√ Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

1 min read

Ketahui Bagaimana Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

Saat ingin membuat sebuah presentasi, tentu saja akan kurang lengkap rasanya jika belum menambahkan video. Dengan begitu, sebuah presentasi akan lebih lengkap dan juga menarik untuk disimak. Ketahui dahulu bagaimana cara menyisipkan video di Powerpoint tersebut. Di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Mengapa Video dalam Presentasi Sangat Penting?

Tidak banyak orang yang memanfaatkan video saat mereka membuat presentasi. Padahal, dengan memanfaatkan video selama melakukan presentasi maka akan lebih mudah untuk memicu minat audiens nantinya. Anda hanya perlu memasukkan video ke salah satu slide presentasi di Powerpoint.

Tentu saja kebanyakan orang akan lebih menyukai presentasi yang melibatkan video dibandingkan dengan yang tidak. Nantinya presentasi yang tersisip video tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Baik itu tugas kuliah, strategi pemasaran dan masih banyak lagi.

Dengan menambahkan audio juga akan membuat audiens lebih efektif dalam memahami materi yang ingin disampaikan. Terlebih jika dibandingkan dengan hanya menambahkan tulisan, tabel, mind map, ataupun gambar saja.

Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

Pada dasarnya untuk menyisipkan video ke Microsoft Powerpoint sangatlah mudah. Siapa saja dapat melakukannya meskipun masih tergolong sebagai pemula saat menggunakan aplikasi tersebut. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan tersebut agar presentasi terlihat jauh lebih menarik dibandingkan yang lain:

  • Buka aplikasi Microsoft Powerpoint
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih New Slide
  • Jika sudah silahkan tentukan tipe slide yang seperti apa terlebih dahulu
  • Salah satu contohnya adalah dengan memilih Title and Content

Ketahui Bagaimana Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

  • Selanjutnya pilih icon bergambar video bernama Insert Video
  • Kemudian akan muncul kotak dialog
  • Pilih video yang diinginkan dan tunggu sampai video dapat disisipkan ke slide Powerpoint
  • Lakukan set video agar dapat diputar secara otomatis

Ketahui Bagaimana Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

  • Klik terlebih dahulu video yang sudah ada tersebut
  • Pilih tap Playback pada ribbon Power Point

Ketahui Bagaimana Cara Menyisipkan Video di Powerpoint

  • Temukan menu drop-down dan pilih Automatically
  • Selanjutnya, lakukan pengubahan Powerpoint menjadi tampilan presentasi
  • Tunggu sampai video dapat terputar secara otomatis.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyisipkan Video

Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat menambahkan video tersebut ke dalam slide presentasi. Ada baiknya memilih template yang menarik. 

Agar nantinya setiap audiens merasakan kesan positif. Terlebih saat melihat slide pertama. Kemudian untuk penggunaan video yang dimasukkan ke dalam slide juga akan menggantikan poin-poin penting bagi Anda yang ingin melakukan presentasi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih video yang tidak bertele-tele dan dapat menjelaskan materi yang diinginkan secara detail serta mudah dipahami oleh audiens nantinya. Anda juga perlu menyesuaikan durasi video.

Jangan sampai video tersebut diputar terlalu lama. Jangan juga memutar video dengan terlalu sebentar. Ada baiknya untuk memilih video dengan durasi 30 sampai 60 detik. Akan tetapi sesuaikan juga dengan kebutuhan yang diinginkan.

Sebelum benar-benar menampilkannya kepada audiens, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya kembali agar presentasi dapat berjalan dengan lancar. Kemudian pastikan untuk membawakan presentasi tersebut dengan percaya diri. Jangan sampai grogi karena hanya akan membuat nilai minus dari presentasi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ingin menambahkan video pada slide Powerpoint. Ini merupakan ide yang sangat bagus apabila Anda menginginkan presentasi yang jauh lebih menarik.

Anda bahkan dapat mengatur video tersebut agar dapat diputar dengan sendirinya. Dengan begitu, tidak perlu lagi melakukan klik tambahan saat presentasi dilakukan.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + 5 =