3 min read

Cara Mereset Headset Bluetooth dengan Praktis di Laptop/PC dan HP

Headset bluetooth merupakan aksesoris gadget keluaran terbaru yang hingga saat ini sudah terdapat fitur smart controller, yang fungsinya adalah untuk mengontrol device dan telah terhubung secara remote.

Fitur tersebut akan sangat membantu Anda karena dengan begitu maka Anda bisa mengatur fitur lainnya dan volume dengan lebih leluasa. Tanpa harus menyentuh mouse dan hanya dengan sekali tekan saja. Terlepas dari itu semua, Anda harus tahu apa saja cara mereset headset bluetooth dengan benar.

Fitur smart controller tersebut akan menguntungkan Anda, apalagi jika Anda sedang menonton film atau bermain game. Namun jika digunakan secara terus menerus maka fungsi remotenya akan menjadi macet bahkan tak akan berfungsi sama sekali. Hal itu akan sering terjadi apalagi jika Anda menggunakannya pada sistem operasi Windows.

Tombol volume up dan downnya sering kali tak bisa dipakai untuk mengontrol volume pada Windows tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan mereset bagian sistemnya. Itulah sebabnya Anda juga harus tahu dan mempelajari cara mereset headset bluetooth baik di PC/laptop ataupun HP.

Cara Mereset Headset Bluetooth pada Perangkat HP, PC/Laptop dengan Mudah

Cara Mereset Headset Bluetooth dengan Praktis di Laptop/PC dan HP

Bila Anda membeli headset bluetooth yang kondisinya baru, maka akan ada petunjuk di dalam box yang bisa Anda jadikan petunjuk. Misalnya Anda menggunakan tipe headset bluetooth Vivan BT520. Dengan tiga buah kombinasi yang ada di tombol controller.

Untuk itu, ikuti langkah di bawah ini dalam cara mereset headset bluetooth dengan tepat:

1. Menghidupkan Headset Bluetooth lalu Masuk pada Menu Standby

Cara yang pertama adalah dengan menghidupkan headset bluetoothnya terlebih dulu, kemudian menghubungkannya dengan device Anda. Bisa melalui perangkat PC ataupun HP. Pastikan Anda tidak menghidupkan musik ataupun aplikasi apa saja, supaya headsetnya sedang berada pada mode standby.

2. Menekan Kombinasi Tombol Volume Up, Down, dan Multifungsi dengan Cara Bersamaan

Untuk melakukan reset sistem yang ada di headset bluetoothnya maka Anda harus menekan kombinasi tombol yang meliputi volume up, down, serta multifungsi dalam waktu 4 detik saja secara berbarengan. Pasang juga salah satu speaker headset pada telinga karena akan ada notifikasi suara.

3. Mematikan dan Menghidupkan Headset Bluetooth Lagi

Jika sudah ada notifikasi suara ketika Anda menekan tombol reset maka matikan headset bluetooth tersebut kemudian dihidupkan lagi.

4. Hubungkan Kembali Headset pada Bluetooth dengan Device

Cobalah untuk pairing lagi headset pada device bisa melalui PC ataupun HP. 

5. Memastikan Fitur Smart Controllernya Sudah Berfungsi dengan Baik

Setelah itu cobalah untuk menggunakan fitur smart controller untuk membesarkan/mengecilkan volume yang ada di device. Dan coba kembali apakah sudah berfungsi atau belum.

Cara Mereset Sistem Headset Bluetooth pada Sistem Operasi Windows

Cara Mereset Headset Bluetooth dengan Praktis di Laptop/PC dan HP

Khusus untuk para pengguna sistem operasi Windows, proses resetnya bisa dilakukan tanpa harus menekan beberapa tombol seperti pada cara yang sebelumnya. Anda dapat mengakalinya dengan cara meremove headset yang ada pada sistem, kemudian pairing headset tersebut pada HP, dan pairing kembali pada Windows. Berikut cara-cara lengkapnya:

  • Jadi pertama-tama remove terlebih dulu headset bluetooth yang berasal dari Windows, caranya yaitu masuk dahulu ke Settings > Devices > Bluetooth or other device.
  • Kemudian pilih headset bluetooth dan klik juga Remove Device.
  • Lalu matikan headsetnya dan hidupkan lagi, setelah itu atur headset pada mode pairing dan hubungkan pada HP.
  • Pakai dulu headset bluetooth yang ada pada HP untuk mendengar musik misalnya. Setelah itu barulah meremovenya dari HP.
  • Selanjutnya matikan headset kemudian dihidupkan lagi dan masuk pada mode pairing setelah itu hubungkan pada Windows.
  • Apabila headset bluetoothnya telah terhubung lagi dengan Windows maka seluruh fungsi pada fitur smart controller, akan berjalan normal. Biasanya suara pada headset akan berubah menjadi kecil dan juga putus-putus, maka matikan fitur handsfree telephonya.
  • Setelah fitur tersebut dimatikan maka suara pada headset bluetooth akan bagus kembali. Namun bisa juga hal itu menjadi sebab mengapa smart controllernya menjadi tidak berfungsi. 

Penyebab Suara Headset Bluetooth pada Windows Delay dan Tidak Bagus

Headset bluetooth akan menghasilkan suara yang bagus apabila Anda menggunakan AptX menjadi audio codecnya. Namun audio tersebut harus support pada kedua device tersebut, baik pada PC ataupun headsetnya.

Hampir seluruh perangkat smartphone memang sudah ada support audio codec AptXnya. Dan Anda mempunyai akses untuk mengontrol hal itu. Atau minimal hanya dengan melihat informasinya bahwa audio codec itulah yang digunakan.

Sayangnya, pada Windows 10 tak ada akses untuk mengontrol audio codec mana saja yang digunakan, oleh headset bluetooth. Sehingga ketika suara yang dihasilkan pada headsetnya buruk maka Anda tidak akan menemukan solusi apapun.

Windows 10 juga sudah support AptX tetapi pada saat memakai headset yang memiliki microphone, maka Windows akan mengubah audio profilnya menjadi A2DP dengan cara otomatis. Dan pada saat Anda mengaktifkan microphone maka Windows pun akan mengubah profilnya menjadi HFP atau Hand Free Profile, dengan hasil suara yang sangat jelek.

Lalu, apa yang menyebabkan suara dari headset bluetooth menjadi jelek dan telat saat Anda menggunakan profil HSP? Ketika mic dengan speaker yang ada di headset bluetoothnya aktif, maka data yang ditransfer via bluetooth secara wireless akan menjadi lebih besar. Sedangkan Anda tahu bahwa bandwith bluetooth itu terbatas. Hasil kualitas suranya pun akan menjadi rendah.

Cara Mengatasi Kualitas Suara pada Headset Bluetooth yang Buruk

Cara Mereset Headset Bluetooth dengan Praktis di Laptop/PC dan HP

Setelah menyadari bahwa penyebab suara headset bluetoothnya jelek adalah audio profile HSP yang diset kembali dengan otomatis, maka lakukan langkah berikut ini:

1. Masuk Dahulu pada Control Panel lalu ke Device & Printers

Pertama-tama Anda harus membuka control panelnya dahulu kemudian masuk pada menu Device & Printers. Setelah itu temukan icon headset bluetooth yang terdapat di sana.

2. Masuk pada Properties Device

Setelah headset bluetooth devicenya muncul maka Anda bisa mengklik kanan icon dan pilih saja properties.

3. Mematikan Fungsi Mic

Di jendela properties Anda bisa masuk pada tab service kemudian hapus centang yang terdapat pada Remotely Controllable Device serta Hands-free Telephony dan setelah itu klik OK.

4. Tunggu Sebentar Sampai Servicenya Mati dan Windows pun Mengganti Audio Profilenya Otomatis

Jika Anda sudah mengklik OK maka tunggu sebentar saja, nantinya Windows akan mengubah profile audio secara otomatis yaitu headset bluetoothnya akan berubah menjadi A2DP. Lalu cobalah untuk memutar musik, maka suara dari headset bluetooth Anda akan menjadi bagus. 

Cara mereset headset bluetooth dan cara mengatasi suara pada headset bluetooth di atas sangat mudah dan praktis. Anda bisa mencobanya untuk kenyamanan dalam menggunakan headset bluethooth tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 2 =