speaker bluetoothnya sudah terbaca.
  • Apabila nama speaker bluetoothnya telah muncul maka klik lagi Connect untuk melakukan penyambungan.
  • Kini speaker sudah bisa dipakai.

Tips Mengatasi Eror Ketika Menyambungkan Speaker Bluetooth

Ketika Anda menggunakan speaker bluetooth yang ada pada laptop khususnya pada Windows bisa saja Anda menemukan kendala seperti eror misalnya. Maka lakukan beberapa tips sebagai berikut:

Speaker Bluetooth Telah Terhubung Tetapi Tak Ada Suara

Masalah utama yang paling sering muncul pada speaker bluetooth adalah sudah terkoneksi pada laptop, tetapi suaranya masih belum muncul. Penyebabnya bisa saja karena playback device yang terdapat pada Windows, tidak terganti dengan cara otomatis. Maka output suaranya masih akan mengarah pada playback device yang lainnya.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah playback device pada speaker bluetooth. Lihat di taskbar yang posisinya ada di pojok kanan di sana akan ada icon speaker, maka klik di sana satu kali saja lalu klik lagi speaker bluetooth.

res

Misalnya Anda menggunakan jenis speaker bluetooth JBL Flip 4, maka yang nanti akan dipilih adalah JBL Flip 4 sebagai playback device nya. Cara mengganti speaker bluetooth menjadi default playback device bisa dengan cara mengklik kanan pada icon speaker lalu pilih Sounds, dan pilihlah nama speakernya lalu klik lagi Set Default.

Bluetooth pada Windows yang Tak Berfungsi

Bisa saja bluetoothnya tiba-tiba saja berhenti berfungsi pada Windows, karena ada drivernya yang korup, atau bentrok dengan aplikasi lainnya, atau bisa juga karena USB bluetooth adapter yang sudah rusak. Penyebabnya juga bisa karena apa saja.

Speaker Bluetooth yang Tidak Terdeteksi

Apabila speaker bluetooth sudah ada di mode discoverable tapi masih tidak terdeteksi oleh Windows maka Anda harus merestartnya dahulu untuk service bluetooth. Caranya yaitu dengan menekan tombol Windows +R kemudian ketik juga service.msc lalu OK.

Sekarang ke bagian service, nanti di sana akan ada banyak daftar service yang terdapat pada sistem Windows. Setelah itu cari device yang bernama Bluetooth Support Service setelah itu klik satu kali, dan klik lagi Restart.

Speaker Bluetooth yang Tak Dapat Connect pada Laptop

Ketika menyambungkan speaker bluetooth pada laptop, Anda juga bisa mengalami masalah tak dapat connect walaupun speakernya dapat terdeteksi dengan baik. Masalah tersebut biasanya akan disebabkan oleh speaker yang melakukan koneksi pada perangkat lainnya yang pernah terhubung, misalnya pada HP.

Pada saat speaker bluetoothnya hidup maka nantinya akan tersambung pada HP walaupun bluetooth yang ada di HP mati. Apabila bluetooth HP hidup maka speaker bluetoothnya pun akan otomatis connect. Hal ini bisa menyebabkan tak ada sambungan pada laptop.

Lalu cara mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus speaker bluetooth yang berasal dari HP atau dari perangkat yang lainnya, atau bisa dengan mereset bagian speaker bluetoothnya.

Hingga saat ini bluetooth juga masih menjadi suatu sambungan yang biasanya dipakai di Windows 10. Walaupun untuk transfer data dengan tidak menggunakan kabel telah bisa dilakukan melalui cloud, atau melalui aplikasi sharing file melalui wifi. Namun bluetooth juga masih berfungsi untuk menyambungkan perlengkapan lainnya seperti misalnya mouse, headset, keyboard dan juga device yang lainnya.

Masalah yang sering kali muncul pada Windows 10 yang berkaitan dengan bluetooth adalah suara headsetnya yang delay, atau bluetoothnya yang tak berfungsi dan hilang. Namun secara keseluruhan, cara menyambungkan Speaker bluetooth di laptop pada sistem operasi apapun caranya kurang lebih sama. Kalaupun perangkatnya berbeda, biasanya hanya ada perbedaan sedikit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen + 2 =