√ Cara Menambah Font di Powerpoint 

1 min read

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa font yang masih tergolong sebagai standar sistem sebuah komputer atau laptop adalah Arial, Calibri, hingga Times New Roman. Beberapa font tersebut memang hampir terpasang di semua sistem. Akan tetapi, bagaimana cara menambah font di Powerpoint?

Bagaimana Cara Menambah Font di Powerpoint?

Apabila Anda ingin menggunakan font di Powerpoint diluar standar sistem yang ada, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dengan cara tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam menambahkan font khusus ke presentasi Powerpoint yang diperlukan. Di  bawah ini beberapa caranya yang bisa dilakukan:

  • Embed font baru 

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

Anda bisa masuk ke file save as option. Kemudian saat ingin menyimpan file Powerpoint ada baiknya untuk menuju ke Tools kemudian pilih Save Options terlebih dahulu pada bagian bawah jendela Save. Selanjutnya pada jendela tersebut terdapat kotak penting yang perlu dicek manakah yang off secara sistem.

  • Cek opsi Embed

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

Langkah selanjutnya adalah pastikan Anda mengecek Embed font in the file. Kemudian masukkan file custom font saat ingin mengirim ataupun berbagi file tersebut kepada pengguna lainnya.

  • Embed untuk semua jenis font

Embed all characters bisa Anda jadikan pilihan jika tidak menggunakan huruf Q saat membuat presentasi. Huruf tersebut akan tetap terkirim ketika mengirimkan file kepada pengguna lainnya. Kemudian tekan OK dan simpan file sebelum membagikannya kepada pengguna lain.

Selain cara di atas, pada dasarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Cara tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs download font gratis agar nantinya dapat melengkapi koleksi tulisan di perangkat. Di bawah ini cara download font di komputer tersebut:

  • Unduh file font

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

 

Untuk mengunduh file font, terlebih dahulu Anda perlu mengunjungi salah satu situs untuk download font secara gratis. Apabila tidak ingin mendapatkannya dari internet, maka Anda masih bisa menyalin font yang diinginkan dari perangkat lainnya.

Contohnya adalah SSD, hard disk, flash disk, dan masih banyak lagi. Umumnya font yang baik adalah yang didapatkan dari download maupun copy perlu dikompresi dengan menggunakan format zip ataupun rar.

  • Extract file font

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

Langkah selanjutnya, pada file font yang sudah dipilih maka segera lakukan extract file font tersebut yang sebelumnya sudah dikompres dengan format zip ataupun rar memakai software bernama WinRar.

Agar mendapatkan hasil extract yang jauh lebih rapi, maka ada baiknya Anda membuat folder baru terlebih dahulu dengan nama file font. Selanjutnya, extract file font yang ada pada folder itu.

  • Install file font

Ini Dia Cara Menambah Font di Powerpoint 

Agar semua font yang sudah diextract bisa diunduh secara bersamaan dengan mudah dan praktis, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Caranya yakni dengan memilih beberapa file atau seluruh file font tersebut dengan format ttf atau otf. 

 

Selanjutnya klik kanan kemudian pilih menu Install for all users. Biarkan proses pemasangan selesai dilakukan. Kemudian buka software contohnya Powerpoint dan cari font yang sudah diinstall tersebut.

  • Gunakan font

Setelah font sudah berhasil diunduh pada perangkat Anda, maka tentu saja font tersebut sudah tersedia di perangkat secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa langsung menggunakannya.

Itulah beberapa cara menambah font di Powerpoint yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Cara tersebut bahkan tidak memerlukan biaya sekalipun. Nantinya, file font yang sudah ditambahkan otomatis dapat digunakan pada setiap software yang ada pada komputer, termasuk pada Powerpoint.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × five =