√ Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

1 min read

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

Di media sosial Instagram, Anda pasti sering menjumpai banyak followers atau teman-teman Anda yang mengunggah foto ala kamera polaroid. Terkesan vintage, ternyata tidak sulit untuk mengedit foto ala polaroid, berikut cara membuat polaroid di Microsoft Word.

Tak perlu menggunakan software atau aplikasi rumit lainnya jika Anda ingin memiliki foto ala-ala jepretan kamera polaroid untuk keperluan feed di Instagram, atau untuk dicetak dan dipajang di dinding kamar agar memori indah Anda bisa terpampang dengan aestethic.

Dengan menggunakan Microsoft Word, Anda juga bisa menghasilkan foto ala kamera polaroid yang ciamik. Ini bahkan bisa menjadi ide bisnis karena Anda bisa membuka percetakan foto polaroid dengan bermodal mengeditnya dengan Microsoft Word dari laptop atau PC Anda.

Berikut tutorial atau cara membuat polaroid di Microsoft Word dengan mudah. Hasil editan foto ala polaroid yang dibuat di Microsoft Word akan terkesan classic dan cantik untuk dipajang.

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

  • Langkah pertama yang Anda lakukan yakni menyiapkan foto yang akan diedit ala polaroid, kemudian buka Microsoft Word kemudian buka halaman baru, klik menu Insert kemudian pilih Shapes > Rectangle, barulah kemudian buat bentuk segi empat seperti halnya foto polaroid pada umumnya.

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

  • Untuk membuat segi empat ala foto polaroid caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu klik kiri kemudian tahan dan geser sesuai keinginan. Jika segi empat sudah terbentuk, Anda klik menu Format (Drawing Tools) kemudian jangan lupa klik segi empat yang sudah kalian buat sebelumnya. Drawing Tools tidak akan muncul jika Anda tidak mengklik segi empat yang sudah dibentuk.
  • Untuk selanjutnya, Anda bisa membuka kolom colored untuk memilih desain dengan dasar atau background warna putih agar mudah mengguntingnya saat sudah dicetak nantinya. Selanjutnya tinggal masukkan foto yang Anda inginkan untuk diubah ala polaroid ke dalam word dengan cara klik Insert > Picture (cari foto yang sudah disimpan dalam file). Jangan lupa setelah foto masuk ke dalam word, pilij Wrap Text > In Front of Text.

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

  • Mulailah untuk mengecilkan gambar dengan menekan kemudian menggeser ujung-ujung foto yang sudah masuk ke dalam Microsoft Word agar berbentuk persegi. Perlu diingat, karena ukuran foto polaroid aspek rasionya 1:1 maka kalian harus memotong fotonya terlebih dahulu.

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

  • Untuk mengatur gambar atau foto yang sudah ada di Word dilakukan dengan memilih menu Format, klik Crop, Aspect Ratio > 1:1. Jika foto sudah diatur sedemikian rupa, maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya yakni mengklik ikon Crop yang ada di menu Format untuk memotong foto atau gambar tersebut. 

Mengubah Garis Ukuran Polaroid di Microsoft Word?

Ukuran foto polaroid sangat banyak dan beragam, Anda tidak perlu terikat dengan ukuran baku karena Anda bisa menentukannya sendiri sesuai keinginan. Sementara itu untuk mengubah garis ukuran di foto polaroid dapat dilakukan dengan mudah.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan yakni:

  • Sesudah Insert Shape atau menambahkan garis kotak, Anda harus kembali ke kotak yang sudah Anda buat sebelumnya kemudian klik Format yang muncul. Setelahnya Anda tinggal mengubah ukurannya di sudut paling kanan dan Anda pun bisa menambahkan foto di bagian garis tengah ukuran polaroid standar.

Cara Membuat Polaroid di Microsoft Word

Cetak Foto Polaroid

Untuk mencetak foto polaroid Anda memerlukan beberapa benda yang dibutuhkan seperti kertas foto glossy ukuran A4, gunting, dan yang terpenting ialah printer.

Jika semua sudah tersedia Anda tinggal menekan Ctrl+P di keyboard, kemudian pilih printer yang sesuai dan selanjutnya pilih ukuran kertas sesuai dengan kertas yang Anda sudah siapkan. Kemudian klik Print dan tunggu hingga foto selesai dicetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − eleven =