√ Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dengan Mudah

1 min read

Kemunculan teknologi komputer telah mengubah banyak kebiasaan manusia. Jika dahulu untuk membuat grafik anda harus menggambar dalam kertas, mengukurnya dengan penggaris dan mewarnainya dengan spidol, kini grafik bisa dibuat hanya dengan beberapa klik saja.

kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat grafik di excel 2010 dengan cara yang mudah. Check this out!

Cara Membuat Grafik di Excel 2010

Berikut langkah-langkah membuat grafik di Excel 2010:

  •   Siapkan atau buat data yang ingin anda jadikan grafik
  •   Blok seluruh data yang anda ingin buat grafiknya
  •   Aktifkan menu INSERT

Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dengan Mudah

  •   Kemudian klik bagian RECOMMENDED CHART
  •   Akan muncul pop up notification yang memuat banyak sekali tampilan grafik yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan
  •   Pilih grafik yang anda inginkan dan cocok untuk data yang sudah anda buat, kemudian pilih OK
  •   Grafik yang sudah anda pilih akan muncul pada halaman Microsoft Excel

Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dengan Mudah

  •   Anda bisa mengedit tampilan grafik tersebut mulai dari merubah warna, menambahkan efek atau mengubah font pada menu FORMAT
  •   Grafik dari data anda sudah siap ditampilkan.

Ketika memilih grafik yang akan anda gunakan untuk data anda, anda harus memperhatikan jenis grafik yang sesuai. Microsoft Excel memiliki beberapa jenis grafik yang bisa anda sesuaikan dengan jenis data anda.

Jenis-Jenis Grafik di Microsoft Excel

1. Grafik Kolom

Grafik kolom merupakan jenis grafik yang paling banyak digunakan di Microsoft Excel. Grafik ini akan memperlihatkan kategori pada sepanjang garis horizontal dan nilai pada garis vertikal.

Grafik kolom pada Microsoft Excel bisa ditampilkan dengan 2 Dimensi atau 3 Dimensi. Grafik kolom umumnya digunakan untuk data dengan kategori berikut:

  • Rentang nilai
  • Susunan skala khusus misalnya sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, sangat tidak setuju
  • Nama item, nama geografis, nama orang

2. Grafik Garis

Grafik garis juga termasuk grafik yang banyak digunakan. Grafik ini menampilkan distribusi nilai yang disebarkan merata pada garis vertikal.

Grafik ini biasa digunakan untuk data yang memiliki kesinambungan waktu atau data yang berada pada interval yang sama misalnya bulan, kuartal atau tahun. Grafik ini masih memiliki beberapa model didalamnya yang bisa anda pilih.

3. Grafik Pie dan Donat

Poin-poin data anda akan ditampilkan sebagai representasi dari seluruh gambar grafik pai. Grafik pagi ini terkadang memang tidak cocok bagi beberapa data. Berikut beberapa pertimbangan sebelum anda menggunakan grafik pai:

  • Hanya terdapat satu seri data
  • Data anda tidak memiliki nilai negatif
  • Data anda tidak memiliki nilai nol

4. Grafik Batang

Grafik batang mungkin sudah familiar bagi anda. Grafik ini cocok untuk data yang isinya membandingkan antar item individual. Kategori dalam grafik akan diletakkan pada garis vertikal dan nilai nya ada pada garis horizontal. Sama seperti jenis grafik lainnya, grafik batang juga dapat ditampilkan dalam bentuk 2 Dimensi dan 3 Dimensi.

5. Grafik Area

Grafik area biasanya digunakan untuk menyajikan data yang menunjukkan perubahan sepanjang waktu serta menarik perhatian pada nilai total tren yang ada. Bagan area yang ada juga akan menunjukkan hubungan antar bagian dan keseluruhan grafik.

6. Grafik XY (sebar) dan Gelembung

Grafik sebar memiliki dua sumbu yakni sumbu X dan sumbu Y yang berkombinasi dalam satu titik data tunggal. Sumbu ini akan memperlihatkan data tunggal tersebut pada interval yang tidak teratur.

Grafik yang satu ini biasa digunakan untuk data yang menunjukkan perbandingan nilai numerik misalnya data ilmiah, data statistik atau data-data teknik.

Nah itulah tadi artikel lengkap mengenai cara membuat grafik di Excel 2010 dan jenis-jenis grafik excel yang bisa anda pilih. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda untuk mempelajari Microsoft Excel dan fungsi-fungsinya ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − 12 =