√ Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

2 min read

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

Excel merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk bekerja atau tugas sekolah. Lalu, apa kamu bingung bagaimana cara menambahkan simbol ceklis di Excel? Kamu bisa menemukan beragam jenis ceklis di aplikasi sejenis. Mulai dari huruf ceklis dan kode simbol di Excel, hingga simbol ceklis di word.

Buat kamu yang belum tahu, Excel dan Word itu bersaudara, loh. Mereka sama-sama anaknya Microsoft. Nah, apakah kamu masih belum paham cara menambahkan simbol ceklis di Excel maupun simbol ceklis di word? Artikel ini buat kamu. Di sini kita akan membahas cara-caranya.

Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

Tunggu dulu, sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara menambahkan simbol ceklis di Excel, perlu diketahui jenis Excel yang kamu gunakan. Apakah Excel 2010? Atau Excel 2019?

Memang ada bedanya? Bisa jadi. Hal ini dikarenakan dalam setiap keluaran pasti ada keunikan atau perubahan dari versi yang sebelumnya. Jadi, cari tahu dulu Excel kamu versi apa ya.

Mari kita lanjutkan membahas cara menambahkan simbol ceklis di Excel:

1. Dengan menggunakan perintah simbol

Cara ini boleh terbilang mudah. Kamu bisa membuat simbol centang (√) di Excel hanya dengan menggunakan dari fitur Insert Symbol. Berikut cara penggunaannya :

  • Buka  Microsoft Office Excel

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

  • Klik pada kolom atau baris yang ingin kamu berikan tanda ceklis.
  • Selanjutnya silahkan masuk ke menu Insert Symbol

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

  • Setelahnya akan muncul jendela Symbol. Kalau sudah, atur Font menjadi Wingdings, lalu cari simbol centang 
  • Setelah memilih, silakan klik tombol Insert
  • Selesai.

Penggunaan cara ini hampir sama dengan membuat simbol ceklis di word. Kamu hanya tinggal menggunakan fitur simbol ceklis di word dan simbol pada Excel. Kamu bisa membuat tanda centang di android dengan cara membuat tanda centang di spreadsheet atau dengan cara membuat tanda centang di wps office android.

2. Dengan menggunakan rumus

Berikutnya ini adalah cara menambahkan simbol ceklis di Excel yang lebih rumit. Di sini kamu perlu menghafalkan rumus-rumus tertentu.

Oleh karenanya berikut cara menambahkan simbol ceklis di Excel dengan menggunakan rumus:

  • Kamu perlu mengubah font terlebih dahulu. Silakan klik menu Home, klik font dan ubah menjadi Wingdings 2.

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

  • Setelah itu, ketik perintah untuk menghasilkan simbol centang dan silang.

Perintah yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah: SHIFT + P untuk simbol centang, SHIFT + R untuk simbol centang dengan box, SHIFT + O untuk simbol silang, SHIFT + Q untuk simbol silang dengan box.

Di beberapa versi, kode simbol yang digunakan misalnya: = CHAR (252), = CHAR (254), = CHAR (251), atau = CHAR (253). Fungsinya sama, untuk menambahkan simbol ceklis atau silang.

3. Cara membuat kotak centang

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan teknik ini adalah jenis Excel yang kamu gunakan. Pada Excel 2010 ke atas, kamu bisa klik File, kemudian Opsi, lalu Kustomisasi Pita, lalu centang kotak Pengembang, terakhir klik OK.

Sementara itu, pada Excel 2007, kamu bisa klik tombol Microsoft Office , lalu Opsi Excel, kemudian Populer, terakhir klik Tampilkan tab Pengembang di Pita.

  • Kalau kamu mau menambahkan ceklis kotak centang, pertama klik tab Pengembang, lalu klik Sisipkan, lalu di bawah Kontrol Formulir, klik .

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

  • Kalau sudah, untuk menambahkan tombol opsi pertama klik tab Pengembang, kemudian Sisipkan, dan di bawah Kontrol Formulir, klik  .
  • Berikutnya, klik sel yang kamu inginkan ntuk menambahkan kotak centang atau kontrol tombol opsi. Kamu hanya boleh menambahkan satu kotak centang atau tombol opsi pada satu waktu. 

Apakah kamu harus mengulangi cara ini terus? Tentu tidak. Kamu bisa klik kanan dan pilih Copy, kemudian Paste di tempat yang diinginkan. Apabila kamu sudah membuat kotak centang dan masih bingung cara menghitungnya, berikut cara menghitung simbol ceklis di Excel: 

  • Buka lembar kerja. Berikutnya klik kanan satu kotak centang, lalu pilih Kontrol Format
  • Selanjutnya, klik OK untuk menutup dialog dan akan muncul “BENAR” pada sel yang dipilih jika kotak centang dicentang dan kosong jika kotak centang tidak dicentang

Berikut Cara Menambahkan Simbol Ceklis di Excel

  • Kamu harus mengulangi langkah tersebut untuk mengatur sel tautan untuk setiap kotak centang kolom
  • Apabila sudah menyelesaikannya, kamu bisa menggunakan rumus untuk menghitungnya. Contoh rumusnya =COUNTIF(D2:D15,BENAR) atau =SUMPRODUCT(($C$3:$C$16=TRUE)*$B$3:$B$16)

Penutup

Nah, jadi itu tadi cara menambahkan simbol ceklis di Excel. Selain itu, di artikel ini juga sempat disinggung bagaimana cara menghitung simbol ceklis di Excel.

Setelah ini kamu bisa mulai mencoba juga untuk membuat tanda centang di android dengan cara membuat tanda centang di spreadsheet atau dengan cara membuat tanda centang di wps office android. Selamat mencoba dan berusaha!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 4 =