2 min read

Kesan pertama sangatlah penting dalam kegiatan wawancara kerja, karena kesan pertama akan menjadi salah satu faktor penentu apakah Anda akan diterima untuk mengisi pekerjaan tersebut atau tidak.

Maka dari itu, jika Anda ingin bekerja sebagai pegawai Indomaret, pastikan Anda mengenakan pakaian untuk melamar kerja di Indomaret yang tepat. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penilaian pihak HRD.

Memang, yang paling penting dalam pemilihan pakaian untuk digunakan pada saat wawancara kerja adalah kerapiannya. Jadi, ketika Anda harus melakukan wawancara kerja untuk melamar pekerjaan di Indomaret, juga harus mengenakan pakaian yang rapi dan sederhana.

Pada umumnya, seseorang akan mengenakan pakaian kemeja yang berwarna hitam maupun putih, yang dikombinasikan dengan celana atau rok berwarna hitam.

Kedua warna ini sering dipilih, karena warna hitam dan putih tergolong warna yang netral dan sederhana, sehingga pakaian yang Anda kenakan akan terlihat rapi dan cocok digunakan untuk melamar atau pun wawancara pekerjaan.

Jadi, apa pakaian untuk melamar kerja di Indomaret yang tepat?

Tips Memilih Pakaian untuk Melamar Kerja di Indomaret

Pemilihan pakaian untuk digunakan pada aktivitas wawancara kerja, memang harus Anda lakukan dengan tepat dan teliti. Sebab, pakaian yang Anda gunakan akan menunjukkan kesan dari diri Anda secara tersirat. Jadi, ketika Anda memilih pakaian yang rapi, maka kesan yang tersirat dari Anda adalah, Anda termasuk seseorang yang rapi dan sederhana.

Kesan rapi seperti ini, akan lebih menarik perhatian pihak HRD, atau pihak yang menjadi penentu apakah Anda akan diterima atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan pakaian yang akan Anda pilih, dengan latar belakang maupun kebijakan dari perusahaan tersebut.

Sebab, tidak semua kebijakan perusahaan akan sama, apalagi bisnis Indomaret sendiri juga bersifat waralaba, yang berarti pemiliknya tidaklah satu, tapi berbeda-beda di setiap wilayah.

Seperti yang sudah kami sebutkan di paragraf sebelumnya, warna hitam dan putih adalah warna-warna yang sering dipilih oleh beberapa orang ketika hendak menghadiri wawancara kerja. Begitu pun juga dengan pakaian yang cocok digunakan untuk melamar kerja di Indomaret ini.

Karena kesan rapi harus ditonjolkan dengan cara yang tepat, jadi kami menyarankan Anda mengenakan pakaian untuk melamar kerja di Indomaret seperti berikut ini:

  • Memakai kemeja berwarna putih yang sudah disetrika dengan rapi.
  • Memakai celana atau pun rok bahan yang berwarna hitam dan sudah disetrika dengan rapi juga.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan ikat pinggang yang sederhana, supaya kesan rapi akan semakin menonjol, dan pakaian tidak mudah berantakan.
  • Pastikan menggunakan sepatu yang rapi dan berwarna netral, contohnya hitam dan cokelat.

Tips supaya diterima kerja di Indomaret

Tips Memilih Pakaian untuk Melamar Kerja di Indomaret

Selain memperhatikan pakaian yang akan Anda gunakan untuk melamar kerja di Indomaret, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya, supaya Anda bisa diterima kerja di Indomaret dengan posisi kerja yang sesuai dengan keinginan Anda.

Siapa pun memang bisa melamar kerja di Indomaret, tapi tidak semua orang bisa berhasil bekerja di minimarket ternama satu ini. Sebelum Anda berhasil lolos seleksi dan menjadi pegawai Indomaret, Anda akan mengikuti beberapa tahapan terlebih dahulu.

Nah, untuk bisa diterima kerja di Indomaret, Anda wajib menjalankan tahapan-tahapan ini dengan benar. Jika Anda berhasil melakukan tahapan-tahapan ini dengan benar, maka kemungkinan Anda untuk bisa diterima kerja di Indomaret akan semakin meningkat.

Jadi, apa saja tips-tips yang bisa Anda lakukan, jika ingin diterima kerja di Indomaret? Berikut jawaban lengkapnya:

1. Mengenakan pakaian yang memberikan kesan rapi

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang memberikan kesan rapi. Sebab, pihak HRD akan sangat menilai kerapian dari diri Anda, dan pakaian adalah salah satu faktornya. Jadi, usahakan Anda mengenakan pakaian yang rapi, seperti kemeja putih yang dipadupadankan dengan celana atau rok bahan berwarna hitam.

2. Jawab pertanyaan tes dengan baik, sehingga memenuhi nilai minimal

Sebelum Anda menghadiri tes untuk melamar kerja di Indomaret, usahakan untuk mempelajari berbagai macam pengetahuan umum sejak jauh-jauh hari.

Sebab, dalam tes ini, nanti Anda akan diberikan tes yang berupa matematika dasar, wawancara kerja, psikotes, dan tes-tes pengetahuan umum lainnya. Jika Anda ingin berhasil lolos dalam seleksi ini, maka paling tidak usahakan untuk memenuhi nilai minimal yang telah ditentukan.

3. Ikuti training dan masa percobaan di toko dengan baik

Setelah berhasil lolos seleksi, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mengikuti training dan masa percobaan di toko. Pastikan Anda melakukan kedua aktivitas ini sesuai peraturan dan dengan baik.

Jika Anda berhasil melakukan kedua aktivitas ini dengan baik juga, maka kemungkinan Anda bisa bekerja di Indomaret akan semakin besar dan terlihat jelas.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa untuk bisa diterima kerja di Indomaret, Anda wajib memperhatikan pakaian untuk melamar kerja di Indomaret dengan tepat. Pastikan pakaian yang Anda kenakan memberikan kesan rapi dan sederhana. Sebab, kesan rapi dan sederhana lebih bisa meningkatkan peluang untuk Anda diterima kerja di Indomaret.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × five =