√ 4 Cara Hapus Akun Google

3 min read

4 Cara Hapus Akun Google

Ada beberapa cara hapus akun google yang bisa anda lakukan. Terkadang, anda harus menghapus akun anda karena beberapa hal.

Bisa jadi anda ingin membuat akun baru, atau anda ingin berhenti menggunakan akun tersebut. Melalui artikel ini, anda bisa menemui berbagai cara mudah untuk menghapus akun anda secara permanen.

Menghapus Akun di Handphone Android

4 Cara Hapus Akun Google

Bagi pengguna android, cara yang dilakukan cukuplah mudah. Tidak perlu tambahan aplikasi lain, anda hanya perlu membuka aplikasi setelan yang berada di opsi dasar handphone anda.

  • Buka aplikasi setelan untuk memulai proses menghapus akun anda.
  • Cara hapus akun google dengan cara ini tidak akan memakan waktu yang lama. Setelah aplikasi setelan terbuka, anda bisa mencari opsi Google yang berisi pengaturan google.
  • Akan muncul akun utama google yang anda pakai. Apabila bukan akun ini yang ingin anda hapus, anda bisa klik alamat email anda dan mengubah halaman ini ke email yang ingin anda hapus.
  • Sesudah itu, anda bisa langsung memilih opsi kelola akun google anda. Dari opsi ini anda perlu memasukkan kata sandi handphone anda. Kata sandi ini bisa berupa pola, angka atau sidik jari. Hal ini penting untuk konfirmasi identitas anda.
  • Akun anda sudah terbuka dengan izin. Anda bisa mengubah dan mengatur keamanan akun anda dari sini. Bila anda ingin menghapus akun anda, anda bisa memilih opsi hapus akun secara langsung. Akun anda akan terhapus setelah anda memilih opsi ini.
  • Bila anda tidak berhasil menggunakan opsi yang pertama, anda bisa menggunakan opsi yang kedua. Kembali buka aplikasi setelan. Setelah itu, anda bisa memilih opsi akun dan pencadangan. Pilih opsi pertama yang bernama akun. Dari opsi ini, akan muncul semua akun yang berada di handphone anda.
  • Lalu, anda bisa memilih akun yang ingin anda hapus. Setelah akun anda terbuka, terdapat opsi hapus akun yang berada di tengah layar. Opsi ini akan membantu anda untuk menghilangkan akun ini dari handphone anda. Anda perlu memasukkan kata sandi sebelum menghapus akun secara permanen.

Perizinan ini penting agar sistem benar-benar tahu bahwa pemilik handphone lah yang menghapus akun tersebut. Hal ini sangatlah bagus untuk menghindari penyalahgunaan dari pengguna lain.

Anda bisa memilih untuk menggunakan pin atau sidik jari saja. Setelah anda memasukkan pin atau sidik jari yang benar, anda bisa langsung menghapus akun tersebut.

Menghapus Akun melalui Handphone iOS

4 Cara Hapus Akun Google

  • Apabila anda pengguna handphone iOs, anda bisa menggunakan cara hapus akun google ini. Pertama-tama, anda bisa langsung membuka aplikasi setelan yang tersedia di handphone anda. Aplikasi bawaan inilah yang akan membantu menghapus akun anda.
  • Setelah itu, anda bisa memilih opsi akun yang berada di aplikasi setelan. Anda akan menemui beberapa akun yang anda pakai, atau hanya akan ada satu akun bila memang anda hanya menggunakan satu akun.
  • Pilih akun yang ingin anda hapus. Pastikan anda sudah yakin untuk menghapusnya karena akan sulit mengembalikan akun bila sudah terhapus secara permanen.
  • Sesudah anda memilih akun yang akan dihapus, anda bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya. Pilih opsi hapus akun yang tertera di bawah nama akun anda.
  • Setelah proses ini selesai, akun anda sudah terhapus. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya akun anda dari handphone anda secara otomatis. Bila anda sudah tidak dapat menemukan akun tersebut, berarti akun tersebut benar-benar sudah lenyap dari handphone anda.
  • Ada pula cara lain yang bisa anda terapkan. Anda bisa menggunakan aplikasi safari untuk menghapus akun google anda. Setelah membuka aplikasi safari, anda akan dihadapkan dengan beberapa opsi. Anda bisa langsung mengetik google.com. Setelah itu, anda bisa langsung menuju ke profil akun anda.
  • Pilih foto profil anda yang berada di pojok kanan atas dari halaman tersebut. Anda akan langsung berhadapan dengan akun anda. Di sini anda bisa memilih opsi masuk dengan akun yang berbeda.
  • Anda harus login menggunakan akun anda yang lain untuk menghapus akun tersebut. Setelah proses login selesai, anda bisa pilih hapus akun. Sesudah itu, pilih akun yang ingin anda hapus. Proses penghapusan telah selesai.

Menghapus Akun melalui PC

4 Cara Hapus Akun Google

Tidak hanya melalui handphone, anda juga bisa memilih untuk menghapus akun anda melalui PC. Ada dua cara yang bisa anda lakukan, melalui aplikasi gmail atau melalui browser PC anda.

Bila anda ingin menggunakan cara yang pertama, anda harus menuju ke aplikasi gmail yang anda gunakan. Login menggunakan akun lain, dan pastikan akun yang ingin anda hapus juga sudah terdaftar di akun gmail anda. Setelah itu, anda bisa langsung memilih opsi remove account yang terdapat di bawah alamat email anda.

  • Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan browser bawaan di PC anda. Buka browser yang biasa anda gunakan.
  • Setelah itu anda bisa langsung mengetik www.google.com di halaman utama browser anda. Pilih opsi login di pojok kanan atas browser anda. Login menggunakan email dan kata sandi yang benar.
  • Setelah itu opsi login akan berubah menjadi foto profil akun anda. Klik akun tersebut. Pilih tambah akun. Login dengan akun anda yang lain.
  • Setelah anda berhasil masuk, anda bisa langsung menghapus akun yang ingin dihapus dari akun anda yang lain.
  • Geser kursor ke akun yang ingin anda hapus. Akan terdapat pilihan hapus akun di bawah alamat email akun tersebut.
  • Klik hapus akun, setelah itu akun itu akan langsung lenyap dari PC anda. Tunggu beberapa saat hingga PC anda berhasil menyesuaikan antara akun google dan komputer anda.

Mengembalikan Akun Google yang Terhapus

4 Cara Hapus Akun Google

Jika anda menghapus akun yang salah atau anda ingin mengembalikan akun yang sudah anda hapus, anda masih bisa mengembalikan akun anda.

Selama masih tidak melewati batas yang disediakan google, anda masih bisa kembali mengaktifkan akun anda. Batas yang diberikan adalah selama dua puluh hari. Lebih dari batas tersebut, anda mungkin harus membuat akun baru.

Berbeda dengan saat menghapus akun, anda perlu login ke halaman yang berbeda. Anda perlu login ke konsol google admin yang tersedia di google. Akun yang anda gunakan pun haruslah akun administrator. Dari halaman konsol admin, anda bisa memilih opsi pengguna.

Di opsi ini anda bisa memilih opsi tambahkan filter. Setelah itu, anda bisa memilih opsi baru dihapus. Pindahkan kursor anda ke nama pengguna yang ingin dikembalikan.

Berbeda dengan cara hapus akun google, cara ini mengharuskan anda menunggu selama dua puluh empat jam hingga akun anda kembali. Konfirmasi akun anda untuk melanjutkan proses pengembalian. Klik lanjutkan, dan anda bisa menunggu hingga akun anda kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − fifteen =