3 min read

5 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suaranya Dengan Mudah

Hp yang tidak ada suaranya pasti sangat mengganggu bukan? Jika suara di Hp hilang Anda tidak bisa melakukan banyak hal seperti telefon, video call, mendengarkan musik, menonton video, dan lain-lain.

Apakah Anda sekarang sedang mengalami masalah ini? Jika iya maka pembahasan kali ini sangat pas untuk Anda. Di bawah ini adalah cara mengatasi Hp tidak ada suaranya dengan sangat mudah. 

5 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suaranya

5 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suaranya Dengan Mudah

Berbagai hal bisa menjadi penyebab suara di Hp tidak muncul. Suara pada smartphone sendiri adalah salah satu fitur penting.  Jadi jika suara hilang dari Hp Anda akan langsung merasa gelisah. Untuk itu ada 5 cara ampuh untuk menanggulangi masalah suara hilang di Hp.

Caranya sangat sederhana dan bagi yang Anda yang baru saja ingin mengotak atik smartphone jangan takut karena dijamin caranya tidak akan membingungkan. 

1. Mengecek Setelan Audio

Cara pertama dan yang paling sederhana adalah mengecek setelah audio di Hp. Biasanya banyak orang yang lupa atau tidak tahu bahwa setelan audio mereka itu salah. Makan dari itu cara ini sangat penting untuk Anda ketahui siapa tahu penyebab Hp tidak bersuara adalah karena setelan audio yang salah.

Coba cek volume terlebih dahulu pastikan volume dalam tingkat yang tinggi. Kemudian coba putar sebuah lagu atau video. 

Jika masih belum bersuara maka Anda pergi ke setelan atau pengaturan di Hp. Coba masuk ke menu Suara atau Audio. Pastikan semua volume berada pada posisi tinggi.

Lalu cek apakah Anda mengaktifkan mode silent atau tidak.  Sekarang tes suara di Hp Anda sekali lagi dengan memainkan musik atau video. Jika penyebabnya salah setelan maka cara ini dijamin akan berhasil mengembalikan suara di Hp. 

2. Bersihkan Sampah

Menumpuknya sampah atau cache dalam Hp Anda bisa mempengaruhi berbagai fitur termasuk audio. Banyaknya sampah akan membuat sistem di Hp menjadi kesulitan untuk menjalankan banyak fitur maka akan ada berbagai fitur salah satunya fungsi audio yang terkena bug. Jika fitur terkena bug maka tidak akan berjalan sesuai dengan yang sebenarnya. 

Maka dari itu setiap cache atau sampah di Hp harus selalu di hapus. Anda bisa menghapus cache di Hp secara manual namun itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Cara praktis dan terbaik adalah dengan mengakses Recovery Mode.

Di dalam Recovery Mode terdapat opsi untuk menghapus semua cache atau sampah di Hp dalam waktu yang singkat. Tentu cara ini sangat menghemat waktu. 

Untuk mengakses Recovery Mode sangatlah mudah. Pertama Anda matikan smartphone kemudian tekan tombol power dan volume up secara bersamaan. Nanti Anda akan masuk dalam sebuah tampilan yang menawarkan banyak opsi.

Pilih saja menu Recovery Mode dan kemudian pilih Clear All Cache. Tunggu prosesnya selesai dan restart Hp Anda. Sekarang Anda coba apakah speaker atau sound di Hp sudah bisa berfungsi atau belum. 

3. Menggunakan Aplikasi

Langkah berikutnya untuk mengatasi sound tidak ada di Hp adalah dengan menggunakan aplikasi. Saat ini sudah banyak aplikasi pendukung audio di smartphone.  Baik itu yang memberikan efek suara hingga yang mampu mengatasi audio tidak berfungsi.

Anda bisa memilih dan memasang aplikasi audio seuai yang Anda mau. Dengan aplikasi bantuan Anda bisa juga mengontrol sistem audio.

4. Kembali ke Setelan Pabrik

Cara yang satu ini akan cukup berisiko karena data yang ada di dalam Hp semuanya akan hilang. Kembali ke setelan pabrik artinya mengembalikan Hp ke posisi semula saat Anda pertama kali menggunakannya.

Risikonya memang besar namun dapat mengatasi audio yang tidak berfungsi di Hp Anda. Memang ada penyebab yang membuat Anda harus menggunakan cara ini untuk mengembalikan fungsi audio. 

Jika Anda sudah mencoba membenarkan audio lewat cara sebelumnya namun belum juga berhasil Anda bisa mencoba cara ini. Cara mengatasi Hp tidak ada suaranya ini memang menjadi cara yang penuh dengan pertimbangan.

Disarankan jika ingin menggunakan cara ini adalah dengan memindahkan data atau backup data terlebih dahulu. Pastikan semua data penting sudah aman terlebih dahulu. 

Cara pertama Anda bisa menuju ke Pengaturan lalu pilih opsi menu Setel Ulang. Pilih opsi Kembali ke Pengaturan Pabrik. Dengan begini Hp akan melalukan booting ulang dan saat kembali semuanya sudah kembali ke pengaturan awal. Langkah atau kedua bisa melalui Recovery Mode.

Caranya sama dengan proses membersihkan sampah atau cache tapi setelah masuk di Recovery Mode Anda pilih opsi Reset Factory Mode. 

5. Bersihkan Speaker

Cara terakhir adalah dengan membersihkan speaker. Penyebab audio tidak berfungsi dan mungkin hanya memunculkan volume rendah adalah karena speaker kotor. Wajar saja karena letak speaker yang biasanya ada di bawah, samping, atau atas.

Dilihat dari letaknya risiko untuk kemasukan debu dan kotoran sangatlah besar. Maka dari itu Anda bisa membersihkan speaker Hp. 

Gunakan alat seperti kompresor udara yang mampu menyerot udara dan membuat sirkulasi speaker menjadu lega. Ini akan sangat membantu fungsi audio berjalan lebih baik atau bahkan mengembalikan fungsi audio yang sebelumnya error.

Jika Hp Anda masih tipe lama yang bisa dibuka casing belakangnnya maka Anda bisa membersihkannya dengan lebih mudah.

Beberapa Hal Penyebab Hp Tidak Ada Suaranya

5 Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suaranya Dengan Mudah

Setelah mengetahui cara mengatasi fungsi audio di atas, Anda juga harus tahu beberapa penyebab fungsi audio di Hp tidak bekerja. Anda bisa menjadikannya sebagai pembelajaran untuk menghindari hal seperti terjadi pada smartphone Anda. 

1. Bug Pada Sistem

Hal yang menyebabkan audio tiba-tiba mati adalah karena adanya bug pada sistem Hp. Biasanya terjadi setelah Anda memakai headset tiba-tiba audio mati padahal headset sudah tercopot. Itu adalah bug sistem Hp yang sering terjadi.

Jika sudah begini Anda harus merestart Hp agar sistem memuat ulang semuanya. Ada juga beberapa bug lainnya misal setelah menggunakan aplikasi yang berat atau jika Anda sering mengganti mode suara di Hp. 

2. Speaker Terkena Air

Penyebab ini bisa dibilang adalah yang paling fatal. Jika speaker sudah terkena air maka kemungkinan untuk audio di Hp berfungsi dengan baik sangat kecil. Jika air sudah masuk dalam speaker akan merusak beberapa komponen di dalamnya. Ini yang mengakibatkan beberapa hal seperti suara menjadi pelan,  suara pecah,  hingga suara tidak atau hilang.  

Jika speaker Anda mengalami kerusakan yang sudah jelas Anda bisa melalukan service spekaer yang baru. Namun jika speaker Anda tidak ada tanda-tanda kerusakan tapi audio di Hp hilang maka Anda jangan langsung ganti atau service speaker.

Gunakan cara mengatasi Hp tidak ada suaranya di atas terlebih dahulu. Siapa tahu jika Hp Anda hanya mengalami bug yang membuat audio tidak keluar atau adanya sampah yang menumpuk membuat sistem tidak berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × five =