√ 5 Cara Reset Password Windows 7

3 min read

5 Cara Reset Password Windows 7

Ada banyak sekali cara reset password windows 7 yang bisa anda coba. Lupa password bukan merupakan halangan untuk membuka akses akun windows milik anda kembali.

Dari sekian banyak cara yang tersedia, anda tidak perlu bingung mencari cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan sendiri. Berikut lima cara mudah yang dapat anda coba.

1. Login ke Windows 7 Melalui Safe Mode

5 Cara Reset Password Windows 7

Apabila anda ingin mengembalikan akun windows milik anda tanpa alat atau aplikasi tambahan, anda bisa mencoba metode ini. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal dengan menggunakan laptop anda saja untuk kembali mengaktifkan akun anda dengan password baru.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mematikan laptop milik anda. Setelah itu anda bisa langsung menyalakan laptop tersebut. Sebelum layar laptop anda menunjukkan halaman yang memperlihatkan bahwa laptop anda sedang loading, anda bisa langsung menekan F8.

Laptop anda akan langsung memasuki mode admin dengan cara ini. Layar anda akan menunjukkan halaman yang dinamakan Advanced Boot Options.

Pilih opsi nomor dua yang bernama safe mode. Klik enter untuk memasuki mode aman. Laptop anda akan menunjukkan beberapa mode admin yang bisa anda pilih, di sini anda bisa langsung memilih metode Administrator yang versi built in. Dengan memilih opsi ini, anda bisa langsung membuka laptop anda tanpa password. 

Setelah laptop anda menunjukkan halaman awal, anda bisa langsung memilih start lalu klik opsi control panel. All control panel akan muncul sebagai opsi selanjutnya yang bisa anda pilih. Lalu, anda harus memilih opsi user accounts. Opsi inilah yang mengendalikan semua akun di laptop anda. 

Pilih manage another accounts. Setelah itu, anda bisa pilih akun milik anda. Anda bisa langsung membuat password baru untuk akun anda. Ubah password milik anda, dan ketik sekali lagi di kolom di bawahnya.

Anda bisa langsung restart laptop setelah mengganti password. Saat proses masuk ke windows, anda akan langsung bisa login dengan password baru yang sudah anda buat.

2. Reset Password Menggunakan Password Reset Disk

5 Cara Reset Password Windows 7

Cara restart password windows 7 yang bisa anda lakukan adalah menggunakan password reset disk. Untuk menggunakan opsi ini, anda harus memiliki alatnya. Windows 7 memberikan anda kesempatan untuk reset password apabila anda sudah salah memasukkan password sebanyak maksimal lima kali. 

Opsi ini akan muncul secara otomatis di bawah kolom password anda. Opsi ini bernama reset password. Setelah anda memilih opsi ini, anda akan langsung dihadapkan dengan halaman baru yang bernama password reset wizard. Klik next untuk memasukkan password baru milik anda.

Setelah anda memasukkan password baru anda di kolom yang tersedia, anda bisa mengisikan kolom ketiga yang berjudul hint. Kolom ini harus diisi untuk memberi kode petunjuk agar anda tidak lupa password milik anda lagi. Setelah selesai, anda bisa langsung klik finish dan login menggunakan password baru anda.  

3. Menggunakan Aplikasi Windows Password Unlocker

5 Cara Reset Password Windows 7

Apabila anda tidak memiliki alat untuk reset password windows 7 anda, anda bisa download aplikasi untuk ganti password di internet.

Aplikasi ini bernama password unlocker. Anda bisa langsung download dan install aplikasi ini. Lalu, anda bisa menggunakan CD atau flashdisk yang anda punya. Jalankan software ini melalui salah satunya, dan buat metode bootable di dalamnya.

Setelah itu, anda bisa langsung menjalankan komputer anda dengan memilih opsi untuk bisa boot CDROM atau USB flash drive. Selanjutnya anda bisa memilih opsi untuk reset password anda.

Masukkan CD atau flashdisk yang sudah diisi aplikasi. Akan muncul halaman untuk membantu anda mengganti password windows. Pilih opsi reset password untuk membuat password baru.

4. Ubah Password dengan Command Prompt

5 Cara Reset Password Windows 7

Anda bisa juga mengubah password laptop anda tanpa tambahan alat atau pun aplikasi, anda bisa reset password windows 7 anda menggunakan opsi command prompt. Ada syarat yang harus anda penuhi untuk menggunakan opsi ini, anda perlu login menggunakan akun lain agar bisa menjalankan command prompt.

Setelah anda login menggunakan akun lain, anda bisa klik Win Key + R. setelah itu, anda harus menuliskan cmd di kotak perintah run untuk bisa membuka command prompt. Setelah command prompt terbuka, anda bisa langsung ketik net user di kolom yang tersedia dan klik enter.

Layar laptop anda akan menunjukkan semua akun yang berada di komputer anda. Anda bisa langsung memilih akun yang terkunci karena lupa password. Setelah itu, anda bisa ketik shutdown-rt 00 dan tekan enter. Anda tidak perlu melakukan apa pun setelah ini. Laptop anda akan reboot dengan otomatis.

Akhirnya, laptop anda akan menunjukkan opsi untuk memasukkan password baru. Anda bisa langsung masuk ke windows 7 milik anda dengan password baru ini.

5. Masuk ke Akun Anda dengan Administrator Lain

5 Cara Reset Password Windows 7

Cara reset password windows 7 anda yang terakhir adalah dengan akun administrator lain yang berada di laptop anda. Cara ini cenderung lebih sulit dan memakan waktu yang lebih lama dari cara yang sebelumnya. Akan tetapi tingkat keberhasilan yang tinggi membuat banyak orang masih memilih cara ini dibanding dengan menyerahkan laptop ke tempat servis komputer.

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah untuk masuk ke laptop anda menggunakan akun administrator lain. Setelah laptop anda menunjukkan halaman awal, anda bisa langsung memilih opsi start. Lalu, anda bisa ketik lusrmgr.msc. Anda akan langsung menemukan opsi tersebut di sistem. Klik aplikasi tersebut. 

Dari situ, anda akan dialihkan ke opsi local users and groups. Opsi ini berisi segala akun dan grup yang tergabung dengan laptop milik anda. Karena anda ingin mengembalikan akun pribadi anda, anda bisa memilih opsi users. Opsi tersebut akan menunjukkan semua akun anda yang berada di laptop tersebut.

Pilih akun yang ingin anda pulihkan passwordnya. Setelah itu, anda bisa klik kanan pada akun tersebut. Anda akan dihadapkan dengan pilihan untuk mengganti password yang bernama set password.

Anda bisa langsung memasukkan password baru anda di opsi ini. Ketik dua kali di kolom yang berada di bawahnya untuk memastikan bahwa password tersebut memang benar.

Apabila anda sudah memasukkan password anda dengan benar, anda bisa langsung memilih opsi proceed. Komputer anda akan mengganti password secara otomatis. Setelah ini, anda bisa langsung restart laptop milik anda. Login dengan menggunakan password baru untuk kembali menggunakan laptop anda tersebut.

Apabila semua cara di atas tidak bisa mengatasi masalah anda, anda bisa ke toko komputer untuk langsung install software baru. Cara ini akan langsung membuat anda memiliki akun baru, namun anda perlu mengeluarkan biaya untuk memberi solusi pada masalah anda.  

Jadi jika terjadi masalah lupa password di komputer atau laptop Anda, Tidak perlu repot lagi membawanya ke tukang service karena beberpa cara reset password windows 7 diatas  bisa Anda jadikan solusi jitu. Selamat mencoba!

Apa Itu Host?

Rahma Wati
3 min read

Cara Instal Windows 7

Rahma Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − 7 =