√ Cara Perkalian Di Excel

1 min read

Cara Perkalian Di Excel

Software pengolah angka, Microsoft Excel ini adalah salah satu software yang telah dikenal oleh banyak orang mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran. Microsoft Excel telah membantu banyak orang untuk menyelesaikan suatu perhitungan yang rumit.

Terdapat banyak rumus dalam Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk perhitungan. Maka tak heran jika Excel selalu identik dengan angka – angka. Tidak sedikit dari pekerja kantoran yang menggunakan cara perkalian di Excel untuk mendapatkan hasil perhitungan, misalnya saja mereka yang bekerja dibidang administrasi. 

Microsoft Excel Berguna Bagi Banyak Kalangan 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan suatu perhitungan, baik penjumlahan, pengurangan, pembagian maupun perkalian dengan cara manual atau sederhana.

Namun seringkali dengan cara sederhana tersebut justru banyak orang yang kebingungan dalam melakukan perhitungan. Selain itu, ada pula beberapa orang melakukan perhitungan dengan menggunakan alat bantu kalkulator. 

Secara  umum, Microsoft Excel sangat membantu beberapa orang dalam banyak hal. Program yang dimiliki oleh Excel tidak hanya membuat tabel, namun juga dapat dilakukan untuk penjumlahan, pembagian, pembagian dan perkalian.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara perkalian di Excel yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Inilah Cara Perkalian Di Excel Yang Dapat Anda Terapkan

Perhitungan perkalian dalam Microsoft Excel sudah banyak dikenal. Pada umumnya rumus perkalian pada Excel menggunakan operator perkalian yang dilambangkan dengan tanda bintang (*) atau dapat juga dilakukan dengan menggunakan fungsi PRODUCT, dan nilai konstanta.

Ketiga cara tersebut dapat menghasilkan keluaran yakni nilai perkalian data yang nantinya akan dimasukkan dalam suatu formula, beberapa cara tersebut diantaranya : 

1. Rumus perkalian Excel dengan menggunakan tanda bintang (*)

Secara umum, tanda bintang digunakan sebagai operator perkalian untuk melakukan perkalian pada nilai numerik atau antar sel. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan data dalam bentuk angka secara langsung maupun dalam bentuk alamat sel. 

Cara Perkalian Di Excel

Contoh kasus yang diberikan pada kesempatan kali ini adalah menghitung pendapatan penjual burger dalam sehari dengan jumlah burger yang terjual setiap harinya 30 burger, harga setiap burger adalah 35 ribu. Penyelesaian dari permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan membuat rumus perkalian dalam sel pendapatan paling atas.

Sebagai contoh, sel teratas dalam data pendapatan adalah D2, maka dapat dituliskan rumus B2*C2 tergantung tabel yang telah dibuat. Namun sebelumnya perlu diperhatikan untuk melakukan autofill pada sel paling atas hingga baris paling akhir tabel. 

2. Rumus perkalian Excel dengan menggunakan rumus PRODUCT 

Cara perkalian di Excel yang digunakan untuk menghitung total dari suatu perkalian disebut range, dan rumus yang diformalisasikan adalah =PRODUK (a:c)

Cara Perkalian Di Excel

Tanda sama dengan pada bagian depan disambung dengan syntax product yang diambil serta range sel a:c merupakan data – data yang dikalikan. 

3. Rumus perkalian melibatkan nilai konstanta 

Dalam kasus – kasus tertentu, anda dapat menghitung perkalian nilai sel tertentu menggunakan nilai pada sel lain yang tetap. Nilai yang tidak berubah dan tetap dapat disebut sebagai konstanta.

Cara Perkalian Di Excel

Namun apabila perhitungan digunakan dengan rumus (*) tentu nilai konstanta akan turut berubah dikarenakan kolom ikut menurun pada saat diseret dalam kolom berikutnya.

Maka dari itu perlu ditetapkan nilai suatu sel sebagai konstanta untuk mempertahankan sel tidak berubah meskipun dicopy paste formula dalam sel lainnya. Rumus konstanta dituliskan dengan =B3*$C$5. Simbol $ difungsikan sebagai referensi C5 yang bersifat absolut sehingga tidak berubah ketika formula tersebut disalin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 3 =