3 min read

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

Kehilangan ponsel tentu saja akan membuat orang menjadi panik. Apalagi saat ini HP seperti kebutuhan primer yang harus ada pada setiap orang. Jika smartphone tersebut masih dalam keadaan mati, hal itu juga merupakan kondisi yang sangat buruk karena susah untuk melacak keberadaan ponsel itu.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir apabila Anda sedang mengalaminya dan pernah mengalaminya maka membutuhkan cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI dengan tepat dan cepat.

Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan IMEI

IMEI merupakan tanda pengenal yang unik dan berbeda pada masing-masing alat tersebut. Setiap ponsel yang ada  International Mobile Equipment Identity tersebut memang tidak akan dapat diubah maupun dihilangkan. Pada saat membeli suatu ponsel untuk memverifikasi nomor tersebut IMEI sangat diperlukan.

Tujuannya untuk memastikan bahwa hal itu bukanlah penipuan. IMEI juga dapat dipakai dalam melacak ponsel yang sedang hilang. Ikuti langkahnya untuk mencari tahu nomor IMEI terlebih dahulu berikut ini:

1. Mencari Tahu Nomor Email Melalui *#06#*

Cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI bisa dengan menggunakan fitur telepon. Anda hanya perlu membuka dan mengetik *#06#* tanpa perlu mengklik tombol panggilan tersebut. Sebab nantinya nomor email akan muncul sendiri.

2. Mencari Tahu Nomor IMEI dari Setting atau Pengaturan

Hal yang perlu dilakukan yaitu Anda bisa membuka pengaturan. Cari pada bagian ‘about font’ atau ‘tentang telepon’. Lalu temukan nomor IMEI pada ponsel diantara berbagai macam informasi yang lain.

3. Mencari Nomor IMEI Pada Kardus Ponsel

Apabila Anda tidak hafal nomor IMEI, hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan kardus HP tersebut dan melihat nomor IMEI. Setelah itu, gunakan nomor IMEI tersebut untuk melacak keberadaan dari ponsel.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan supaya cepat menemukan ponsel adalah menyerahkan nomor IMEI tersebut pada kepolisian supaya bisa ditemukan dengan cepat.

4. Melihat Nomor IMEI yang Ada Pada Belakang HP

Ada beberapa ponsel yang dapat memungkinkan untuk melepaskan baterainya secara lebih mudah. Oleh karena itu, Anda dapat melihat nomor ini tersebut pada bagian baterai. Bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP yang telah hilang.

Cara Lain Selain Menggunakan IMEI dalam Melacak HP yang Hilang 

Selain Cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI, Anda juga bisa menggunakan langkah-langkah yang lainnya. Supaya lebih mudah untuk mencari di mana keberadaan ponsel yang telah hilang tersebut. Meskipun keadaan HP dalam keadaan mati. Simak penjelasan serta langkah-langkahnya berikut:

1. Melacak Ponsel Hilang Melalui Whatsapp

Cara yang bisa dilakukan untuk melacak keberadaan ponsel hilang bisa menggunakan WhatsApp dengan cara berikut ini:

  • Pertama kali, hal yang perlu dilakukan yaitu membuka aplikasi pada WhatsApp. Kemudian cari pada kontak ataupun nomor yang ada di WA yang memang sedang dicari keberadaannya. Kemudian klik nomor tersebut dan masukkan pada balon percakapan ataupun ruang chat.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Klik pada icon lampiran, nantinya pasti akan muncul pilihan. Mulai dari kamera, galeri, audio, kontak, lokasi, maupun dokumen. Pilihlah icon pada lokasi, kemudian bagi lokasi terkini dari diri Anda.
  • Pada saat sudah menekan bagikan lokasi terkini, Anda bisa mendapatkan yaitu kotak informasi yang merupakan lanjutan pada kotak tersebut. Tentunya juga akan diberitahu sang penerima, bisa untuk menerima lokasi yang telah dibagikan, kemudian pilih lagi opsi lanjut.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Setelah muncul kotak yang tentunya berisi opsional jangka waktu yang telah berlaku dari pembagian lokasi. Maka pilih waktu dari lokasi yang memang paling lama yaitu sekitar 8 jam. Tekan menu pilihan dan selanjutnya.
  • Lalu anda kembali lagi pada ruang chatting maupun balon percakapan. Maka akan muncul suatu lokasi yang memang telah dibagikan pada nomor HP hilang tersebut.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Melacak ponsel yang hilang menggunakan WhatsApp yaitu dengan mengklik lokasi yang sudah dibagikan. Pada kotak opsi nantinya pilih kotak yang akan bertuliskan seperti ‘melihat lokasi terkini’, maka setelah itu lokasi yang memang dikirimkan akan muncul pada HP dari penerima lokasi. Secara otomatis pula ponsel akan memberitahu lokasi Anda. Lalu klik arah dan masuk melalui Google maps. Nantinya Google maps akan menginstruksikan untuk mendapatkan lokasi ponsel yang hilang.

2. Melacak Ponsel Hilang Melalui Google ADM

ADM ataupun Android device Manager yaitu sebuah aplikasi yang gratis serta bawaan yang telah disediakan oleh pihak Google.

Fungsi utama dari hal tersebut yaitu untuk mendeteksi keberadaan dari ponsel yang telah hilang. Apabila HP tersebut memang telah mengaktifkan GPS, maka akan mudah menemukannya dengan Google ADM. Berikut langkah-langkah yang bisa untuk diikuti:

  • Gunakan ponsel orang lain terlebih dahulu ataupun laptop untuk masuk pada ADM dengan menggunakan suatu akun Google supaya bisa login.
  • Pada saat sudah memasukkan kata sandi,  langkah selanjutnya yaitu mengklik accept.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Anda pastinya dapat melihat nama dari smartphone yang memang terkoneksi dengan menggunakan alamat email yang telah dipakai klik nama dari smartphone tersebut ataupun HP hilang
  • Selanjutnya akan muncul tempat ataupun keberadaan ponsel yang hilang.

Apabila ADM tidak bisa muncul, berarti memang ada kemungkinan ponsel mendapat suatu gangguan sehingga mati total. Hal itu bisa dengan membuat sistemnya menjadi rusak. Cara tersebut memanglah tidak ampuh dibandingkan dengan menggunakan Google map yang bisa saja dicoba.

3. Melacak Ponsel Hilang Menggunakan Email

Email merupakan sarana yang bisa digunakan dalam melacak ponsel yang hilang. Apalagi dalam keadaan yang sudah mati. Baik itu berupa Smartphone yang berjenis Android maupun OS. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa email yang dipakai sama dengan yang ada di HP yang telah hilang.

Maka dapat dilakukan pelacakan ponsel. Sebaiknya untuk melacak ponsel tersebut dengan menggunakan email lebih baik memakai laptop dengan cara berikut:

  • Jangan lupa memasukkan password email dan klik selanjutnya.
  • Saat berhasil masuk pilih pada icon yang ada titik sembilan di sisi kanan atas.

 

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Masuk dari akun Google lalu scroll ke bawah.
  • Pilih pada opsi temukan ponsel Anda.
  • Dan pilih save ponsel yang hilang yang diberikan dari Google.

Cara Melacak Hp yang Hilang Menggunakan IMEI

  • Kemudian pilih pada opsi temukan.
  • Nantinya pengguna tentunya akan dialihkan ke Google maps guna menunjukkan keberadaan ponsel.

Pada saat ingin melakukan pelacakan ponsel yang hilang dengan menggunakan email Maka Anda membutuhkan suatu perangkat dengan daya baterai yang telah penuh. Sebab cara untuk melacak ponsel yang hilang, tentunya bisa menghabiskan daya baterai yang banyak.

Cara melacak HP yang hilang menggunakan IMEI memang harus tahu nomor tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, Anda juga harus menyerahkannya kepada pihak kepolisian supaya bisa menemukan dengan cepat.

Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan email ataupun WhatsApp,  bisa juga dengan cara menggunakan ADM. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis ponsel serta pemahaman yang dimiliki oleh para pengguna dari HP yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one + 3 =