√ Cara Membulatkan Angka di Excel

1 min read

Cara Membulatkan Angka di Excel

Microsoft Excel memiliki beberapa fitur yang berguna untuk pekerjaan, salah satunya yakni fitur untuk membulatkan angka desimal. Fungsi Excel yang dapat digunakan untuk membulatkan angka yakni fungsi Round, Roundup, dan Rounddown. 

Untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara membulatkan angka di Excel, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Cara Membulatkan Angka di Excel dengan Fungsi Round

Cara membulatkan angka di Excel dengan menggunakan fungsi Round pertama-tama yakni dengan mengetikkan fungsi ROUND(Angka; JumlahDigit).

Cara Membulatkan Angka di Excel

  • Angka di sini merupakan desimal atau pecahan yang dibulatkan ke beberapa tempat tertentu.
  • JumlahDigit ialah digit pembulatan yang ingin diterapkan pada angka desimal.

Contoh Menggunakan Rumus Round Excel

Ketika Anda menggunakan rumus Round Excel, jika JumlahDigit lebih besar daripada 0, maka angka desimal dibulatkan ke sejumlah tempat desimal yang sudah ditetapkan. Sementara itu, apabila JumlahDigit ialah 0, maka angka desimal akan dibulatkan ke bilangan bulat yang tanpa nilai desimal atau pecahan terdekat.

Lalu jika JumlahDigit lebih kecil dari 0 yang merupakan negatif, maka angka desimal akan dibulatkan ke sebelah kiri koma desimal. 

Fungsi RoundUp dan Cara Menggunakan RoundUp Excel

Fungsi RounUp Excel yakni digunakan untuk membulatkan angka desimal ke atas pada sejumlah digit tertentu. Fungsi RoundUp akan selalu membuat angka di belakang koma dibulatkan ke atas.

Cara Membulatkan Angka di Excel

Rumus fungsi RoundUp pada Excel dituliskan dengan ROUNDUP(Angka; JumlahDigit). Sama dengan fungsi Round yang sudah dijelaskan sebelumnya, RoundUp memiliki dua argumen yakni:

  • Angka yang merupakan angka desimal yang akan dibulatkan ke atas. 
  • JumlahDigit yakni banyaknya digit pembulatan yang ingin diterapkan pada angka pembulatan desimal.

Contoh RoundUp Excel

Fungsi Round dan RoundUp Excel sama-sama membulatkan angka, namun RoundUp berapapun angkanya, maka akan selalu dibulatkkan ke atas. Ketika menggunakan fungsi atau rumus RoundU untuk membulatkan angka, jika argumen JumlahDigit nilainya 0 maka angka dibulatkan ke atas ke bilangan bulat tanpa koma atau desimal.

Sehingga nantinya hasil akan sama dengan fungsi Round Excel yang juga telah dijelaskan sebelumnya. Jika JumlahDigit lebih kecil dari 0 atau nilainya negatif, maka angka desimal itu akan dibulatkan ke atas ke sebelah kiri koma. 

Fungsi RoundDown Excel

Cara menggunakan rumus RoundDown pada Excel yakni ROUNDDOWN(Angka; JumlahDigit). Sama dengan Round dan RoundUp, fungsi RoundDown juga memiliki dua argumena yang harus diisi saat digunakan untuk membuat rumus di Excel.

Cara Membulatkan Angka di Excel

  • Angka yakni angka desimal yang bakal dibulatkan ke bawah.
  • JumlahDigit ialah pembulatan yang akan diterapkan pada angka pembulatan.

Contoh Rumus RoundDown pada Excel

Jika menggunakan rumus RunDown yang memiliki nilai JumlahDigit lebih dari 0, maka nilai desimal akan selalu dibulatkan ke bawah mendekati 0 dan sebanyak tempat desimal yang telah ditentukan sebelumnya.

Lalu selanjutnya jika JumlahDigit ialah 0, maka angka desimal akan dihilangkan. Fungsi RounDown dalam hal ini bakal membulatkan angka pecahan desimal ke bawah bilangan bulat terdekat.

Kemudian jika JumlahDigit bernilai negatif atau dapat dikatakan lebih kecil dari 0, maka angka yang dibulatkan ke bawah yakni ke sebelah kiri koma digital. 

Dengan mengetahui fungsi excel yang dapat digunakan, maka membulatkan angka di Excel akan menjadi lebih mudah dan tidak membingungkan lagi. Anda kini tinggal memilih fungsi atau rumus untuk membulatkan angka yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + four =