√ 5 Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

3 min read

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Dengan proses yang lebih simpel dan memakan waktu yang lebih cepat, banyak orang memilih untuk melakukan cara cek tagihan listrik dari rumah. Listrik merupakan hal yang paling utama pada setiap rumah.

Tidak seperti saat dahulu di mana anda perlu ke kantor PLN untuk mengurus listrik, anda bisa dengan mudah mengurus listrik anda dari rumah.

Cek Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Untuk menggunakan cara ini, anda harus mengunduh aplikasi PLN Online terlebih dahulu. Buka playstore, dan unduh aplikasi yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna ini. Anda hanya perlu 9,1 MB untuk mengunduh aplikasi ini. Aplikasi PLN Mobile jelas tidak akan memenuhi kapasitas handphone anda.

Setelah selesai mengunduh, anda bisa mencari ikon PLN Mobile yang berwarna biru. Buka aplikasi PLN Mobile pada handphone anda. Pilih opsi menu pada aplikasi tersebut. Sesudah itu, anda akan menemui opsi Informasi Tagihan dan Token Listrik. Pilih opsi tersebut, dan anda akan dialihkan ke halaman baru.

Di halaman ini, anda perlu memasukkan nomor meteran anda. Sebagai opsi lain, anda juga bisa menggunakan ID pelanggan anda untuk mengecek tagihan listrik anda. Pilih opsi cari yang berada di bawah kolom pengisian ID pelanggan.

Anda akan sampai ke cara cek tagihan listrik dari aplikasi PLN Mobile yang terakhir. Halaman baru yang terbuka akan menunjukkan tagihan listrik beserta jumlah tagihan yang perlu anda bayar.

Selain itu, anda juga bisa mengecek status pembayaran listrik anda melalui aplikasi in. Anda bisa mengecek dengan cara yang sama yang telah dijabarkan di atas. Status tagihan anda berada di halaman yang sama dengan tagihan listrik anda.

Cari Tahu dengan Mengunjungi Website Online

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Apabila anda merasa tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di handphone anda, anda bisa menggunakan cara cek tagihan listrik melalui website resmi dari PLN. Tanpa aplikasi tambahan, anda dapat mengakses website PLN menggunakan aplikasi browser yang biasa anda gunakan.

Pada langkah yang pertama, anda bisa membuka aplikasi browser yang berada di handphone anda. Anda juga bisa membuka aplikasi bawaan handphone anda seperti google chrome. Setelah itu, anda perlu menuliskan alamat website untuk cek tagihan listrik. Alamat website yang perlu anda tuliskan adalah www.cekbill.com.

Setelah halaman website tersebut terbuka, anda bisa memilih opsi dengan judul cek tagihan listrik online. Di halaman ini, anda membutuhkan, anda bisa memasukkan ID pelanggan anda pada kolom yang tersedia. Pilih jenis tagihan yang sesuai dengan yang anda cari.

Anda bisa memilih di antara PLN Bulanan, PLN Token dan PLN Non Tagihan Listrik. Setelah memilih jenis tagihan dan nomor ID pelanggan anda, anda bisa pilih opsi Lanjutkan. Website ini akan mengarahkan anda ke halaman baru di mana anda bisa melihat jumlah tagihan dan status membayar listrik anda.

Untuk anda yang menggunakan PLN Token, anda perlu mengisi satu kolom lagi. Kolom tersebut adalah kolom jumlah nominal voucher PLN yang anda gunakan. Pastikan anda memasukkan jumlah yang tepat agar menghindari kesalahan data.

Melalui website ini, anda juga dapat mengecek tagihan pembayaran pajak kendaraan anda. Status pembayaran pun akan muncul setelah anda menuliskan data kendaraan anda. Website ini bisa membantu anda untuk menyelesaikan dua kebutuhan anda.

Melalui Aplikasi Belanja dan Pembayaran Online

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Anda juga bisa melakukan cek sekaligus membayar tagihan listrik melalui cara cek tagihan listrik ini. Banyak sekali situs belanja online yang memudahkan anda untuk melakukan cek status pembayaran sekaligus membayar tagihan listrik.

Melalui cara ini, anda bisa dengan mudah membayar dengan menggunakan aplikasi yang anda miliki. Tidak hanya terbatas pada pembayaran transfer ATM, pembayaran melalui cara ini juga bisa dilakukan menggunakan shopee pay, pay later, indomaret dan lain-lain.

Untuk membayar melalui shopee, anda perlu membuka akun shopee anda. Pastikan anda memiliki saldo shopee pay yang cukup. Apabila tidak mencukupi, jangan khawatir karena anda masih bisa membayar melalui indomaret atau ATM.

Buka menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan. Sesudah itu, anda akan menemukan opsi untuk PLN. Anda bisa langsung memilih opsi ini untuk mengalihkan ke halaman pembayaran. Isi nomor meteran atau ID pelanggan anda, lalu pilih nominal yang anda mau. Klik lanjut, dan bayar sesuai metode pembayaran yang anda pilih.

Selain itu, anda juga bisa membayar melalui Traveloka. Setelah membuka akun Traveloka, anda bisa langsung menuju ke opsi Listrik PLN. Di halaman ini anda bisa memilih untuk cek tagihan PLN, bayar listrik online atau beli token listrik.

Pilih opsi yang anda mau. Apabila anda mau membayar secara langsung dari aplikasi ini, anda bisa memilih untuk membayar melalui pay later, saldo uangku, debit instan atau melalui opsi kartu saya. Dengan banyaknya metode pembayaran, anda tidak perlu bingung akan memilih opsi yang sesuai dengan yang anda mau.

Cek Melalui Website Resmi PLN

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Ada cara lain yang bisa anda lakukan jika anda tidak yakin jika tidak menggunakan layanan resmi dari PLN. Anda bisa membuka browser di handphone anda atau di PC. Pilih opsi lainnya yang terletak nomor dua dari kiri di PC anda. Lalu, anda bisa memilih opsi terakhir yaitu Informasi Tagihan Listrik atau Pembelian Token.

Akan terbuka halaman baru setelahnya di mana anda harus login menggunakan akun PLN anda. Apabila anda belum mempunyai akun, anda bisa memilih opsi daftar akun terlebih dahulu.

Untuk mendaftarkan akun, anda harus mengisi formulir dengan benar. Formulir tersebut terdiri dari nama pelanggan, ID pelanggan dan buat kata sandi. Akun anda akan langsung jadi setelah anda konfirmasi kode yang tertera di formulir tersebut. Anda bisa login  menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah anda buat.

Cek Mandiri melalui SMS

Cara Cek Tagihan Listrik dari Rumah

Jika anda hanya ingin mengecek tagihan, ada cara lain yang bisa anda lakukan tanpa membuka browser atau mengunduh aplikasi tambahan. Bagi pengguna provider Telkomsel, Indosat dan XL, anda bisa menggunakan opsi cek mandiri hanya melalui sms saja. Opsi ini bisa anda lakukan dengan mudah.

Proses pengecekan ini akan memakan biaya 500 rupiah per sms. Tidak begitu banyak dibanding harus mengunjungi kantor PLN secara tradisional. Cara yang bisa anda lakukan adalah mengetik REK (spasi) ID pelanggan milik anda. Setelah itu anda bisa langsung mengirim pesan tersebut ke nomor 8123.

Sistem akan membalas pesan anda secara otomatis. Data yang diberikan kepada anda pasti sudah akurat karena opsi ini memang merupakan opsi resmi yang diberikan dari PLN. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapat balasan karena kurang dari sepuluh menit, sistem layanan akan membalas pesan anda dengan benar.

Dengan cara-cara diatas, Anda dapat dengan mudah cek tagihan listrik dari rumah tanpa harus repot-repot lagi datang ke tempat resmi pembayaran PLN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen + three =