3 min read

Cara Mematikan Notifikasi Website Google Chrome pada PC/Laptop

Saat ini banyak sekali website yang memakai push notification yang terdapat pada browser Google Chrome. Fungsinya adalah untuk memberitahukan para pembaca mengenai adanya postingan paling baru di web tersebut.

Sebenarnya fitur ini memang berguna khususnya untuk website yang isinya adalah tentang hal-hal yang diminati. Sehingga Anda harus tahu bagaimana cara mematikan notifikasi website Google Chrome.

Namun jika jumlah notifikasinya terlalu banyak atau notifikasi yang diaktifkannya banyak dan dari beragam website yang ada, maka notifikasi yang masuk nantinya akan menumpuk dan masuk banyak sekali ketika PC atau laptop Anda baru dinyalakan. Dan hal ini berpotensi membuat laptop atau PC menjadi lemot.

Hal itu juga akan membuat Anda kebingungan harus membuka notifikasi yang mana dahulu. Ditambah lagi jika spesifikasi laptop/PC yang Anda gunakan pas-pasan. Atau terlalu banyak program startup di sana yang harus dimuat sehingga laptop/PC akan menjadi lebih lemot atau lelet lagi.

Itulah sebabnya Anda harus mematikan notifikasi yang berasal dari web yang kurang relevan. Supaya loading pada laptop bisa menjadi lebih cepat.

Cara Mematikan Notifikasi Website Google Chrome yang Harus Anda Ketahui 

Cara mematikan notifikasi website Google Chrome sebenarnya mudah, lakukan langkah dan tahapan berikut ini:

  • Masuk ke browser Google Chrome terlebih dulu, yang ada di laptop atau PC Anda.
  • Kemudian klik ikon titik tiga yang letaknya berada di pojok kanan atas dan pilih Settings.

Cara Mematikan Notifikasi Website Google Chrome pada PC/Laptop

  • Setelah itu klik menu Advanced. Jika sudah masuk pada menu settings, maka tariklah ke bawah sampai Anda menemukan opsi Lanjutan atau Advance.
  • Setelah itu pilih Site Settings.
  • Klik Notifications.
  • Lalu matikan atau hapus notifikasi yang berasal dari website yang ingin Anda hilangkan.

Anda akan melihat daftar website yang ada aksesnya untuk melakukan push notifications pada laptop/PC. Cara menghilangkannya adalah dengan menghapusnya dengan cara permanen. Namun jika di masa mendatang Anda ingin menghidupkan lagi notifikasinya maka cukup dengan melakukan block saja.

Apabila proses pemblokiran/penghapusan seperti pada cara di atas sudah dilakukan, maka notifikasi yang mengganggu dari website tidak akan muncul kembali. Apabila Anda memakai akun Google yang sama baik di PC/HP dengan sinkronisasi yang menyala, pengaturannya pun akan diterapkan pada kedua perangkat itu sendiri.

Push notification biasanya tertekan dengan tidak sengaja pada HP, sehingga secara tidak langsung Anda berlangganan dengan notifikasi yang terlalu banyak pada website yang kurang atau tidak relevan dengan minat Anda. 

Masalah yang Membuat Iklan atau Pop Up Muncul di Website

Tak hanya notifikasi yang muncul di PC/laptop Anda, tetapi iklan di Google Chrome juga biasanya akan sangat mengganggu jika muncul secara terus menerus. Adanya iklan ini akan mengganggu kenyamanan Anda, ketika sedang mencari/membaca suatu informasi.

Setiap kali Anda masuk pada situs yang ada di Google Chrome biasanya akan muncul notifikasi mengenai situs itu sendiri. Dan munculnya iklan yang tiba-tiba itu akan sangat mengganggu kenyamanan proses mencari atau membaca sesuatu. Apalagi jika iklan tersebut menutupi layar Anda, hal itu akan sangat menjengkelkan.

Untuk itu, Anda harus mengatasinya supaya lebih tenang mengakses website di Google Chrome dan iklan itu tak akan muncul begitu saja. Munculnya iklan atau pop up tersebut biasanya dipicu oleh masalah yang ada di Google Chrome.

Munculnya iklan/pop up tersebut disebabnya oleh adanya software yang tidak diinginkan serta adanya malware yang terinstall pada komputer. Masalah-masalah lainnya yaitu:

  • Muncul pop up dengan iklan serta tab baru yang tak bisa ditutup.
  • Halaman di beranda atau pada mesin telusur di Chrome juga selalu berubah tanpa adanya izin dari Anda selaku pengguna.
  • Ekstentensi Toolbar ataupun Chrome yang tidak diinginkan muncul terus menerus.
  • Browsing Anda dibajak kemudian diarahkan pada iklan/halaman yang tidak dikenal.
  • Tiba-tiba muncul peringatan mengenai perangkat/virus yang terinfeksi.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari software-software apa saja yang tidak diinginkan. Sebaiknya Anda hanya mendownload/membuka situs yang aman menurut Anda.

Cara Menghilangkan Iklan pada Chrome PC

Selain cara mematikan notifikasi website Google Chrome sebaiknya Anda juga mencoba cara-cara menghilangkan iklan pada Chrome tersebut. Caranya yaitu seperti di bawah ini:

1. Hapus Program yang Tidak Anda Inginkan

Sebelum Anda melakukan reset ulang pada setelan browser baik di Mac atau Windows, maka sebaiknya cek terlebih dulu apakah ada program yang tidak Anda mau pada PC. Langkah ini cukup efektif dalam menghilangkan iklan di Chrome.

Chrome juga akan membantu Anda untuk menemukan program-program yang tampak mencurigakan atau tidak Anda inginkan pada PC. Apabila Chrome menemukan program yang tidak diinginkan, maka Anda bisa mengklik Hapus. Chrome juga akan menghapus software itu dan mengubah setelannya menjadi default. Kemudian menonaktifkan ekstensi. Cara manualnya bisa ditempuh dengan cara berikut:

  • Membuka Chrome.
  • Klik Lainnya dan Setelan pada kanan atas.
  • Klik Lanjutkan pada bagian bawah.

Cara Mematikan Notifikasi Website Google Chrome pada PC/Laptop

  • Pada bagian Setel Ulang dan Bersihkan Anda bisa klik Bersihkan Komputer.
  • Setelah itu klik Cari. Tapi jika Anda diminta untuk menghapus software yang tak diinginkan maka Anda bisa mengklik Hapus. Anda bisa diminta untuk mereboot komputer.

2. Menyetel Ulang Setelan pada Browser

Jika Anda telah menghapus program yang tidak diinginkan, maka bisa dilanjutkan dengan menyetel ulang browser Chrome. Caranya yaitu:

  • Buka Chrome di komputer/PC.
  • Klik Lainnya kemudian Setelan yang ada di pojok kanan atas.
  • Klik Lanjutkan di bagian bawah.

Cara Mematikan Notifikasi Website Google Chrome pada PC/Laptop

  • Khusus untuk Mac, Chromebox, dan Linux akan ada Setel Ulang Setelan setelah itu klik Memulihkan setelan ke default aslinya dan klik juga Setel Ulang Setelan.
  • Untuk pilihan yang terdapat di Windows akan ada Setel Ulang dan Bersihkan, kemudian klik Setel Ulang Setelan.
  • Apabila Anda telah menghapus program yang tidak Anda mau lalu meresetnya, sepertinya akan ada beberapa ekstensi yang harus diaktifkan kembali. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik Fitur Lainnya di bagian kanan atas, setelah itu pilh Ekstensi. Aktifkan Ekstensi yang hanya Anda percaya.

Apabila masalah yang Anda hadapi adalah munculnya iklan atau pop up di Smartphone/ponsel Anda, Anda juga harus mencoba mengatasinya. Karena jika akun Anda terhubung satu dengan yang lainnya pada setiap aplikasi, maka internet akan mengakses serta mencari tahu seberapa sering Anda membuka aplikasi. 

Contohnya aplikasi belanja online, media sosial, dan sebagainya yang akan memunculkan browser menjadi iklan. Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang bermasalah, kemudian melindungi perangkat dari aplikasi yang bermasalah itu sendiri, dan langkah terakhir adalah dengan menghentikan notifikasi yang berasal dari situs-situs tertentu.

Cara tersebut akan sangat efektif dalam menghapus iklan atau pop up yang muncul di Chrome Smartphone atau HP Anda. Dan dengan cara mematikan notifikasi website Google Chrome tersebut maka Anda bisa menggunakan komputer Anda dengan tenang tanpa terganggu lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 1 =