√ Cara Membuka Selection Locked Di Microsoft Word 2016 

1 min read

Cara Membuka Selection Locked Di Microsoft Word 2016 

Aplikasi terkunci atau yang biasa disebut selection locked ketika menggunakan Microsoft Word merupakan suatu hal yang wajar dan seringkali terjadi pada beberapa orang. Tentunya anda merasa panik ketika kesulitan mengembalikan pada posisi dokumen semula yang tidak terkunci.

Saat ini akan dijelaskan cara membuka selection locked di Microsoft Word 2016 dengan mudah dan cepat agar anda dapat mengatasi dokumen terkunci dengan sendirinya. Aplikasi terkunci sangatlah merepotkan, terlebih ketika anda sedang terburu – buru dalam menggunakan Microsoft Word tersebut. 

Terjadinya aplikasi yang terkunci biasanya dikarenakan pengguna yang kurang berhati – hati ketika menggunakan aplikasi sehingga menimbulkan permasalahan atau bahkan atas kesalahan dari aplikasi tersebut. Tanda – tanda yang biasanya terjadi ketika aplikasi terkunci yakni file atau dokumen yang akan dibuka tidak dapat di klik ataupun di edit.

Namun terdapat beberapa orang yang senang melakukan penguncian aplikasi guna melindungi file yang telah dibuatnya tidak mengalami kerusakan atau tetap utuh, akan tetapi tetap saja kejadian selection locked dapat terjadi sewaktu – waktu.

Kerusakan Akibat Microsoft Office Terbaru 

Cara Membuka Selection Locked Di Microsoft Word 2016 

Selain kedua faktor aplikasi terkunci yang telah disebutkan, selection locked dapat pula terjadi akibat Microsoft Word bermasalah atau pun akibat windows yang telah lama tidak digunakan sehingga tidak maksimal dalam melakukan penyimpanan data yang berakibat selection locked.

Cara membuka selection locked di Microsoft Word 2016 akibat windows itu sendiri adalah dengan mengganti windows dengan versi yang terbaru yang mampu mendukung program tetap berjalan dengan baik. 

Contohnya adalah dengan mengganti windows 8 dan windows 10. Namun sangat disarankan untuk menggantinya menjadi windows 10 dikarenakan terdapat banyak fitur – fitur mudah dalam windows 10 yang dapat digunakan atau anda dapat pula menggunakan Microsoft Office 2019 untuk windows 10 dikarenakan termasuk dalam versi terbaru yang lebih sulit untuk diakses.

Disamping itu, akan ada beberapa fitur yang hadir guna membantu anda dalam menjaga dokumen atau data – data yang penting sehingga dapat meminimalisir terjadinya selection locked. 

Cara Membuka Selection Locked Di Microsoft Word 2016 Dengan Cepat 

Inilah cara membuka selection locked di Microsoft Word 2016 yang akan sangat membantu anda : 

  • Buka dokumen yang terkunci 
  • Klik menu file, kemudian klik save as

Cara Membuka Selection Locked Di Microsoft Word 2016 

  • Pada kotak dialog save as type pilihlah richt text format
  • Klik save 

Apabila dokumen yang telah di save as tersimpan, anda dapat membukanya dengan cara klik kanan, kemudian klik open with, dan klik word pad. Setelah dokumen tersebut terbuka di word pad, pilihlah menu save atau dengan tombol pintasan pada keyboard dengan CTRL  + S.

Pastikan anda menutup dokumen yang telah anda simpan tersebut kemudian cobalah membukanya kembali dan dapat dipastikan file anda terbuka tanpa selection locked. 

Kasus selection locked tidak hanya terjadi sekali atau dua kali saja pada sebagian besar orang. Namun terdapat hal lain yang dapat membuat file tidak dapat dibuka kembali yakni terjadinya file yang rusak.

Beberapa carapun dapat dilakukan ketika file rusak, namun alangkah lebih baiknya jika file tersimpan tanpa adanya gangguan baik selection locked maupun file yang rusak.

Untuk itu anda harus lebih berhati – hati saat sedang menggunakan Microsoft Word ataupun rutin mengecek kerusakan pada windows sebelum terjadi kerusakan yang parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine − seven =