√ 5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

1 min read

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Ada banyak cara membuat garis di Word, Anda bisa memilih salah satunya yang dirasa lebih mudah. Garis horizontal dan underline terkadang dibutuhkan saat membuat sub judul, frasa, atau sebagai tanda pemisah. Microsoft Word menyediakan banyak cara untuk dapat menghasilkan berbagai jenis garis dalam dokumen. 

Fungsi Garis Horizontal Pada Word

Garis horizontal menjadi garis yang cukup rumit diatur dalam dokumen Microsoft Word. Setiap cara akan menghasilkan garis horizontal yang berbeda-beda. Garis sederhana ini memiliki banyak fungsi seperti untuk desain halaman depan dokumen, header dokumen, atau pembatas sub judul.

Kebanyakan garis horizontal dalam Word digunakan untuk mendesain dokumen agar lebih rapi. Anda bisa membuat garis horizontal yang membentang dari kiri ke kanan, panjangnya juga bisa diatur sesuai keinginan. Adapun garis underline dalam Word, yang hanya digunakan untuk menggaris bawahi kata dalam dokumen. 

Cara membuat garis di Word yang paling umum digunakan yaitu dengan memilih opsi shapes. Hanya saja tidak sedikit yang kebingungan dalam mengatur kemiringannya. Jika tidak tahu tekniknya, maka garis yang dibuat bisa-bisa menjadi miring dan tidak indah dipandang. Maka dari itu, Anda harus memilih cara termudah untuk membuat garis lurus.

5 Cara Membuat Garis di Word

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk membuat garis di dokumen Ms. Word. Simak selengkapnya:

Menggunakan Simbol Tertentu + Enter

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Microsort Word memiliki fitur Auto Format yang dapat membuat garis horizontal secara otomatis. Anda bisa membuatnya dengan memasukan simbol tertentu seperti underline (___), equal sign (===), asterisk (***), dan sejenisnya. Anda tinggal mengetik tiga simbol yang sama, kemudian tekan Enter dan garis horizontal akan terbentuk.

Menggunakan Keyboard

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Membuat garis menggunakan keyboard caranya sangat mudah, Anda tinggal menekan Ctrl + U secara bersamaan. Blok terlebih dahulu kata yang ingin digaris bawahi, kemudian kata yang diblok akan otomatis tergaris bawahi. Cara ini hanya bisa digunakan untuk membuat garis bawah pada dokumen saja.

Menggunakan Tombol Underline

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Cara ketiga membuat garis bawah pada dokumen Word, yaitu dengan menekan opsi Underline di ribbon Microsoft. Jika pintasan Ctrl + U Anda hanya bisa membuat garis bawah tunggal, dengan opsi Underline di ribbon Microsoft ini Anda dapat memilih style garis.

Sorot teks yang ingin diberi garis, pastikan tab Home aktif, pada opsi Font pilih tombol Underline dan pilih gaya atau style garis yang diinginkan.

Menggunakan Tombol Bottom Border

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Cara selanjutnya yaitu menekan tombol Bottom Border, cara ini dapat membuat garis horizontal yang membentang dari kiri ke kanan. Anda tinggal memilih opsi Border pada menu ‘Paragraph’, kemudian klik Bottom Border. Opsi ini ditandai dengan simbol persegi dengan garis di dalamnya yang membelah jadi empat bagian.

Menggunakan Shape Line

5 Cara Mudah Membuat Garis di Word

Cara terakhir membuat garis di dokumen Word, yaitu dengan menggunakan opsi Shape Line. Anda tinggal memilih menu Insert pada tab atas, kemudian klik Shape dan berbagai bentuk akan muncul. Anda harus memilih bentuk garis lurus, klik garis dan atur pada dokumen sesuai keinginan. Lakukan dengan hati-hati agar garis tetap lurus dan tidak miring.

Beberapa cara membuat garis di Word tersebut menjadi yang paling mudah untuk diikuti. Microsoft Word sudah menyediakan beberapa opsi otomatis untuk membuat garis pada dokumen. Baik itu garis horizontal maupun underline, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − nine =