√ Cara Membuat Pangkat di Powerpoint

1 min read

Cara Membuat Pangkat di Powerpoint yang Tepat

Apakah Anda kesulitan untuk membuat pangkat pada Powerpoint? Jika iya, maka tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada cara khusus yang perlu diperhatikan agar dapat membuat pangkat tersebut. Lantas, seperti apa saja cara membuat pangkat di Powerpoint tersebut? Ketahui penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Bilangan Pangkat 

Sebelum membuat pangkat, maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu pangkat. Pangkat merupakan salah satu bilangan yang ada di samping angka ataupun huruf. Bilangan ini sendiri berada di bawah atau di atas dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari lainnya.

Untuk cara membuat pangkat sendiri pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bahkan bisa membuatnya pada Microsoft Office atau Microsoft Powerpoint. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menerapkan bilangan pangkat tersebut.

Mulai dari Microsoft Office sert Microsoft Powerpoint versi tahun 2019, 2016, 2013, 2010, atau 2007 sekalipun. Hanya saja terdapat perbedaan cara untuk membuat pangkat pada kedua jenis software tersebut.

Bagaimana Cara Bagaimana Cara Membuat Pangkat di Powerpoint

Saat ingin membuat sebuah presentasi di Powerpoint, terkadang Anda harus menampilkan rumus, data, ataupun perhitungan matematika. Salah satu yang sering ditulis adalah bilangan pangkat. Di bawah ini cara membuatnya dengan mudah di Power Point yang bisa Anda lakukan:

  • Tulis angka yang ingin dijadikan pangkat

Cara Membuat Pangkat di Powerpoint yang Tepat

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan menuliskan angka yang ingin dijadikan pangkat. Contohnya saat ingin menulis 7maka langsung saja tulis keseluruhan angka yang diinginkan yakni 72.

  • Blok angka pangkat

Saat ingin membuat angka menjadi bilangan pangkat di atas, maka caranya yakni dengan terlebih dahulu melakukan blok angka pangkat yang diinginkan. Jika dari angka 72, angka 2 ingin dijadikan pangkat maka blok angka 2 tersebut.

  • Tekan Ctrl + Shift + =

Cara Membuat Pangkat di Powerpoint yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol berikut pada keyboard secara bersamaan. Yakni Ctrl + Shift + =. Dengan begitu angka yang sudah diblok sebelumnya tadi akan secara otomatis menjadi bilangan pangkat. Yakni bilangan yang ada di samping angka ukuran yang jauh lebih kecil dari angka utamanya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bilangan pangkat di atas. Akan tetapi, masih terdapat cara lain juga yang bisa dilakukan. Yakni dengan membuat pangkat di bagian bawah. 

Umumnya, cara ini dilakukan untuk menuliskan jumlah unsur atom molekul dalam senyawa kimia. Di bawah ini beberapa caranya tersebut yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah:

  • Tuliskan angka dan huruf yang diinginkan 

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menuliskan angka ataupun huruf yang diperlukan secara keseluruhan. Contohnya saja saat ingin menuliskan senyawa H2O, maka Anda bisa menulisnya secara lengkap yakni H2O.

  • Blok angka yang ingin dijadikan pangkat

Cara Membuat Pangkat di Powerpoint yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan blok yang ingin dijadikan sebagai bilangan pangkat di bawah. Jika pada senyawa H2O ingin membuat angka 2 menjadi pangkat maka blok angka tersebut. 

  • Tekan Ctrl + =

Kemudian langsung tekan Ctrl + = agar nantinya angkat 2 yang sudah diblok sebelumnya dapat tergantung di bawah yakni sebagai pangkat bawah dengan hasil seperti berikut H2O.

Itulah beberapa cara membuat pangkat di Powerpoint yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut tentu dapat dilakukan dengan sangat simple dan juga mudah. Anda bahkan bisa langsung mempraktekkan caranya di Powerpoint.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 3 =