√ 5 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome 

3 min read

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome 

Gamonesia – Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome – Cuaca yang tidak menentu terkadang juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Meskipun wifi internet aktif, namun bila jaringan internetnya lambat tetap saja akan menghambat proses loading data.

Hal ini pastinya sangat mengesalkan bukan, apalagi bagi Anda yang dituntut harus kerja cepat dengan bantuan internet? Untuk hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengikuti beberapa cara mempercepat koneksi wifi Indihome seperti berikut. Silahkan dicek ya!

Mengapa Memilih Wifi Indihome?

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome 

Sebenarnya, bukan hanya Indihome yang menawarkan koneksi internet kepada masyarakat luas, melainkan juga beberapa operator seluler GSM, seperti Simpati, 3, XL, IM3, dan lain sebagainya. Mereka berlomba-lomba menawarkan paket data internet dengan harga kuota yang beragam.

Namun, tetap saja ada pelanggan yang lebih suka menggunakan koneksi internet wifi dari Indihome karena dikenal memiliki kecepatan yang super cepat dan biaya untuk berlangganan pun cukup terjangkau.

Keberadaan wifi Indihome tidak hanya di perusahaan-perusahaan besar dan kantor pemerintahan saja, tetapi kini juga merambah ke banyak pelanggan yang di rumah sebagai media untuk mengakses hiburan dari layanan online.

Faktor Penyebab Melemahnya Koneksi Internet

Pada dasarnya, kecepatan internet bisa saja berubah-ubah. Terkadang kecepatan tersebut stabil dan terkadang hilang dan melemah.

Koneksi internet yang tidak stabil pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya adanya masalah pada perangkat internet itu sendiri ataupun karena perubahan cuaca yang ekstrim, seperti hujan deras, kilat, ataupun angin kencang.

Hal ini karena perubahan cuaca tersebut juga bisa mengganggu kelancaran dari gelombang internet. Itulah sebabnya terkadang koneksi internet Anda terkadang menjadi hilang dan timbul kembali. 

Kecepatan koneksi internet sebenarnya juga bisa diatur supaya tetap stabil. Sebagai contoh, jika Anda ingin kecepatan internet Anda 10 mbps, maka Anda juga bisa melakukan setting koneksi internet menggunakan beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya supaya kecepatan internet tersebut tetap stabil pada angka 10 mbps seterusnya.

Beberapa Cara Efektif untuk Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome 

Kendati cukup terkenal dengan kecepatan koneksi internetnya, namun terkadang ada saja kendala atau permasalahan yang membuat jaringan wifi indihome lemot 2020. Hal ini tentu saja mengganggu bagi pelanggan, apalagi bagi mereka yang pekerjaan sehari-harinya sangat bergantung dengan koneksi internet.

Untuk hal ini, sekarang ada beberapa alternatif cara mempercepat koneksi wifi indihome huawei. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Coba Cek Pengguna Wifi Anda

Salah satu faktor yang membuat koneksi wifi Indihome Anda lemot adalah karena banyaknya orang yang menggunakan jaringan internet Anda. Jika pemakai jaringan internetnya adalah keluarga Anda sendiri maka tentu saja tidak akan jadi masalah.

Namun, bagaimana jadinya bila ternyata ada orang lain yang menggunakan jaringan internet Indihome Anda secara ilegal atau diam-diam? Hal ini sungguh mengesalkan, bukan? Tenang saja, Sobat. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Netcut untuk digunakan komputer/laptop.

Sementara itu, cara mempercepat koneksi wifi indihome di android bisa menggunakan aplikasi Fing. Cara untuk meng-install beberapa aplikasi tersebut cukup mudah. Anda hanya tinggal mengikuti berbagai petunjuk yang ditampilkan dari beberapa aplikasi tersebut.

Percepat Koneksi Wifi Indihome dengan VPN

Bagi Anda yang sering menggunakan jaringan internet, pasti kenal dengan istilah VPN. Ya, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network.

Selain berfungsi untuk membentuk jaringan internet yang bersifat privasi, ternyata VPN juga bisa digunakan untuk mempercepat koneksi wifi Indihome. Supaya aman, Anda bisa menggunakan VPN jenis TunnelBear VPN, VPN Tomato, ataupun AVG Secure VPN.

Cobalah Restart Modem Anda

Melemahnya koneksi internet ternyata juga bisa dipicu karena modem internet terlalu lama diaktifkan sehingga perangkat yang ada dalam modem tersebut panas. Untuk mengatasinya, cobalah matikan atau restart kembali modem Anda. Cabut pula kabel adapter dan kabel modem lainnya.

Setelah itu, silahkan Anda coba nyalakan kembali modem Anda. Hanya dalam waktu sekejap saja koneksi wifi Indihome Anda akan kembali stabil dan cepat.

Gunakan Aplikasi Jenis SG TCP Optimizer supaya Koneksi Cepat

Tahukah Anda bahwa koneksi internet yang ada pada komputer dan laptop itu diatur oleh suatu protokol TCP maupun TCP/IP? TCP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol. TCP erat kaitannya dengan koneksi internet.

Jika tiba-tiba saja koneksi internet Indihome Anda lambat, maka Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan menggunakan aplikasi SG TCP Optimizer. Aplikasi ini terbukti efektif dalam merubah seluruh pengaturan komputer/laptop yang berkaitan dengan TCP.

Untuk cara mempercepat koneksi wifi indihome, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah, seperti berikut:

  • Download aplikasi SG TCP Optimizer terlebih dahulu di laman website https://www.speedguide.net/downloads.php.
  • Jika sudah berhasil Anda download, silahkan coba install aplikasi tersebut pada laptop atau komputer Anda dengan cara klik TCPOptimizer.exe. Bukalah dengan Run as Administrator.
  • Pilih opsi Optimal, kemudian pada tampilan jendela Choose Setting, silahkan saja Anda centang pada bagian Modify All Network Adapters.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome 

  • Selanjutnya, Anda klik saja Apply Changes.
  • Pada tampilan jendela yang baru, silahkan Anda klik tombol Ok.
  • Setelah itu, akan muncul perintah untuk Reboot Now. Kemudian, silahkan saja klik tombol Yes.
  • Tunggulah beberapa saat, maka koneksi wifi Indihome Anda pun akan kembali cepat. 

Menggunakan Aplikasi untuk Penggantian DNS

Cara mempercepat koneksi wifi indihome juga bisa Anda lakukan dengan coba mengganti DNS. Dalam hal ini, terdapat beberapa macam DNS yang gratis, di antaranya DNS Google (8.8.8.8) maupun DNS Cloudflare (1.1.1.1.). Dengan merubah DNS, Anda maka jaringan internet bisa kembali stabil, bahkan lebih cepat.

Khusus bagi Anda yang menggunakan HP android, maka Anda bisa menggunakan aplikasi resmi dari Cloudflare, 1.1.1.1. Silahkan saja Anda download di Google Play Store, kemudian install pada HP Anda.

Sekilas tentang Wifi Indihome

Indihome adalah salah satu produk dari PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Indihome tidak hanya membuka layanan pemasangan wifi, melainkan juga telepon rumah (voice) dan Usee TV maupun IP TV (televisi kabel).

Ketiga layanan tersebut sering disebut sebagai paket 3 in 1 yang artinya bila Anda memesan layanan Indihome, maka Anda juga akan merasakan ketiga jenis layanan tersebut dalam waktu bersamaan. Adapun untuk pembayaran Indihome bisa dilakukan dengan cara bulanan.

Selamat mencoba cara mempercepat koneksi wifi indihome. Silahkan pilih sendiri salah cara yang menurut Anda paling efektif.

Apabila ada cara yang tidak berhasil, maka Anda jangan putus asa. Cobalah saja alternatif cara lainnya hingga koneksi internet wifi indihome Anda berubah menjadi semakin bagus. Dengan begitu, kerjaan Anda pun akan semakin cepat selesai dan hasilnya pasti memuaskan.

Apa Itu Host?

Rahma Wati
3 min read

Cara Instal Windows 7

Rahma Wati
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − eighteen =