√ Cara Membuat Grafik di Powerpoint

1 min read

Cara Membuat Grafik di Powerpoint dengan Mudah

Salah satu software dari Microsoft yang cukup banyak digunakan sampai saat ini adalah Microsoft Powerpoint. Software tersebut dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen presentasi sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa membuat grafik untuk presentasi. Tetapi, ketahui dahulu cara membuat grafik di Powerpoint.

Cara Membuat Grafik di Powerpoint

Pada dasarnya, untuk membuat grafik di Powerpoint sama caranya dengan membuat grafik pada Excel maupun Word. Hanya saja terdapat penempatan menu yang berbeda pada semua software tersebut. Terlebih ada banyak orang yang kurang mengetahuinya. Di bawah ini cara membuat grafik tersebut:

  • Buka Microsoft Powerpoint

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka Microsoft Powerpoint terlebih dahulu pada komputer ataupun laptop. 

  • Pilih menu Insert

Setelah Microsoft Powerpoint terbuka, maka pastikan untuk masuk pada menu Insert.

  • Pilih Illustrations dan Chart

Cara Membuat Grafik di Powerpoint dengan Mudah

Jika sudah masuk ke menu Insert, maka klik kolom Illustrations kemudian pilih Chart. Setelah itu, maka akan muncul tampilan jendela yang baru. Pada menu Chart tersebut tersedia beberapa jenis grafik yang dapat dipilih. Diantaranya seperti berikut:

    • Area

Merupakan salah satu jenis grafik yang mirip dengan sebuah area.

    • Column

Merupakan salah satu jenis grafik yang paling umum dan paling sering digunakan. Grafik ini sendiri memiliki bentuk seperti persegi panjang yang vertikal baik 3D maupun 2D.

    • Bar

Grafik yang satu ini kebalikan dengan Column, jika pada Column berbentuk secara vertikal, maka grafik Bar berbentuk horizontal

    • Line

Merupakan grafik yang memiliki bentuk garis-garis. Grafik tersebut dapat menunjukkan data-data tertentu yang terkadang bertitik.

    • Pie

Adalah grafik yang memiliki bentuk layaknya sebuah kue pie mirip dengan lingkaran.

  • Pilih Column

Kali ini Anda bisa memakai salah satu jenis grafik yang paling umum digunakan yakni Column. Pilih menu grafik tersebut kemudian pilih Ok. Setelah itu akan muncul jendela yang baru.

  • Masukkan data

Cara Membuat Grafik di Powerpoint dengan Mudah

Setelah itu, Anda bisa mulai memasukkan data yang ingin dibuat grafik. Anda bisa membuat grafik sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

  • Ubah judul

Saat judul pada grafik yang ada masih Chart Title, maka Anda bisa menggantinya dengan cara klik judul tersebut. Selanjutnya, ubah sesuai judul yang diinginkan.

  • Ubah model grafik

Apabila Anda ingin mengubah model grafik dari Column, maka bisa dilakukan dengan cara klik grafik tersebut kemudian pilih menu Design. Nantinya, Anda bisa memilih berbagai model grafik Column yang diinginkan sesuai keinginan.

  • Ubah warna grafik

Cara Membuat Grafik di Powerpoint dengan Mudah

Tidak hanya dapat mengubah model grafiknya saja, Anda juga bisa mengubah warna grafik tersebut dengan warna yang lainnya. Terlebih caranya juga terbilang cukup mudah. Anda bisa langsung klik warna grafik yang ingin diubah. Pilih menu Format kemudian pilih warna yang diinginkan.

  • Selesai

Akhirnya, dokumen presentasi pada Powerpoint tersebut dapat digunakan. Anda bahkan bisa membuat grafik untuk presentasi sesuai dengan kebutuhan. Terlebih jika sering membuat presentasi untuk tugas sekolah ataupun kebutuhan pekerjaan tentu sekarang sudah bisa melakukannya dengan mudah.

Itulah beberapa cara membuat grafik di Powerpoint yang bisa Anda ketahui. Sekarang Anda sudah bisa membuat grafik di software tersebut. Tidak perlu lagi bersusah payah pasalnya jika sudah sering membuat grafik tersebut tentu akan semakin terbiasa.

Terlebih cara tersebut dapat dilakukan secara gratis. Dengan menerapkan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa melakukannya di rumah dengan mudah dan praktis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × four =