3 min read

Transfer File dari Android Ke Macbook Menggunakan Wifi/Bluetooth

Seperti yang diketahui, kebanyakan orang saat ini menggunakan kabel data untuk bisa melakukan transfer file ke perangkat Windows.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan dapat dilakukan bagi pengguna MacBook. Lantas, bagaimana cara transfer file dari Android ke MacBook?

Tutorial Transfer File dari Android Ke Macbook

Orang awam mungkin akan kebingungan saat mereka ingin transfer file menggunakan MacBook. Pasalnya, cara transfer yang perlu dilakukan sedikit berbeda dengan Windows pada umumnya.

Apabila Anda ingin melakukan transfer file, maka pastikan untuk memanfaatkan aplikasi tambahan.  Cara ini merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mentransfer file dari Android ke MacBook sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Transfer File dari Android Ke Macbook Menggunakan aplikasi

Perlu diketahui bahwa pihak Google saat ini sudah menyediakan aplikasi resmi yang bisa digunakan secara gratis. Yakni untuk membantu melakukan transfer file dari perangkat Android menuju perangkat MacBook. Aplikasi tersebut bahkan bisa Anda download dengan mudah dari website berikut android.com.

Aplikasi ini sendiri memiliki cara kerja dengan memanfaatkan fitur MTP. Dengan begitu, siapa saja dapat menggunakannya untuk membantu melakukan transfer Android ke MacBook dengan lebih cepat. Begitu pun sebaliknya. Untuk melakukannya, berikut beberapa tutorialnya:

  • Download terlebih dahulu aplikasinya lewat www.android.com/filetransfer/
  • Tunggu hingga proses download aplikasi tersebut selesai
  • Setelah itu, install aplikasi dengan menyeretnya ke folder Application
  • Kemudian buka Android File Transfer di MacBook
  • Lanjutkan dengan menghubungkan Android serta MacBook menggunakan kabel USB.
  • Lalu lihat pemberitahuan yang muncul pada Android

Transfer File dari Android Ke Macbook

  • Anda bisa memilih bagian notifikasi kemudian ubah menjadi Transfer File
  • Jika sudah, langsung pindahkan file apapun dengan cara melakukan copy paste ataupun seret file ke desktop

Transfer File dari Android Ke Macbook Menggunakan Wifi/Bluetooth

Selain memanfaatkan aplikasi, Anda juga bisa menerapkan cara transfer file dari Android ke MacBook dengan menggunakan Wifi maupun Bluetooth. Hal ini bisa dilakukan apabila opsi yang pertama ternyata gagal untuk dilakukan. Dalam cara ini sendiri Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel data. Melainkan dengan memanfaatkan bantuan dari aplikasi Xender.

Untuk melakukan transfer file sendiri, Anda bisa memanfaatkan lokal hotspot maupun Bluetooth sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini sendiri dapat diunduh terlebih dahulu di Playstore secara gratis. Dengan begitu, tentu akan semakin memudahkan setiap penggunanya.

Tidak hanya sampai disitu, selain dapat dimanfaatkan untuk transfer file, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk transfer file dari iPhone ke Android atau dari Android ke PC. Dengan begitu, pemakaiannya tentu akan sangat fleksibel sesuai dengan apa yang diperlukan.

  • Anda bisa mengunduh aplikasi Xender terlebih dahulu di Playstore
  • Pastikan proses pengunduhan selesai dan berhasil dilakukan
  • Jika sudah, pastikan juga Android serta MacBook yang ingin dipakai sudah terhubung lewat koneksi Wifi yang sama
  • Setelah itu, buka aplikasi Xender yang sudah diunduh pada perangkat Android Anda
  • Kemudian pilih menu Connect PC
  • Lalu Anda bisa memilih menu Web Mode
  • Lanjutkan dengan membuka IP Address yang terdapat di aplikasi memakai browser Mac
  • Selanjutnya, pilih menu Accept
  • Akses seluruh file memakai menu pada browser tersebut

Apabila browser sudah berhasil dihubungkan dengan perangkat, maka kini Anda sudah dapat melakukan transfsesiafer yang diinginkan. Baik itu berupa dokumen, video, foto, dan yang lainnya. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan memiliki ikon gambar foldernya.

Kemudian, untuk melakukan copy file ke MacBook, maka Anda hanya perlu klik kanan kemudian download file yang diinginkan. Untuk cara transfer file yang satu ini bisa dilakukan dengan memilih menu Upload. Setelah itu, pilih menu File di browser.

Dengan menggunakan cara ini maka akses file yang dilakukan nantinya memanfaatkan hospot. Dengan begitu, tidak perlu khawatir mengenai paket data yang digunakan cepat habis. Cara ini sendiri juga bisa Anda lakukan untuk transfer file dari iPhone ke MacBook, iPhone ke Android, dan sebaliknya.

Transfer File dari Android Ke Macbook Menggunakan MacDroid

Aplikasi ini bisa jadi alternatif paling mudah untuk membantu Anda dalam melakukan transfer file dari Android ke perangkat MacBook. Akan tetapi, untuk menggunakannya diperlukan biaya yang lumayan. Pasalnya, aplikasi ini termasuk sebagai aplikasi premium atau berbayar.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Pasalnya, terdapat fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan transfer tanpa perlu membayar sekalipun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur trial agar tidak membeli lisensi resmi aplikasi tersebut. Untuk menggunakannya, pastikan untuk mengatur aplikasi terlebih dahulu.

  • Anda bisa mendownload aplikasi MacDroid terlebih dahulu lewat alamat berikut www.macdroid.app/android-file-transfer/
  • Setelah itu, install dengan cara menyeret folder aplikasi ke bagian menu Application
  • Setelah itu, langsung saja buka aplikasi MacDroid tersebut
  • Kemudian pilih menu Read Only Mode agar bisa mendapatkan fitur tanpa biaya alias gratis
  • Kemudian hubungkan kabel USB antara Android dengan MacBook

Transfer File dari Android Ke Macbook

  • Tunggu sampai menerima pemberitahuan panduan yang menyarankan Anda untuk memakai mode transfer ADB atau MTP
  • Setelah itu, pilih salah satu mode transfer tersebut sesuai dengan keinginan
  • Jika sudah, maka secara otomatis perangkat akan dapat terdeteksi di Device List
  • Kemudian pilih menu Show In Folder agar transfer file dapat dilakukan dengan mudah

Perlu diketahui bahwa aplikasi MacDroid sendiri memiliki banyak kelebihan saat digunakan. Diantaranya seperti dapat digunakan untuk semua perangkat Android. Baik itu Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, HTC, Google Pixel, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dan langsung menggunakannya.

Selain itu, proses transfer file menggunakan aplikasi MacDroid sendiri terbilang dapat berjalan dengan cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menunggu waktu lebih lama untuk menggunakan file yang diperlukan. Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan copy folder yang diinginkan.

Tersedia pula mode transfer ADB hingga ATP yang bisa dipilih sesuai dengan penggunanya. Tidak hanya itu, terdapat pula layanan customer service yang memungkinkan Anda meminta bantuan terutama saat mendapatkan masalah. Aplikasi ini sendiri sudah dibuat dengan interface yang simple sehingga akan lebih mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Aplikasi Lain Untuk Transfer File

Selain dengan menerapkan beberapa cara transfer file dari Android ke MacBook di atas, ternyata masih ada pula beberapa rekomendasi aplikasi lain yang bisa Anda gunakan juga untuk transfer file. Di bawah ini diantaranya:

  • AirDroid

Yakni aplikasi yang dapat digunakan untuk transfer file dari Android ke MacBook atau sebaliknya dengan cara yang mudah.

  • Commander One

Merupakan aplikasi yang dapat dihubungkan langsung ke penyimpanan cloud. Anda juga bisa menggunakannya untuk menelusuri file di perangkat iOS kemudian mencari file tersembunyi.

  • SyncMate

Aplikasi ini sudah menyediakan fitur yang cukup lengkap. Tidak hanya itu saja, SyncMate juga terbilang sudah sangat kompatibel dengan Catalina. Terlebih, aplikasi ini juga dapat digunakan dengan mudah. Pasalnya, Anda hanya perlu melakukan drag and drog saja.

Itulah beberapa cara transfer file dari Android ke MacBook yang bisa Anda lakukan. Cara yang bisa dilakukan memang cukup beragam. Hal tersebut menyesuaikan dengan bantuan aplikasi yang Anda gunakan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 3 =