Cara Merubah File PDF Ke Word

cara merubah pdf to word di pc

Cara Merubah PDF ke Word – Apakah kamu pernah kebingungan untuk mengisi formulir atau akan mengedit file PDF ? Misalnya saja saat kamu akan mengedit file skripsi yang menggunakan format PDF. Salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah mengubahnya terlebih dahulu dari PDF ke Word, setelah itu kamu bisa melakukan proses editing.

Cara untuk mengubah PDF ke Word ini tidak susah kok, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja file PDF kamu siap untuk diedit. Lalu, apakah diantara kamu sudah tau caranya ?

Jika belum, tenang saja disini saya akan memberikan artikel tentang cara merubah file PDF ke Word tanpa aplikasi tambahan di PC. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberpa ulasan di bawah ini.

Pengertian PDF

Sebelum masuk ke tutorialnya, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang PDF. Apa itu PDF ? PDF adalah salah satu jenis format dokumen atau berkas yang digunakan untuk keperluan digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format PDF ini hanya digunakan untuk pertukaran dokumen digital saja, namun saat ini sudah banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang didalamnya terdiri dari huruf, teks, grafik dan juga citra.

Fungsi PDF

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi dari format PDF ini adalah menyimpan sebuah doumen yang berisi teks, gambar, dan link dengan menggunakan format khusus yang bisa dibuka di PC atau Smartphone yang sudah memiliki aplikasi Adobe Reader dan Foxit Reader.

Bacar Juga : Cara Mempercepat Download Di IDM

PDF atau Portable Document Format ini memiliki format yang fleksibel dan bisa digunakan pada komputer apapun. Berbeda dengan format Doc, Docx pada Microsoft Words, dokumen PDF ini lebih fleksibel dan juga bisa di kunci dan cenderung lebih aman.

Kelebihan Format PDF

Ada beberapa kelebihan menggunakan format PDF, diantaranya adalah sebagai berikut :

Fleksibel

Isi dari file PDF tersebut bersifat tetap dan tidak berubah ketika dibuka menggunakan laptop atau aplikasi PDF apapun. Jadi tidak seperti Ms Word yang mengalami perubahan jika dibuka tidak sesuai dengan versi aplikasi yang berbeda. Misalnya saja, kamu membuat dokumen di Ms Word 2007 jika kamu membuka menggunakan Ms Word 2019 maka akan mengalami perubahan susunan.

Memiliki Fitur Lock

Jika file PDF kamu adalah dokumen rahasia, kamu bisa menggunakan fitur lock yang sudah disediakan oleh adobe reader atau foxit reader, sehingga tidak bisa dibaca sembarangan oleh orang lain.

Bisa Menyimpan Gambar

Tidak hanya bisa membuat teks saja, namun jika menggunakan PDF kamu bisa menyimpan sebuah gambar, foto, maupun grafik dokumen yang memiliki format PDF. Selain itu kamu juga bisa mengkonversi gambar menggunakan PDF yang bisa mengurangis size dan ukuran gambar.

File Berukuran Kecil

PDF adalah format dokumen yang memiliki format ukuran lebih kecil dari pada format yang lainnya. Kalaupun ukurannya besar, kamu bisa melakukan compressing yang bisa mengecilkan ukuran tanpa harus menurunkan kualitas file PDF tersebut.

Jarang Terkena Corrupt

Biasanya jika kamu menggunakan format PDF ini, kamu jarang terkena file error atau corrupt, beda dengan menggunakan format yang lainnya yang lebih cenderung terkena error dan corrupt. Jadi, jika kamu akan menyimpan sebuah dokumen atau file skripsi maka kamu bisa menggunakan format PDF ya.

Kekurangan Format PDF

Jika kita tadi sudah membahas kelebiha format PDF bukan berarti tidak ada kekurangan dari format PDF ini sendiri. Salah satu kekurangan menggunakan format PDF adalah sulit untuk melakukan editing dokumen.

Baca Juga : Cara Membuat Restore Poin Di Windows

Jadi jika kamu ingin melakukan proses editing dokumen, kamu harus merubah file pdf ke word terlebih dahulu. Untuk melakukan proses merubah file PDF ke Word ini, kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi sekalipun di PC.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara merubah file pdf ke word tanpa aplikasi, kamu bisa baca tutorial berikut ini :

Cara Merubah File PDF ke Word di PC

Jika kamu ingin merubah file pdf ke word tanpa aplikasi, kamu bisa menggunakan salah satu website converter yang bisa merubah file pdf ke word. Hal yang harus kamu persiapkan adalah koneksi internet yang stabil agar proses perubahan file pdf ke word lebih cepat.

  • Jika sudah, maka disebelah kiri kamu bisa pilih Select Your File yang mana kamu diminta untuk memilih file PDF yang akan dirubah ke Word.
cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
  • Jika sudah, kamu bisa masukkan Email aktif terlebih dahulu karena nanti hasil Convert PDF ke Word akan dikirim melalui email.
cara merubah pdf ke word terbaru
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih Convert Now untuk melakukan Proses Convert PDF to Word.
  • Jika sudah, maka kamu bisa cek email untuk mendownload File PDF yang sudah di convert tadi.
cara merubah pdf ke word online

Bagaimana sangat mudah bukan ? Jadi, jika kamu ingin mengedit sebuah file PDF kamu tidak perlu bingung lagi. Karena cara yang sudah saya sampaikan di atas sangat efektif dan sering saya gunakan jika ingin merubah file pdf ke word.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian PDF, kelebihan PDF, Kekurangan PDF serta cara merubah file PDF ke Word tanpa aplikasi di PC. Semoga artikel yang saya bagikan kepada teman teman bisa bermannfaat untuk yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.