√ Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

2 min read

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Dewasa ini, kemampuan mengoperasikan aplikasi Microsoft Excel sering kali dibutuhkan berbagai perusahaan. Lalu, apakah kamu masih bingung bagaimana cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel

Excel memang memiliki banyak fitur yang kompleks. Hal ini kemudian juga turut membedakan cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Word dan di Excel. Perbedaan mendasar adalah pengoperasian Excel biasanya menggunakan berbagai macam rumus. Apabila kamu sudah bisa menguasainya, kamu juga bisa melakukan banyak hal.

Sebagai contoh, bila kamu sudah memahami fitur-fitur dalam Excel, maka kamu juga akan memahami cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di android. Misalnya melalui Spreadsheet. Apabila kamu ingin belajar agar lebih jago mengoperasikan Excel, artikel ini buat kamu. Berikut cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel.

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel, maka kamu perlu tahu dulu jenis Excel di perangkatmu. Apakah Excel 2010? Atau Excel 2019?

Memang ada bedanya? Tentu saja! Dalam setiap keluaran pasti ada keunikan atau perubahan dari versi yang sebelumnya. Jadi, cari tahu dulu Excel kamu versi apa ya.

Nah, kali ini kita akan membahas cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel:

1. Menggunakan rumus UPPER, LOWER, dan PROPER

Karena tersedia pada Excel versi lawas, ini bisa dijadikan sebagai cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel 2010. Ini merupakan pengetahuan paling dasar cara mengganti tulisan di Microsoft Excel. Kamu perlu menghafal rumus dan fungsi dari masing-masing rumus di Excel.

Rumusnya tidak terlalu sulit. Kamu cukup memilih sel mana yang akan dijadikan huruf kapital atau huruf kecil. Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan rumusnya di sel yang kosong.

Untuk mengubah huruf besar menjadi kecil di Excel, kamu perlu menggunakan rumus UPPER. Sebagai contoh, saat kamu hendak mengubah tulisan di sel A2, maka isi di sel B2 rumus =UPPER(A2).

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Berikutnya, buatlah fungsi LOWER mengubah huruf besar menjadi huruf kecil. Sebagai contoh, saat kamu hendak mengubah tulisan di sel A2, maka isi di sel B2 rumus =LOWER(A2). Terakhir, PROPER merupakan rumus untuk memilih kata yang tepat. Ini merupakan salah satu cara mengganti tulisan di Microsoft Excel.

Apa maksudnya kata yang tepat? Misalnya kamu menulis nama orang “sigit putra jaya”, dengan rumus PROPER ini tulisanmu akan menjadi “Sigit Putra Jaya”.  Dengan kata lain, ini bisa menjadi cara membuat huruf pertama besar di Excel secara otomatis. Wah, mudah sekali bukan?

Pengaplikasiannya sama dengan rumus UPPER dan LOWER. Sebagai contoh, saat kamu hendak mengubah tulisan di sel A2, maka isi di sel B2 rumus =PROPER(A2). Apakah rumus itu harus diulang-ulang untuk sel yang lain? Tentu saja tidak. Kamu bisa melakukan Copy+Paste rumus untuk sel yang lain.

Misalnya, saat kamu sudah mengisi rumus =LOWER(A2) pada sel B2, maka kamu tinggal menarik sudut bawah sel ini ke bawah. Atau, kamu juga bisa menggunakan Ctrl+C dan Ctrl+V. Bagaimana, mudah bukan?

2. Menggunakan Flash Fill

Penting, cara ini hanya bisa digunakan mulai dari Excel 2013 ke atas. So, perhatikan Excel apa yang kamu gunakan. Untuk menggunakan fitur “flash fill” atau “isi cepat” ini kamu pertama harus menuliskan kembali tulisan yang ingin kamu ubah huruf kapitalnya.

Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Excel

Sebagai contoh, bila di sel A2 tulisannya “sigit andika”, maka di sel B2 kamu bisa mengisi “Sigit Andika”. Ingat, sel dan kolom mengisi tulisan baru yang tepat harus berada di sebelahnya persis. Apabila sudah, maka kamu tinggal masuk pada menu “Data” dan pilih “Flash Fill”. Kamu juga bisa menggunakan kode CTRL+E untuk mengaktifkan Flash Fill.

Excel selanjutnya akan mempelajari pola yang kamu buat, sehingga tulisan di bawah sel A2 akan diperbaiki di kolom B2 ke bawah. Simpel bukan? 

Penutup

Nah, jadi itu tadi cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel. Mudah bukan?

Setelah ini kamu bisa mulai mempraktekkan sendiri cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di Excel di perangkat kamu. Kamu juga bisa mencoba cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar di android melalui spreadsheet.

Apabila kamu bersungguh-sungguh dalam mempelajari pengoperasian Microsoft Excel ini pasti akan menemukan hasil yang bermanfaat. Entah itu untuk pekerjaan atau tugas sekolah kamu.

Kamu juga bisa menempuh cara lain dengan meminta bantuan pada orang yang ahli untuk mengajarimu cara mengoperasikan Excel. Misalnya dengan mengikut kelas Excel. So, kuncinya adalah niat dan usaha kamu untuk belajar. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + ten =