√ Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

1 min read

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Apakah Anda memerlukan sumber untuk keperluan presentasi? Agar lebih mudah menampilkannya, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat hyperlink di Powerpoint. Adanya fitur hyperlink tersebut dapat mengarahkan presentasi ke konten yang diinginkan.

Mengenal Apa Itu Hyperlink dan Fungsinya

Perlu Anda ketahui bahwa hyperlink merupakan sebuah tulisan ataupun gambar yang ketika diklik akan mengarahkan ke sebuah situs ataupun file tertentu. Dengan adanya hyperlink tersebut maka Anda dapat mengarahkan slide presentasi menuju slide lain yang dibuat pada Powerpoint.

Tentu saja, hal tersebut sangat membantu presentasi Anda. Terutama saat ingin memberikan penjelasan secara detail kepada para audiens. Keberadaan hyperlink tersebut akan memudahkan Anda untuk mengakses slide Powerpoint secara acak. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa berpindah ke file lainnya.

Adanya tautan tersebut dapat menunjukkan sesuatu dengan lebih jelas. Anda bahkan bisa langsung memperlihatkan sebuah file atau situs tertentu. Terlebih, dengan menggunakan hyperlink juga dapat membuat presentasi yang dibuat menjadi lebih menarik.

Bagaimana Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint?

Untuk membuat hyperlink di Powerpoint, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui seperti apa cara tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu seperti apa caranya terlebih dahulu. Simak beberapa langkahnya pada penjelasan di bawah ini:

  • Siapkan file terlebih dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan file terlebih dahulu. Siapkan file yang ingin diberi hyperlink kemudian buka aplikasi Microsoft Powerpoint yang ada pada komputer ataupun laptop.

  • Pilih konten

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Selanjutnya, Anda bisa memilih bagian dari konten yang ingin diberikan hyperlink. Baik itu berupa shape, gambar, teks, dan yang lainnya. Pilih salah satu yang diinginkan.

  • Pilih Insert

Setelah memilih bagian yang diinginkan untuk diberikan hyperlink maka selanjutnya pilih tab Insert kemudian pilih menu Link.

  • Masukkan link

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Apabila Anda sudah memilih menu link, maka selanjutnya akan muncul tampilan jendela baru yang dapat digunakan untuk memasukkan hyperlink yang diinginkan. Jika sudah muncul jendela baru, maka Anda bisa mulai memasukkan link atau alamat pada kotak yang sudah tertera tulisan Addres.

  • Copy alamat situs

Anda bisa copy alamat situs yang dimaksud, kemudian paste pada bagian tersebut. Tidak hanya dapat digunakan untuk alamat situs saja, Anda juga bisa menambahkan link untuk file yang diinginkan. Pilih saja folder yang berisi file pada window.

  • Pilih Look in

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Jika sudah, maka Anda bisa memilih menu Look in untuk mencari folder yang berisi file yang diperlukan.

  • Tekan OK

Apabila sudah selesai memasukkan hyperlink pada Powerpoint yang diinginkan, pada langkah selanjutnya adalah hanya perlu menekan menu OK agar proses selesai dilakukan. Akan tetapi, apabila menautkan sebuah file dalam komputer ke hyperlink kemudian memindahkan file ke komputer, maka Anda perlu memindahkan file yang ditautkan.

  • Selesai

Setelah menekan OK, maka Anda sudah bisa membuat hyperlink yang diinginkan. Tentu saja cara ini dapat dilakukan dengan mudah.

Cara membuat hyperlink di Powerpoint di atas bisa Anda lakukan untuk membuat presentasi dengan menampilkan sumber yang diinginkan. Dengan begitu, sebuah file presentasi dapat dilakukan secara profesional dan juga lebih valid. 

Dengan adanya fitur tersebut maka akan lebih mudah untuk mengarahkan presentasi ke slide atau konten tertentu yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan cara tersebut agar link dapat ditampilkan dengan tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven − one =