√ Rumus Mencari Rata-rata di Excel

1 min read

Rumus Mencari Rata-rata di Excel

Rumus mencari rata-rata di Excel sangat berguna untuk Anda yang perlu mencari besaran rata-rata dari kumpulan data dalam periode tertentu atau dalam kumpulan data. Ternyata rumus untuk mencari rata-rata di Excel tidak rumit dan bisa dilakukan dengan tutorial ini.

Rumus Mencari Rata-rata di Excel

Rumus mencari rata-rata di Excel ialah rumus yang digunakan jika ingin menghitung jumlah sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data yang ada. Lantas bagaimanakah rumus mencari rata-rata di Excel? 

Saat ingin menghitung nilai rata-rata, Anda akan mengenal kehadiran sintaksis atau yang dikenal sebagai cara penulisan fungsi Excel sebagai berikut.

  • Average ialah nama dari fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata di Excel. 
  • Angka 1 ialah angka pertama yang wajib diisi karena merupakan referensi sel atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
  • Lalu selanjutnya angka 2 yang merupakan opsional. Maksud dari opsional yakni angka tambahan lain atau rentang yang akan dinilai rata-ratanta dan jumlah maksimalnya yakni 255 sel.

Penggunaan Rumus Mencari Rata-rata di Excel

Contoh, Anda mendapatkan tugas untuk mencari jumlah rata-rata dari 20, 30, 20, 10, 30, 10. Anda bisa mencari nilai rata-rata tersebut di Excel dengan cara:

  • Masukan angka-angka tersebut pada kolom A dan mulai dari A1 hingga A7. 

Rumus Mencari Rata-rata di Excel

  • Letakkan kursor Anda di baris rata-rata lalu ketikkan rumus =average (A1:A7) lalu tekan tombol enter.
  • Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah mengetik rumus =average(, tandai seluruh data mulai dari kolom C baris 2 hingga 11 lalu berikan tanda tutup kurung dan tekan enter).

Rumus untuk Menghitung Rata-rata Excel Lain

Fungsi Average pada Excel tidak bisa digunakan untuk menentukan rata-rata nilai dengan syarat dan ketentuan tertentu. Jika Anda ingin menghitung rata-rata nilai dengan syarat dan ketentuan tertentu, maka Anda bisa menggunakan fungsi AVERAGEIF atau AVERAGEIFS.

Lantas bagaimana cara menghitung rata-rata nilai dengan kriteria tertentu? Anda bisa menggunakan fungsi Average yang ada di Microsoft Excel, namun dengan menggunakan fungsi Average, rata-rata nilai yang dihitung berasal dari seluruh nilai yang diberikan. 

Ada saat-saat di mana Anda harus menghitung rata-rata nilai dengan syarat dan kriteria khusus. Misal Anda ingin menghitung rata-rata nilai dari dari kelompok laki-laki atau perempuan saja. Atau dalam kondisi lain, Anda harus menghitung nilai rata-rata pada sebuah range data namun tanpa melibatkan sel bernilai nol atau sel kosong.

Di saat-saat seperti itulah, Anda menggunakan fungsi AVERAGEIF. Fungsi AVERAGEIF ialah salah satu fungsi dari Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dengan syarat dan ketentuan tertentu. Bagaimana cara menggunakan rumusnya?

Anda dapat membuat rumus yang tidak menyertakan nilai tertentu. Misalnya Anda bakal membuat rumus untuk menghitung kualitas rata-rata satuan untuk semua unit yang memiliki peringkat lebih besar dari 5.

  • Pertama-tama pilihlah sel A10 yang merupakan sel di sebelah kiri sel yang berisi teks “Kualitas rata-rata untuk semua unit yang memiliki peringkat di atas 5.”
  • Di tab rumus, Anda klik Sisipkan Fungsi untuk membuka panel Penyusun rumus.

Rumus Mencari Rata-rata di Excel

  • Dalam daftar Formula Builder Anda klik dua kali di AVERAGEIF.
  • Lalu klik kotak yang ada di samping rentang, pada lembar pilih sel A2 hingga A7 (nilai di kolom Harga Per Unit).
  • Selanjutnya klik kotak yang ada di samping kriteria lalu selanjutnya ketik ‘pilih >5’
  • Tekan Return.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 5 =